Pusat Kuliah Kerja Nyata (PKKN)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu matakuliah yang dipilih oleh Universitas Sanata Dharma untuk memberikan pengalaman belajar kepada para mahasiswanya agar mencapai tujuan pendidikan tersebut di atas yang termuat di dalam Statuta Universitas Sanata Dharma.

Melalui KKN diharapkan mahasiswa memiliki: kemampuan melakukan analisis sosial budaya masyarakat sehingga memahami persoalan yang dihadapi oelh masyarakat; pengalaman langsung hidup bersama dengan anggota masyarakat yang kurang beruntung; dan mampu bekerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatan. Masyarakat yang kurang beruntung meliputi mereka yang lemah ekonominya, mereka yang mengalami hambatan, mereka yang termasuk masyarakat pinggiran.

 

"Aktivitas tersebut menjadi salah satu ciri kegiatan KKN, yaitu setiap pilihan tindakan yang dilakukan didasarkan atas suatu pertimbangan yang bersifat akademis ilmiah. Oleh karena sifatnya yang demikian, KKN juga merupakan suatu kegiatan yang mengandung unsur penelitian."

Program Kuliah Kerja Nyata Reguler

KKN Reguler saat sekarang ini adalah mahasiswa menetap di lokasi selama satu bulan penuh. Kemudian, sebelum pelaksanaan/pelepasan mahasiswa ke lokasi, para mahasiswa harus melalui tahap-tahap tertentu, yaitu pembekalan, survei lokasi dan permasalahan yang dihadapinya, penyusunan program dan sosialisasi program. Pada tahap ini juga, pencarian dana dilakukan. Dengan demikian, ketika pelepasan, mahasiswa bersama masyarakat langsung melaksanakan program-program yang telah direncanakan dan disetujui oleh masyarakat. Berikutnya para maka siswa membuat laporan kegiatan, evaluasi dan refleksi.


Program Kuliah Kerja Nyata Alternatif

Program Kuliah Kerja Nyata Alternatif ini merupakan bentuk baru yang dikembangkan oleh PKKN sejak tahun 2000. Pengembangan KKN ini dilatarbelakangi kondisi mahasiswa yang tidak seluruhnya dapat dan mampu menempuh KKN Reguler. Ketidak mampuan tersebut cukup beralasan, antara lain karena faktor sakit, keluarga, mahasiswa sudah bekerja, mahasiswa ingin KKN sambil tetap melaksanakan kuliah tatap muka, dan lain-lain. Pelaksanaan ini bekerjasama dengan Yayasan Kembang Urip, Yogyakarta.


Pola Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan Oleh Fakultas

Universitas Sanata Dharma memberi kesempatan kepada fakultas-fakultas untuk mengembangkan Kuliah Kerja Nyata di fakultas-fakultas. Selama ini baru dua fakultas dari sembilan fakultas di Universitas Sanata Dharma yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata sesuai dengan visi dan misi fakultas tersebut. Fakultas-fakultas yang telah melaksanakan KKN adalah Fakultas Ekonomi dengan model mendekati Kuliah Kerja Usaha (KKU) dan FKIP yang baru bersifat pilot project dan dilaksanakan oleh Program Studi PDU dan PAK. Model yang dikembangkannya adalah Pengalaman Praktik Lapangan Plus (PPL Plus).


STAF PKKN

   

 

   
     
  Dr. Sebastianus Widanarto P, S.Pd., M.Si.
Kepala PKKN
Ext : 51532
  Valeria Sri Susanti, S.E.
Staf
Ext : 51533
 


Kembali