USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Membuka Pandangan Terhadap Matematika Melalui Seminar Pendidikan

diupdate: 4 minggu yang lalu




Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Jumat (25/10) menyelenggarakan seminar Pendidikan Matematika bertempat di Ruang Drost Kampus 3 USD. Seminar pendidikan pada tahun ini adalah “Enjoy Mathematics and get the Better Future”. Paulinus Partigor Gulo selaku ketua panitia menyampaikan dalam sambutannya bahwa tujuan seminar ini adalah mengajak peserta seminar untuk memahami matematika dari berbagai sudut pandang.

Materi dalam seminar pendidikan ini disampaikan oleh Dr. Sumardyono, S.Pd., M.Pd. sebagai pemateri 1 yang merupakan Direktur Southeast Asian Minister Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Mathematics  dan Prof. Dr. Stephanus Suwarsono sebagai pemateri 2 yang merupakan salah satu dosen Pendidikan Matematika USD.

Seminar pendidikan ini dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi 1, Dr. Sumardyono, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi mengenai Matematika Rekreasi (Recreational Mathematics). Matematika dipandang sebagai puzzle di mana dalam setiap pengerjaannya akan timbul tantangan (challenging) yang memotivasi kita untuk menyelesaikan permasalahan. Begitu pula dalam Matematika Rekreasi di mana kegiatan atau permasalahan matematika selalu diselesaikan menggunakan terapan matematika baik konsep maupun keterampilan yang menuntut kreativitas, penalaran logis, berikir divergen, dan tentu saja kemampuan memecahkan masalah dengan berbagai strategi yang penuh tantangan. Sesi 1 diakhiri dengan diskusi tanya jawan bersama pemateri 1 dan dilanjutkan dengan penampilan dari grup Akustik Pendidikan Matematika angkatan 2017.

Pada sesi 2, Prof. Dr. Stephanus  Suwarsono memaparkan materi dengan judul Getting e Better Future by Applying Mathematics in the Real World. Materi yang disampaikan oleh pemateri 2 lebih mengarah pada bagaimana cara melibatkan budaya dalam pembelajaran matematika. Melibatkan budaya dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan memanfaatkan sejarah matematika dalam setiap pembelajaran agar dapat meningkatkan kesadaran para siswa bahwa matematika adalah salah satu bagian alami dari kehidupan manusia dan muncul karena adanya kebutuhan sehingga siswa akan lebih memahami dan mengapresiasi relevansi dan penerapan matematika bagi kehidupan manusia. Matematika dapat disajikan lebih menarik dengan cara ini sehingga pembelajaran matematika tidak monoton dan membosankan. Sama seperti sesi sebelumnya, sesi 2 juga diakhiri dengan diskusi tanya jawab antara peserta dan pembicara.

Seminar pendidikan ini tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa Pendidikan Matematika USD, melainkan juga terbuka untuk umum dengan kuota khusus. Kegiatan seminar pendidikan ini diakhiri dengan pembagian doorprize yang disediakan panitia.

(FBA & EAN)

  kembali