USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan South East Asia-Design Research International Conference ke-7

diupdate: 4 minggu yang lalu



Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sanata Dharma (USD) menjadi tuan rumah penyelenggaraan South East Asia-Design Research International Conference (SEA-DR IC) ke-7. Konferensi dengan tema ‘Improving Profesionalism and Reflective Thinking Through Design Research’ ini diselenggarakan Kamis-Sabtu, 25-27 Juli 2019, bertempat di Kampus 2 USD.

Konferensi tahunan ini merupakan forum diskusi bagi para akademisi, praktisi, peneliti, dan pembuat kebijakan yang bertujuan membahas mengenai isu-isu pendidikan di era globalisasi dan revolusi industri 4.0 khususnya dalam mengembangkan desain penelitian. Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat ditemukan solusi permasalahan yang dihadapi di dunia pendidikan saat ini. Acara ini juga dihadiri oleh Staf Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI).

Konferensi ini menghadirkan keynote speakers yang mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bidang pendidikan untuk diaplikasikan pada proses pendidikan saat ini. Keynote speakers tersebut merupakan perwakilan lima negara yang berbeda yaitu: Prof. Toh Tin Lam dari National Institute of Education Singapore, Dr. M.L.A.M (Marteen) Dolk dari Utrecht University Netherlands, Dr. Hongki Julie, M.Si dari Universitas Sanata Dharma, dan Prof. Dr. Masami Isoda dari University of Tsukuba Japan. Acara yang diselenggarakan selama tiga hari ini memiliki kegiatan berupa pemaparan keynotes oleh pembicara, workshop, dan poster presentation yang dilakukan dalam tiga hari.

“Ada beberapa hal yang membuat konferensi tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu ini pertama kali konferensi SEA-DR yang mendapat bantuan dana dari Kemenristekdikti RI. Selain itu, waktu pelaksanaan yang lebih lama dan kami juga memberikan penghargaan untuk makalah peneliti dan mahasiswa terbaik.” ujar Yosep Dwi Kristanto, M.Pd. selaku Ketua Panitia. “Dalam acara ini, kita juga memberikan funding atau beasiswa kepada peserta berupa pemotongan biaya registrasi.” lanjut Ketua Panitia SEA-DR IC 2019 yang juga sebagai dosen di Program Studi Pendidikan Matematika USD ini.

Acara konferensi ini dibuka pada hari Kamis (25/7) dengan opening ceremony menampilkan tarian daerah kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai simbol peresmian pembukaan acara oleh Rohandi, Ph.D. Wakil Rektor I Universitas Sanata Dharma didampingi oleh perwakilan keynote speaker Dr. M.L.A.M. (Maarten) Dolk dari Utrecht University Netherlands.

(DBS & YS)

  kembali