USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Hari Studi Pejabat Bahas tema Kepemimpinan Transformatif: Semangat Ignasian dalam Kompleksitas Jaman

diupdate: 2 minggu yang lalu

Hari Studi Pejabat 2024 di Wisma Sanjaya Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan (dok. Humas)

Jumat, 10 Mei 2024, Universitas Sanata Dharma melalui Sekretariat Mission and Identity (SMI) menyelenggarakan Hari Studi Pejabat 2024 di Wisma Sanjaya Pusat Pastoral Sanjaya (PPSM) Muntilan. Kegiatan selama dua hari yang diikuti para pejabat struktural ini membahas tema utama kepemimpinan transformatif. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Agustinus Prasetyantoko (Unika Atma Jaya Jakarta).

Kepemimpinan yang transformatif merupakan ekspresi dalam kepemimpinan ignasian. Hari Studi Pejabat menjadi bagian dari mekanisme penguatan kapabilitas kepemimpinan. Adanya tinjauan mengenai jobdesk, SOP, dan kebijakan baru, para pejabat belajar dari pengalaman konkrit dengan memberdayakan diri dan institusi. Inspirasi dari khasanah Ignasian menjadi rujukan atas pengembangan kapabilitas kepemimpinan yang transformatif.

Dalam sambutannya, Rektor USD, Romo Albertus Bagus Laksana, S. J., S. S., Ph. D. mengungkapkan bahwasannya tantangan dalam pendidikan perguruan tinggi semakin kompleks,

“Kita bertemu di dalam misi yang sama untuk meningkatkan kapasitas personal dan kapasitas profesional. Universitas kita akan dikembangkan dengan sedemikian rupa, sehingga banyak hal dapat ditangani secara sistematis dan tentunya kita bisa mengembangkannya ke arah perjuangan dan juga pengembangan yang baru untuk semakin bertumbuh secara komunal serta berkreasi secara intelektual akademis, tetapi juga peduli terhadap persoalan global yang menjadi consent renstra kita,“ paparnya.

Pada Hari Studi Pejabat mengundang narasumber Dr. Agustinus Prasetyantoko. Rektor Unika Atma Jaya Jakarta periode 2015-2023 ini membawakan materi tentang Pengelolaan Identitas dan Semangat Institusi melalui Kepemimpinan yang Transformatif.

Hari Studi Pejabat 2024 di Wisma Sanjaya Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan (dok. Humas)

“Panggilan kepemimpinan merumuskan misi pribadi dalam peran profesional dan sosial. Kinerja dalam profesional dan sosial selalu bertumpu pada pergulatan dan kinerja pribadi, “demikian ungkapnya. 

Setelah materi dari narasumber, proses hari studi dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang mengangkat topik budaya mutu serta terobosan-terobosan baru dalam kepemimpinan trasnformatif.  Sekretaris Pelaksana SMI, Lucianus Suharjanto SJ, S.S., B.S.T., M.A, yang memfasilitasi diskusi kelompok mengungkapkan harapannya bahwa melalui kegiatan ini, para pejabat struktural di USD semakin dapat mengimplementasikan prinsip-prinsip kepemimpinan transformatif dalam menjalankan tugas kepemimpinanya.

“Hari Studi Pejabat menjadi bagian dari mekanisme penguatan kapabilitas kepemimpinan. Adanya tinjauan mengenai jobdesk, SOP, dan kebijakan baru, para pejabat belajar dari pengalaman konkrit dengan memberdayakan diri dan institusi. Inspirasi dari khasanah Ignasian menjadi rujukan atas pengembangan kapabilitas kepemimpinan yang transformatif,” pungkasnya. 

(BR/DKS - Humas)

 

  kembali