
USD - 10 dan 11 Juni 2025, STEAM Learning Center Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainers (TOT) yang dirancang khusus bagi para dosen dan mahasiswa di lingkungan JPMIPA FKIP USD. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pemahaman teori dan keterampilan praktik dalam penggunaan teknologi pencetakan tiga dimensi (3D printing) secara langsung dan menyeluruh.
Kegiatan ini diikuti oleh total 50 peserta, terdiri atas dosen dan mahasiswa lintas program studi. Untuk menjaga kualitas pembelajaran serta memastikan pendampingan yang intensif, peserta dibagi ke dalam dua kelompok yang memungkinkan suasana workshop tetap kondusif, sekaligus memberi ruang yang cukup bagi peserta untuk mencoba perangkat secara langsung.


Peserta diajak membuat desain tiga dimensi, baik sederhana maupun kompleks, menggunakan perangkat lunak desain yang telah disiapkan. Mereka juga mempelajari cara memasukkan filamen, mengganti warna filamen, serta melepas hasil cetakan dengan aman. Dengan pendampingan dari tim STEAM Learning Center, para peserta mendapatkan bimbingan secara bertahap sesuai tingkat pemahaman masing-masing.
Berbagai karya berhasil dihasilkan oleh peserta, mulai dari media pembelajaran tematik, alat bantu visual untuk eksperimen, hingga hiasan edukatif dan suvenir kreatif. Kegiatan ini menunjukkan bahwa 3D printing tidak hanya berguna di bidang teknik atau desain, tetapi juga sangat potensial diterapkan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan media ajar.


Antusiasme peserta terlihat tinggi sepanjang pelatihan. Banyak dari mereka menyampaikan ketertarikannya untuk terus mengeksplorasi teknologi ini lebih lanjut dan bahkan mempertimbangkan untuk mengintegrasikannya ke dalam proyek perkuliahan atau pengabdian masyarakat.
Dengan diadakannya pelatihan ini, STEAM Learning Center berharap dapat mendorong semangat inovasi di lingkungan JPMIPA. TOT ini menjadi langkah awal menuju pengembangan kapasitas dosen dan mahasiswa dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ini melalui pendekatan teknologi yang aplikatif dan kreatif.