= Pengabdian Internal =

- Tahun 2021

PENGELOLAAN GENERASI Z DI DUNIA KERJA

Oleh:
  • Stephanus Eri Kusuma M.Sc.
  • Januari Ayu Fridayani M.M.

Generasi Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1995-2012 (Stillman and Jonah, 2018). Mereka merupakan generasi yang memiliki pandangan, nilai dan cara hidup berbeda dengan generasi sebelumnya. Dalam konteks dunia kerja, generasi Z sedang mempersiapkan diri memasuki dunia kerja atau bahkan ada yang sudah bekerja sebagai pekerja yunior. Selain harus menghadapi tantangan antar generasi, mereka juga dihadapkan pada tantangan perubahan digital di dunia kerja yang akan (sedang) mereka geluti.

Generasi Z merupakan harapan masa depan. Membekali mereka dengan hal-hal positif akan membawa dampak positif pula bagi perkembangan dan perubahan yang akan terjadi di tengah masyarakat. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, generasi Z perlu diajak berdialog mengenai perutusan hidup berkarya yang sesuai dengan tujuan hidupnya serta mengakomodasi tuntutan dan perubahan kondisi dunia kerja saat ini dan ke depan.

Proses menuju hal tersebut perlu diawali dengan mengetahui apa yang sebenarnya generasi Z harapkan dan apa yang dunia kerja butuhkan? Jembatan atas jawaban tersebut, menjadi kerangka link-match yang akan menjadi masukan bagi organisasi formal maupun non formal yang bersentuhan langsung dengan generasi Z untuk merumuskan desain kegiatan yang relevan dalam rangka penciptaan pribadi muda yang berkepribadian dan berkualitas.

Gambaran mengenai bagaimana persepsi generasi Z tentang dunia kerja saat ini dan masa depan, serta apa yang mereka inginkan telah diperoleh melalui sebuah Focus Group Discussion yang diadakan pada tanggal 14 Januari 2021. Secara ringkas, hasil FGD tersebut menggambarkan antusiasme dan juga kecemasan dari para Gen Z

menghadapi dunia kerja. Banyak dari mereka yang telah memprediksi mengenai dominasinya penggunaan teknologi dan kompleksitas dunia kerja ke depan. Namun demikian, mereka juga masih belum banyak mengetahui tentang karakteristik pekerja seperti apa yang diinginkan penyedia lapangan kerja dan apa yang sebenarnya telah dipersiapkan oleh penyedia lapangan kerja dalam merangkul Gen Z memasuki dunia kerja di era perubahan.

Webinar ini diharapkan akan mampu menjawab sejumlah pertanyaan, yaitu: 1) Karakteristik pekerja seperti apa yang dibutuhkan oleh penyedia lapangan kerja di era perubahan? 2) Strategi apa sajakah yang telah diterapkan oleh penyedia lapangan kerja saat ini dalam merekrut Generasi Z dan mengelola mereka menjadi "the future leader"? 3) Pengalaman kontekstual seperti apa yang dapat menjadi inspirasi pengembangan generasi Z dalam organisasi kerja? (Maret 21)

Kembali