Sekolah Lintas Iman

Sekolah Lintas Iman (SLI) merupakan program kejasama Fakultas Teologi USD dengan Institut DIAN/Interfidei, Fakultas Theologia UKDW serta Fakultas Ushuludin dan Dahwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program kerjasama yang juga disebut "Dialog dalam Aksi" ini telah berlangsung 10 tahun (2010-2019).

Kurikulum kuliah “Dialog dalam Aksi” terdiri dari 10 persen orientasi lapangan, 60 persen kunjungan lapangan dan live in, serta 30 persen refleksi kritis. Kunjungan lapangan dipilih atas dasar interrelasi antara isu terkait dengan fokus studi dan konteks lapangan yang mendukung.

Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan androgogis, yakni pembelajaran orang dewasa yang mengedepankan partisipasi aktif mahasiswa. Fasilitator berfungsi sebagai pendamping.  Sedangkan metode yang akan digunakan adalah metode diskusi (panel, kelompok, individu), berbagi pengetahuan dan pengalaman, pemaparan referensi, baik referensi pengalaman, buku ataupun bacaan, kunjungan lapangan, perjumpaan dan dialog serta live in. Di akhir kelas, para peserta mendapat tugas membuat refleksi tentang apa yang sudah didapat pada hari tersebut, dan refleksi tersebut akan dipaparkan ulang minggu berikutnya, baik dalam bentuk narasi tertulis, lagu, puisi, karya seni rupa, dan lain-lain.

Proses pembelajaran akan dilakukan secara nomaden di tempat-tempat seperti rumah ibadah, institusi sosial, Organisasi Masyarakat Sipil, kampus, Pemda, serta lembaga belajar bersama lainnya.

Program Sekolah Lintas Iman (SLI) ini diselenggarakan sepanjang semester genap setiap tahun akademik (Februari - Mei). Setiap hari Sabtu, pukul 09.00 – 12.00.

Peserta berjumlah 30 orang yang terdiri dari 8 orang dari  Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana, 8 orang dari  Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, 8 orang dari UIN Sunan Kalijaga, dan sisanya dari Institut Dialog Antar-iman di Indonesia/Interfidei (Hindu, Buddha, Konghucu, Sapta Dharma, dll).

Biaya kuliah Sekolah Lintas Iman (SLI) ke-8 sebesar Rp. 200.000 per orang untuk 14 kali pertemuan. (sudah termasuk snack, transport bila akan bepergian ke luar kota, materi dan live-in).

Tim Fasilitator:

Institut DIAN/Interfidei (Elga J. Sarapung dan Otto A. Julianto)
Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (Wahyu Nugroho & Joko Prasetya)
Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma (Y.B. Prasetyantha, MSF)
Fakultas Ushuludin UIN Sunan Kalijaga (Inayah Rohmaniyah)

Sekretariat

Institut DIAN/Interfidei
Jl. Banteng Utama No. 59 Yogyakarta
Telp. 0274-880149
Email: dianinterfidei@yahoo.com
Website: www.interfidei.or.id

SLIIII

SLIX


SLIX2

SLIVI