Sarjana Filsafat Keilahian (S1)

Semester V: Kurikulum 2000

AGUSTUS 2016  s/d  JANUARI 2017 

1. Dialog Agama-agama (2 sks)

Sasaran Perkuliahan :

  1. Studi tentang Dialog Agama-agama merupakan bagian dari upaya kita untuk menyikapi perutusan Gereja dalam mewartakan nilai-nilai Kristiani di tengah masyarakat Indonesia yang secara umum bersifat majemuk dan secara khusus bercorak Islam
  2. Studi tentang dialog agama, secara khusus dengan Islam, memberi ruang kepada kita untuk dapat membuat refleksi yang kritis dan sistematis atas sikap senasib dan sepenanggungan kita dengan mereka.
Bahan/Topik yang Dibahas: 
Silabus, Makna, Rasionale, Spiritualitas, Sikap Dialog
Gerakan Ekumene dan Dialog dalam Gereja bersama Umat Protestan, Yahudi, Hindu dan Budha
Dialog dalam perspektif Ilmu Sosial dan Filsafat
Dialog menurut Kearifan Lokal – Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, Papua 
Dialog menurut Kearifan Lokal – Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, Papua 
Sejarah perjumpaan Kristiani dan Islam Klasik, Abad Tengah, Abad Modern, Abad Kontemporer
Sejarah perjumpaan Kristiani dan Islam Klasik, Abad Tengah, Abad Modern, Abad Kontemporer
Sejarah perjumpaan Kristiani dan Islam Klasik, Abad Tengah, Abad Modern, Abad Kontemporer
Sejarah perjumpaan Kristiani dan Islam Klasik, Abad Tengah, Abad Modern, Abad Kontemporer
Perjumpaan Kristiani dan umat beriman lain (Islam, Hindu, Budha) dalam sejarah Indonesia
Rangkuman: Dokumen Gereja Universal dan Gereja Asia (FABC) tentang Dialog
Berbagi kesan dan refleksi atas live in
Berbagi kesan dan refleksi atas live in
Berbagi kesan dan refleksi atas live in
Kesimpulan
 2. Pengantar Kitab Hukum Gereja/Pengantar KHK (2 sks)       Sasaran Perkuliahan :
1. Mahasiswa memahami latarbelakang eksistensi hukum dalam Gereja Katolik, khususnya Kitab Hukum Kanonik 1983
2. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip dasar Hukum Gereja Katolik
3. Mahasiswa memahami hak dan kewajiban umat beriman kristiani
4. Mahasiswa memahami hirarki dalam Gereja Katolik

       Bahan/Topik yang Dibahas :
1. Perlunya aturan atau hukum dalam Gereja Katolik
2. Latarbelakang munculnya Kitab Hukum Kanonik 1983
3. Norma-norma umum KHK 1983, khususnya kanon 1-23
4. Kaum beriman kristiani pada umumnya, termasuk hak dan kewajibannya
5. Hirarki Gereja
6. Tarekat Hidup Bakti (sejauh waktu memungkinkan)

3. Moral Dasar (2 sks)       Sasaran Perkuliahan :
  1. Agar mahasiswa mengerti tentang pokok iman dan hubungannya dengan moralitas kristiani
  2. Agar mahasiswa mengerti dan memahami dasar-dasar moral kristiani dan mempunyai kemampuan dasariah untuk memecahkan kasus-kasus moral berdasarkan terang iman kristiani
  3. Agar mahasiswa mempunyai kemampuan untuk mengerti tentang dasar-dasar moralitas kristiani dan dapat mewartakannya kepada umat yang akan dilayaninya
  4. Agar mahasiswa dapat menolong umat yang akan dilayaninya untuk mempunyai tanggung jawab yang dewasa di dalam mempertanggungjawabkan imannya di dalam praksis hidup sehari-hari.
       Bahan/Topik yang Dibahas:
1. Apa itu teologi moral, keilmiahan, dan kandungan teologisnya, dsb.
2. Sejarah TM dan praksis moral jemaat dari waktu ke waktu
3. Yesus Kristus dan KS sebagai dasar moralitas kristiani
4. Manusia sebagai agen moral: tanggung jawab hidup beriman
5. Norma moral dan norma sopan santun
6. Norma moral kristiani: Sepuluh Perintah Allah, Perintah cinta kasih, dsb.
7. Suara hati: kekuatan dasariah moral kristiani
8. Keutamaan teologis dan keutamaan cardinal
9. Dosa: perlawanan terhadap kehendak Tuhan
10. Pertobatan: anugerah penyelamatan dari Allah

4. Kitab-Kitab Kebijaksanaan (3 sks)       Sasaran Perkuliahan :
  1. Agar para mahasiswa mempunyai pengertian mendasar mengenai bagian Kitab Suci yang lazim disebut Sastra Kebijaksanaan: Pengantar Umum, Pengaruh besar dari kelompok cendekiawan dalam bangsa Israel sejak awal masa kerajaan sampai periode Perjanjian Baru.
  2. Agar para mahasiswa memahami masalah-masalah teologis penting yang muncul dalam masing-masing kitab yang termasuk Sastra Kebijaksanaan. Pemahaman itu ditawarkan kepada mereka melalui kuliah pengantar dan tafsiran dari perikop-perikop terpilih.
  3. Agar para mahasiswa, khususnya dalam pembahasan Kitab Ayub, ditantang untuk melengkapi dan mengoreksi gagasan mereka tentang Allah dan memahami sejumlah segi dari masalah sekitar penderitaan di dunia ini.

