Berita

Pengenalan dasar dasar pemrograman menggunakan Scratch

25/03/2022 02:57:02 WIB


Pada bidang ilmu Informatika, dasar -dasar pemrograman merupakan salah satu bentuk pembelajaran awal untuk membentuk kerangka berpikir. Hal ini juga baik untuk diterapkan sedini mungkin pada siswa sekolah dasar untuk membantu melatih siswa untuk berpikir secara terstruktur dan kritis.

Oleh karena itu Program Studi Informatika Universitas Sanata Dharma bekerja sama dengan SD Negeri Sawah Panggang mengadakan pelatihan dasar dasar pemrograman kepada siswa. Agar siswa tertarik dan tidak takut untuk belajar, maka pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Scratch, dimana secara visual, tampak seperti game bagi anak anak.

Pada tanggal 22 Maret 2022, Tim pengabdi yang terdiri dari 4 dosen Informatika dan Teknik Elektro: Bambang Soelistijanto, S.T., M.Sc. Ph.D., Henricus Agung Hernawan, S.T., M.Kom., Ir. Tjendro, S.T., M.Kom. dan Vittalis Ayu, S.T., M.Cs. serta 2 mahasiswa Informatika dengan semangat memberikan materi yang ternyata dapat ditangkap dengan baik oleh anak-anak. Hal ini terjadi karena perintah perintah logika seperti mengubah warna, mengubah huruf, mengubah ukuran, mengubah benda tersebut dibuat dalam blok blok visual yang disusun untuk membentuk misalnya kucing berjalan ke kanan, kemudian ketika mencapai tembok akan mengeluarkan suara.

Animasi yang dihasilkan oleh para siswa dari hasil mencoba dinilai cukup baik. Walaupun masih ada beberapa anak yang takut untuk mencoba dan harus dipandu langkah per langkahnya namun ada dua orang anak yang mampu berkreasi sendiri dan mencoba mengeksplorasi animasi yang dapat dihasilkan dari Scratch.

Pihak sekolah menyambut baik akan hasil yang didapatkan dari pelatihan ini dan mengharapkan agar kegiatan ini dapat berkelanjutan.

 kembali