USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kegiatan Bootcamp Tugas Akhir, Upaya TI USD Agar Mahasiswa Selesai Tepat Waktu

diupdate: 5 tahun yang lalu



Program studi Teknik Informatika (TI) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan Bootcamp Tugas Akhir dalam rangka meningkatkan semangat serta membantu para mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun tugas akhir. Bootcamp Tugas Akhir tahun ini, TI USD memilih untuk mengadakan kegiatan di Wisma Sanata Dharma yang berlokasi di desa Pentingsari karena wisma tersebut merupakan salah satu fasilitas dari USD, selain itu TI USD juga telah menjalin kerjasama dengan desa wisata Pentingsari agar mempererat hubungan dari kedua belah pihak. Suasana di desa wisata Pentingsari juga mendukung untuk kegiatan Ilmiah seperti kegiatan menulis paper bagi para dosen dan juga membantu mahasiswa dan para dosen untuk dapat berkonsentrasi secara penuh dalam mengerjakan coding. Hal itu dikarenakan suasana yang hening atau tenang dari desa wisata Pentingsari, sehingga hal tersebut dapat menunjang kemampuan dari mahasiswa dan dosen. Acara Bootcamp dihadiri oleh 40 mahasiswa yang menempuh tugas akhir dengan support dari Bank Central Asia (BCA) sebagai narasumber untuk memberikan wawasan mengenai perkembangan teknologi di Industri 4.0.

Acara Bootcamp ini berlangsung selama 2 hari pada Jumat 10-11 Mei 2019. Pada hari pertama, para mahasiswa yang hadir mengikuti sesi untuk saling bertukar pikiran mengenai keluh-kesah tugas akhir mereka kepada teman-teman dan dosen muda yang memiliki skill coding  mumpuni serta dapat memecahkan masalah yang sedang mereka alami. Berkumpul dan hadirnya para dosen muda serta teman-teman tentunya sangat membantu, karena para mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Pada pertengahan sesi mahasiswa diajak untuk ibadat bersama dipimpin oleh Romo C. Kuntoro Adi, S.J., M.A., M.Sc., beliau memberikan semangat kepada para mahasiswa untuk tetap berjuang dalam menyelesaikan tugas akhir. Setelah ibadat selesai, sesi diskusi dimulai kembali,  sesi selanjutnya terasa sangat menyenangkan karena para dosen berdiskusi layaknya dengan teman sebaya, antusias dari mahasiswa sangat tinggi hal ini dapat dilihat saat mereka berdiskusi dan tak sadar akan waktu yang sudah menunjukan larut malam.

Pada hari kedua kegiatan dimulai dengan outbond yang di dampingi oleh Tim BK USD, acara outbond memiliki tujuan agar para mahasiswa tetap komitmen pada tujuan dalam menyelesaikan tugas akhir dengan semangat dan pantang menyerah. Ada kegiatan yang menarik ketika outbond berlangsung, yaitu melindungi lilin menyala yang diibaratkan sebagai semangat para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Setelah acara outbond selesai kegiatan dilanjutkan dengan sesi kuliah umum tentang teknologi di Industri 4.0 dan campus hiring dari BCA. TI USD juga sedang menggarap Memorandum of Understanding (MoU) dengan BCA, mereka mau terlibat  dalam penyusunan kurikulum di TI USD agar dapat menambah rasa kepercayaan diri para lulusan TI di masa depan.

Setelah semua rangkaian sesi selesai,  Dr. A. Rita Widiarti selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika USD menyampaikan bahwa beliau terkesan dengan peserta bootcamp, menurutnya peserta bootcamp memiliki tingkat solidaritas yang tinggi, hal itu dibuktikan dengan kegiatan tolong menolong antar mahasiswa saat acara berlangsung. Beliau juga berharap agar mahasiswa yang hadir dalam bootcamp ini dapat menyelesaikan Tugas Akhir tepat waktu yaitu pada bulan Juli.

(OZS & CWF)

  kembali