Bahan/Topik yang Dibahas:

1. Pengantar Umum
2. Kitab Amsal: pengantar dan tafsiran perikop-perikop terpilih
3. Kitab Ayub: pengantar dan tafsiran perikop-perikop terpilih: excursus tentang     Pembalasan di Bumi dan tentang penderitaan manusia
4. Kidung Agung: pengantar, sejarah tafsiran, dan tafsiran ayat-ayat terpilih
5. Helenisme
6. Kitab Pengkotbah: pengantar dan tafsiran perikop-perikop terpilih
7. Kitab Putra Sirakh: pengantar dan tafsiran perikop-perikop terpilih
8. Kitab Kebijaksanaan Salomo: pengantar dan tafsiran perikop-perikop terpilih.

5. Kitab Nabi-nabi (3 sks)         Sasaran Perkuliahan :
  1. Agar para mahasiswa mempunyai pengertian mendasar tentang bagian Alkitab yang biasa disebut “Kitab-kitab Nabi-nabi”: paham nabi, nabi palsu, nubuat dan dinamikanya, dan nabi-nabi dalam konteks zamannya.
  2. Agar mahasiswa mempunyai kemampuan awali untuk membaca (menafsirkan) teks-teks Alkitab secara bertanggungjawab.
  3. Agar mahasiswa mempunyai pengertian tentang beberapa gagasan teologis yang muncul dalam kitab-kitab kenabian, khususnya konsep-konsep yang relevan untuk studi Perjanjian Baru serta untuk kehidupan zaman sekarang

Bahan/Topik yang Dibahas:

1. Pengantar Umum untuk Kitab-kitab Nabi-nabi
     a. Catatan Pengantar
     b. Apa itu Kitab Nabi-nabi?
     c. Istilah “nabi” dan lain-lain
     d. Nabi palsu dan nabi sejati
     e. Tinjauan masing-masing nabi dalam konteks zamannya

2.Tinjauan beberapa kitab
     a. Kitab Nabi Amos
     b. Kitab Nabi Hosea
     c. Kitab Nabi Yesaya 6. Injil Yohanes (2 sks)

Sasaran Perkuliahan :

  1. Agar mahasiswa memahami informasi-informasi dasar tentang Injil Yohanes
  2. Agar mahasiswa mengenali dengan benar bagian-bagian Injil Yohanes
  3. Agar mahasiswa dapat menafsirkan beberapa teks Injil Yohanes dengan bertanggungjawab
  4. Agar mahasiswa memahami dengan baik kekhasan Injil Yohanes dalam menampilkan identitas Yesus dan fungsi perutusan yang diemban-Nya
       Bahan/Topik yang Dibahas:

Pengantar Umum :  
1. Studi tentang Injil Yohanes
2. Kesatuan dan Komposisi Injil Yohanes
3. Tujuan Penulisan Injil
4. Kerangka Umum Injil Yohanes
5. Siapakah Pengarang Injil Yohanes?       Analisis Teks
      Prolog (Yoh 1,1-18)
Pengantar (Yoh 1,19-51)
Dari Kana Ke Kana (Yoh 2-4)
Yesus Dan Pesta-Pesta Yahudi (Yoh 5-10)
Siapakah Yesus (Yoh 7-10)
Prelude Kisah Sengsara Yesus (Yoh 11-12)
      Perjamuan Malam Terakhir (Yoh 13,1-17,26)
      Sengsara Yesus (Yoh 18-19)
      Kebangkitan Yesus (Yoh 18-19)
      Epilog (Yoh 20,30-31) 7. Teologi Agama-Agama (2 sks)       Sasaran Perkuliahan :

  1. Mahasiswa ikut mengalami persoalan teologis dalam konteks pluralitas iman
  2. Mahasiswa mengenal, memahami sekaligus mengkritisi pendekatan teologi agama-agama yang berkembang dewasa ini
  3. Mahasiswa tertantang untuk mengembangkan suatu teologi yang setia sekaligus kreatif dalam konteks pluralitas iman
      Bahan/Topik yang Dibahas:
  • Persoalan Teologis dalam Konteks Pluralitas Iman
  • Konsili Vatikan II dan Magisterium Pasca Konsili Tentang Agama-Agama
  • Teologi Agama-Agama (umum)
  • Eksklusivisme: Karl Barth dan Hendrik Kraemer
  • Eksklusivisme: Catatan Kritis
  • Pluralisme: John Hick dan Paul Knitter
  • Pluralisme: Catatan Kritis
  • Inklusivisme: Karl Rahner dan Jacques Dupuis
  • Inklusivisme: Catatan Kritis
  • Teologi Agama-Agama di Asia
  • Teologi Agama-Agama Dalam Agama-Agama Lain
  • Perkembangan Terbaru Teologi Agama-Agama
  • Menuju Teologi (Kristiani) Agama-Agama

8. Filsafat Sosial (2 sks)      
Memberikan pengertian mengenai struktur-struktur dasariah dari bentuk-bentuk kehidupan sosial: keluarga, negara, agama dan budaya. Menganalisis persoalan-persoalan dasar yang terdapat dalam hubungan antara bentuk-bentuk sosial tersebut dan mengupas prospek pengembangan yang dimungkinkan.

<<<Back

  Kembali