Sarjana Filsafat Keilahian (S1)

Semester III: Kurikulum 2000

AGUSTUS 2016  s/d  JANUARI 2017 

1.   MKK 201:     Metode Teologi (2 sks)      Sasaran Perkuliahan:

  1. Competence/kompetensi: Mahasiswa semakin mengenal, memahami dan menemukan panutan metodologis dalam berteologi.
  2. Conscience/suara hati: Mahasiswa menemukan inspirasi, tertantang dan mampu mengisahkan keyakinan iman yang dialaminya dengan setia-kreatif, sistematis-kritis, pasti-sungguh.
  3. Compassion/hasrat bela rasa: Mahasiswa ikut terlibat dalam hidup bersama membangun Gereja yang hidup dan dalam dialog dengan kaum miskin, budaya-budaya dan agama-agama di Indonesia.
     Bahan/Topik yang Dibahas:

1. Apa itu Teologi?
    a. Obyek Teologi: Allah?
    b. Teologi: Fides Quaerens Intellectum
    c. 
Kutub-kutub Kreatif dalam Teologi
    d. 
Tujuan dan Perhatian Kritis Teologi

2. Teologi sebagai Ilmu
    a. Iman dalam Diskursus
    b. Teologi dan Filsafat
    c. Teologi dan Ilmu-ilmu lain

3. Sumber-sumber Teologi
    a. Dasar-dasar Teologi
    b. Acuan-acuan Teologi
    c. Sumber-sumber Teologi

4. Metode Teologi
    a. Fungsi Positif Teologi
    b. Fungsi Spekulatif Teologi
    c. Kesatuan Organik Kedua Fungsi Teologi

5. Teologi dan Kehidupan Kristiani
    a. Pluralitas Teologi
    b. Teologi dan Pewartaan
    c. Teologi dan Hidup Batin
    d. Teologi dan Transformasi Sosial

6. Model dan Panutan Ber-teologi
    a. Metode Transendental:Karl Rahner dan Bernard Lonergan
    b. Metode Eksistensial:John Macquarrie dan Paul Tillich
    c. Metode Empiris:David Tracy dan Bernard E. Meland
    d. Metode Sosial-fenomenologis:Edward Schillebeeckx dan Jon Sobrino

7. Rangkuman:Kita Ber-Teologi Lokal  2.   Sejarah Agama Kristiani II (2 sks)        

Sasaran Perkuliahan:
Perubahan mentalitas dan cara berpikir masyarakat merupakan faktor yang patut mendapat perhatian untuk dapat memahami munculnya ketidakpercayaan kepada Gereja; entah Gereja sebagai institusi maupun Gereja dimengerti sebagai Tubuh Kristus. Oleh karena itu sebagaimana di dalam perkuliahan SGU I tidak semua topik akan dapat dibahas, dan tidak setiap pembahasan akan sama juga lingkup kedalamannya. SGU II akan lebih merupakan capita selecta dan akan membantu mahasiswa untuk dapat memahami secara global perubahan cara berpikir yang mengubah pandangan masyarakat terhadap Gereja dan pimpinan-nya.       Bahan/Topik yang Dibahas :

     1.  Pengantar Umum
          a.  Tempat SGU II dalam Sejarah Gereja
          b.  Pembahasan Silabus
     2.  Reformasi Protestan
          a.  Mentalitas yang berubah: historiographi
          b.  John Wycliffe dan John Hus
          c.  Martin Luther, Calvin, Zwingli, dll.
          d.  Reformasi Katolik: Erasmus, Ignatius Loyola, Carolus Borromeus, dll.
          e.  Konsili Trente
     3.  Gereja Katolik Post Trente
          a.  Absolutisme: ciri dan perkembangannya
          b.  Toleransi: gagasan dan reaksi-reaksinya
          c.  Janssenisme: gagasan pokok dan tokoh
          d.  Gallikanisme: apa yang diperjuangkan
          e.  Revolusi Perancis: akhir dari l’ancien regime
     4.  Konsili Vatikan I
          a.  Katolik Liberal: tokoh dan gagasan pokoknya
          b.  Paus Pius IX dan Ultramontanisme
          c.  Pastor Aeternus: Dokumen Konsili Vatikan I dan Infallibilitas  3.   Injil-injil Sinoptik (3 sks)       Sasaran Perkuliahan :

1. Mahasiswa mengenal persoalan Sinoptik (Markus, Matius, Lukas)
2. Mahasiswa memahami proses redaksional dan struktur Injil-injil Sinoptik
3. Mahasiswa tahu teologi masing-masing penginjil Sinoptik
4. Mahasiswa dapat mengolah teks dengan pendekatan tafsir yang memadai

