Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat

Loading
HOMEPROFILEPENELITIANPENGABDIANPUSATPUBLIKASI USDBERITAKONTAK

  Penelitian


+ Ilmu Sejarah
+ Ekonomi
+ Farmasi
+ Psikologi
+ Pendidikan Ekonomi
 - Teknik
     - Sedang berlangsung
    + Selesai
+ Bimbingan Konseling
+ Sastra
+ Fisika
+ Pendidikan Biologi
+ Matematika
+ Pendidikan Akuntansi
+ Pendidikan Bahasa Inggris
+ Pasca Sarjana
+ PGSD
+ Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
+ Pendidikan Matematika
+ Pendidikan Fisika
+ IPPAK
+ Pendidikan Sejarah
+ Teologi
Bidang Ilmu Teknik --> status Sedang Berlangsung

SISTEM KONVERSI ENERGI ANGIN SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK UNTUK MENGGERAKKAN CENTRIFUGAL REACTION PUMP

>> oleh :
Ir. Yohanes Baptista Lukiyanto, M.T
Ir. Rines, M.T
Budi Setyahandana, S.T.,M.T
 
.: status penelitian : kelompok
.: dilaksanakan : January s/d November 2017
.: sumber dana : KEMRISTEK DIKTI

Abstraksi :
Sistem konversi energy angin (SKEA) berupa kincir angin yang digunakan sebagai penggerak pompa air telah lama dan banyak digunakan oleh petani garam di pantai utara pulau jawa dan bagian timur pulau madura. Teknologi kincir angin sebagai wind pump system yang sederhana ini sangat berguna sebagai penggerak dalam rangkaian proses [roduksi garam. Keberlanjutan teknologi wind pump ini terjaga karena menggunakan bahan lokal, pegguna dapat mengoprasikan dan memperbaiki jika tardapat kerusakan dan bengkel-bengkel lokal mampu memproduksinya.
  Dalam proses produksi garam, terdapat idle condition sehingga ada jeda wind pump sistem tidak digunakan, terutapa pada saat musim penghujan. Pada saat ilde condition ini, wind pump sistem dapat dimanfaatkan untuk menaikan air yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. Energy yang dihasilkan oleh poros kincir angin tidak di transmisikan secara mekanik dengan menggunakan mekanisme engkol kepompa torak, namun ditransmisikan dalam bentuk energy listrik kesebua pompa sehingga menjadi electrical wind pump system. Dengan sistem ini, kincir angin dan sumur sebagai sumber air dapat berjauhan letaknya.
   Modifikasi yang dilakukan adalah sistem transmisi daya listrik dan sistem pemompaan. Untuk menjamin keberlanjutan electrical wind pump system ini, seluruh material yang digunakan tetap dapat diperoleh di pasar lokal, tetap menerapkan teknologi yang sederhana dan tetap dapat diperbaiki oleh bengkel lokal jika terjadi kerusakan. Sistem transmisi daya listrik menggunakan pasangan generator listrik dan motor listrik serta kabel listrik sebagai penghubungnya. Kedua mesin listrik tersebut adalah BLDC permanent magnet motor 350 Watt. Panjang kabel dapat diatur sesuai dengan jarak kincir angin dan sumber air. Jenis pompa sentifugal yang digunakan adalah centrifugal realtion pump. Pompa berbahan pipa PFC ini dimodifikasi bagian otletnya seingga pengguna dapat membuat dan merangkainya sendiri.
   Penelitian ini bertujuan untuk meneylidiki perilaku tiap komponen yang digunakan yaitu kincir angin (dari Rembang, Generator ban motor listrik sebagai sistem transmisi daya dan sentrifugal realtion pump dengan demikian akan diperoleh centrifugal reaction pump dengan setelan terbaik).

<< back
 
© 2019 - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami   |  1 user(s) online