KEGIATAN

IndoMS-School 2023 - Etno STEAM

Pak Arif


Download Brosur

button_download

Bagi teman-teman yang tertarik dengan kegiatan ini bisa segera mendaftar di link berikut ya!

button_daftar

Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti kegiatan kami, teman-teman diminta mengajukan surat ijin kepada ketua program studi di universitas masing-masing. Untuk format surat ijin bisa diunduh di bawah.

button_download


Pembayaran untuk kegiatan tersebut dapat dikirimkan ke nomor rekening, berikut:
Bank BRI: 6852 0101 8374 537 a.n Erni Puji Astuti.


Pengantar

Perkembangan zaman saat ini berbagai aktivitas hidup telah didominasi oleh produk berteknologi tinggi. Tidak sedikit dari kita yang tidak bisa hidup tanpa teknologi. Hal ini menandakan bahwa perkembangan sains dan teknologi yang sangat cepat tak dapat dihindari tetapi harus dihadapi dan dikuasai. Dalam menghadapi era globalisasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi suatu keharusan. Hal tersebut menuntut berbagai pihak untuk dapat mengembangkan kemampuan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan di bidang teknologi. Dalam bidang pendidikan, tentu saja pengembangan kemampuan siswa dalam menguasai teknologi telah diupayakan pada setiap pembaruan kurikulum yang dilakukan pemerintah guna memperoleh generasi bangsa yang siap dan handal dalam menghadapi era globalisasi. Salah satu terobosan pendidikan di Indonesia,yang berupaya mengembangkan manusia yang bisa mencipatkan ekonomi berbasis sains dan teknologi adalah pembelajaran STEAM.

Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) merupakan sebuah integrasi dari berbagai disiplin ilmu yaitu sains, teknologi, teknik, seni dan matematika yang berada dalam satu kesatuan pendekatan pembelajaran. Kemudian untuk memastikan bahwa nilai-nilai budaya bangsa Indonesia tetap terjaga keberadaanya serta dapat terinternalisasi dalam praktek-praktek kehidupan maka dalam semua aktivitas hendaknya pendidik mampu memberikan inovasi dan kreativitasnya dalam pembelajajaran di kelas, khususnya pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika dikenal dengan pendekatan Etnomatematika, perluasan pendekatan ini umumnya menjadikan kearifan lokal/ produk budaya sebagai konteks dalam memulai pembelajaran. Etno-STEAM merupakan ide kreativ bagaimana memadukan pembelajaran yang mampu memadukan sains dan teknologi sekaligus kearifan lokal/ produk budaya untuk memperluas kreativitas dalam pembelajaran matematika sehingga aktivitas belajar yang kolaboratif, penemuan, observasi serta nalar kritis menjadi tradisi siswa dalam pemecahan masalah matematika sehingga kemampuan numerasi siswa dapat berkembang.

Download Silabus
Download Satuan Acara Perkuliahan

Tim Pengajar

1. Prof. Dr. St. Suwarsono (Univ. Sanata Dharma)
2. Dr. Riawan Yudi Purwoko (Univ. Muhammadiyah Purworejo)
3. Dr. Maximus Tamur, M.Pd. (Unika Ruteng)
4. Dominikus Arif Budi Prasetyo, M.Si. (Univ. Sanata Dharma)
5. Maria Suci A., S.Pd, M.Sc. (Univ. Sanata Dharma)
6. Antonius Yudhi Anggoro, M.Si. (Univ. Sanata Dharma)
7. Yosep Dwi Kristanto, M.Pd. (Univ. Sanata Dharma)
8. Dr. Kristianus Viktor P, M.Pd.Si. (Unika Ruteng)
9. Gabriela Purnama Ningsi, M.Pd. (Unika Ruteng)
10. Erni Puji Astuti, M.Pd. (Univ. Muhammadiyah Purworejo)


Apabila teman-teman membutuhkan bantuan, bisa menghubungi kontak person kami.

button_narahubung


Kembali