Universitas Sanata Dharma

Fakultas Teologi

 
Loading

PENELITIAN

Agenda Penelitian
Sebagai sebuah badan, FABC (The Federation of Asian Bishops' Conferences) dianggap paling berpengaruh di dalam Gereja Asia sejak Konsili Vatikan II. FABC menegaskan bahwa jalan penting yang wajib ditempuh oleh Gereja Asia agar mampu menemukan identitasnya adalah dengan melibatkan diri dalam dialog: (1) di bidang sosial dengan orang-orang miskin, (2) di bidang kultural dengan budaya-budaya Asia, dan (3) di bidang religius dengan agama-agama Asia.

Sebagai sebuah Universitas, Sanata Dharma memusatkan perhatian pada kajian akan pokok-pokok persoalan tertentu, yaitu (1) kemiskinan (2) radikalisme agama, (3) lingkungan hidup.


Pokok-pokok yang menjadi tatapan FABC dan kajian Universitas Sanata Dharma kiranya dapat digabungkan; dan itu dapat dirumuskan dalam 4 point, yaitu: (1) ‘kemiskinan’, (2) ‘pluralisme agama dan radikalisme’,  (3) ‘pluralism budaya’, dan (4) ‘lingkungan hidup’. Keempat point tersebut akan dijadikan arah Pusat Penelitian dan Pengembangan Teologi Kontekstual. Secara lengkap, itu dapat dirumuskan demikian:


Tahun 2015-2016:                
Teologi dalam Dialog dengan Budaya-budaya

Tahun 2016-2017:                 
Teologi dalam Dialog dengan Agama-agama di hadapan Tantangan akan Radikalisme Agama         

Tahun 2017-2018:                
Teologi dan Tantangan akan Kerusakan Lingkungan Hidup

Tahun 2018-2019:                
Teologi dan Tantangan akan Kemiskinan

Publikasi laporan penelitian, klik di sini.
 
© 2019 - Fakultas Teologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami