USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Prof. Bambang Soelistijanto, S.T., M.Sc., Ph.D. Raih Gelar Guru Besar Bidang Komputasi Bergerak

diupdate: 3 bulan yang lalu

Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof Anto, dan Rektor USD - dok. Humas USD

Selasa, 28 November 2023, di Ruang Multimedia Kampus III Paingan, Universitas Sanata Dharma (USD) menerima salinan Surat Keputusan (SK) Kemendikbud Ristek nomor 63632/M/07/2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen atas nama Bambang Soelistijanto, S.T., M.Sc., Ph.D., menjadi Guru Besar Bidang Komputasi Bergerak. SK diserahkan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof. drh. Aris Djunaidi, Ph.D kepada Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ., S.S., Ph.D.

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah V menyampaikan selamat kepada Prof. Bambang Soelistijanto, S.T., M.Sc., Ph.D. dan seluruh civitas academica USD atas gelar Guru Besar bidang Komputasi Bergerak yang telah diraih.

"Dengan ini, USD sudah mendapat pencapaian baru karena ada empat dosen yang telah berhasil mendapat gelar guru besar," ungkap Prof. Aris.

Kepala LLDIKTI Wilayah V - dok. Humas USD

Pencapaian ini, menurutnya semakin mengharumkan nama USD sebagai institusi pendidikan dan berharap dosen lain di USD dapat pula mencapai gelar guru besar.

“Saya harap dosen-dosen USD yang lainnya terpicu untuk meraih gelar guru besar. Semoga di tahun selanjutnya, USD dapat terus menghasilkan dosen berkualitas yang mampu meraih jenjang karir tertinggi sebagai pendidik,” ujar Prof. Aris.

Sementara itu, Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D., mengungkapkan bahwa penguasaan beragam bidang ilmu pengetahuan oleh Prof Anto (panggilan akrab Prof. Bambang Soelistijanto-red) sebagai pengajar di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) USD, sangat membantu pengembangan fakultas.

“Penguasaan ilmu di banyak bidang tidak hanya mengenai penguasaan teknik dan metode saja, tetapi juga core (dasar) dari bidang ilmu tersebut, terutama dalam konteks Prof. Anto, adalah ilmu yang bisa membantu pengembangan FST,” ungkap Romo Bagus dalam sambutannya.

Rektor USD - dok. Humas USD

Romo Bagus juga berharap, melalui pencapaian jenjang akademik Guru Besar bidang Ilmu Komputasi Bergerak, mahasiswa dapat semakin berkembang dalam pembelajaran ilmu-ilmu baru.

“USD akan mendukung karya Prof Anto dan para dosen FST, terutama dalam pengembangan dan penguasaan bidang ilmu baru yang bisa dibagikan kepara para mahasiswa,” tandasnya.

Senada dengan Rektor, Prof. Bambang Soelistijanto, S.T., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan bahwa pencapaian gelar guru besar bidang ilmu komputasi adalah sebuah perjalanan penggalian ilmu pengetahuan yang multidisiplin.

"Saat melanjutkan kuliah di teknik elektro, saya mendapat bimbingan dari tenaga pengajar yang menguasai bidang matematika. Walaupun bidang yang saya  pelajari tidak linear, namun dengan belajar matematika, saya sangat terbantu dengan pemodelan matematika dalam ilmu electrical engineering," ungkap Prof Anto.

Prof. Bambang Soelistijanto, S.T., M.Sc., Ph.D. - dok. Humas USD

Oleh karenanya, pria yang menyelesaikan studi S3 di bidang Electronic Engineering dari University of Surey England, ini berharap, melalui kepakaran di bidang ilmu baru, ia  bisa membagikannya kepada mahasiswa.

“Saya mendapatkan ilmu baru yang bisa mendukung pengetahuan di teknik elektro yang sudah saya pelajari. Saya berharap bisa menyalurkan ilmu kepada mahasiswa serta membuka pandangan mereka bahwa belajar bidang tertentu di teknik bisa dipadukan dengan bidang-bidang ilmu yang lain,” pungkasnya.

(CJM/TPP/CSNC-Humas USD)

  kembali