       Bahan/Topik yang Dibahas : 
1. Pengantar Umum tentang latar belakang sejarah dan lingkungan kehidupan di zaman Yesus
2. Penjelasan tentang persoalan Sinoptik dan teori-teori pemecahannya
3. Pembahasan masing-masing Injil secara umum
4. Pendalaman Teologi dan Kristologi para penginjil
5. Penafsiran sejumlah teks terpilih

  4.   Pentateukh (3 sks)       Sasaran Perkuliahan:
  1. Agar para mahasiswa mempunyai pengertian mendasar tentang bagian Alkitab yang biasa disebut “Pentateukh”: Catatan Pendahuluan, tradisi J E D P, Pendekatan Literer, Skema dasar Pentateukh
  2. Agar mahasiswa mempunyai kemampuan awali untuk membaca (menafsirkan) teks-teks Alkitab secara bertanggungjawab
  3. Agar mahasiswa mempunyai pengertian tentang beberapa konsep teologis yang muncul dalam Pentateukh, khususnya konsep-konsep yang relevan untuk studi teologi, seperti misalnya: iman dan ilmu (Kej 1-2), kisah kejatuhan manusia (Kej 3), air bah, ibadat dan imamat, konsep perjanjian, dsb.
       Bahan/Topik yang Dibahas:
1. Pengantar Umum yang meliputi:
    a. Orang Kristen dan Pentateukh
    b. Apa itu Pentateukh?
    c. Sejarah Penafsiran Pentateukh; Wellhausen, Noth, von Rad, Teori Sumber
    d. Skema Global Pentateukh

2. Tinjauan Masing-masing kitab:
    a.  Kitab Kejadian
    b.  Kitab Keluaran
    c.  Kitab Imamat
    d.  Kitab Bilangan
    e.  Kitab Ulangan
 5.   Alam Pikiran Modern (2 sks)      Sasaran Perkulihan :
  1. Mahasiswa memahami  konteks perkembangan dan model pemikiran zaman modern
  2. Mahasiswa mengenal berbagai bentuk kesadaran modernitas (yang ditandai oleh subjektivitas, kritik dan kemajuan) dan mencermati jejak modernitas di era postmodern  ini.
  3. Mahasiswa mampu menemukan nilai-nilai aktual yang diperjuangkan oleh pemikiran modern 
       Bahan/Topik yang Dibahas : 
1. Pengantar Umum
2. Corak dan Konteks Alam Pikir Modern
3. Kesadaran Rasional  Rene Descartes
4. Monisme dan Pantheisme Spinoza
5. Monad dan antropologi pesimistik Leibniz
6. Empirisme John Locke dan David Hume
7. Agama bagi Negara Menurut Machiavelli dan Hobes
8. Moralitas dalam Pemikiran Kant
9. Idealisme Hegel dan Konteksnya
10.Sosialisme (Marx) dan Antroposentrisme (Feuerbach)
11.Eksistensialisme (Nietsche  & Kierkergaard)
12.Simpul-simpul Akhir
 6.   Etika (3 sks)       Sasaran Perkuliahan:
  1. Agar mahasiswa mempunyai pengertian mengenai persoalan-persoalan moral dasar seperti hati nurani, kesadaran moral, kebebasan, tanggung jawab, norma moral, dsb.
  2. Agar mahasiswa mempunyai pengetahuan mengenai beberapa aliran etika normatif
  3. Agar mahasiswa mempunyai pemahaman etis yang kritis dan dapat menangkap kepentingan norma dasar moral dalam kehidupan.
       Bahan/Topik yang Dibahas :
1. Pendahuluan
    Pengertian - Pengertian Dasar

2.  Beberapa Pemahaman Dasar
    a. Hati Nurani - Kesadaran Moral
    b. Kebebasan Moral
    c. Tanggung Jawab Moral
    d. Norma Moral

3.   Etika Normatif (Aliran)
    a.  Hedonisme - Eudemonisme
    b.  Etika berbasis Agama
    c.  Etika Hukum Kodrat
    d.  Utilitarisme
    e.  Kantianisme

4.   Penutup
      Sikap Moral yang dewasa 7.   Alam Pikiran Budha (2 sks) 8.   Fenomenologi Agama (2 sks)

Mengurai dan mencari struktur dasar dari gejala-gejala keagamaan sekaligus konsep tentang Yang Kudus, mitos, doa, ritus dan sidahan religius lainnya.

<<<Back

  Kembali