TESTIMONI

Permata Nugrahani, S.Pd. - Sajikan Inovasi Pembelajaran Virtual

Angkatan 2015


SMPK Santa Maria 2 Gelar Online Trial Class; Guru Sajikan Inovasi Pembelajaran Virtual
MALANG POSCO MEDIA, MALANG – SMPK Santa Maria 2 Malang punya banyak inovasi untuk menyampaikan pelajaran dengan cara yang menarik. Sehingga siswa tetap antusias belajar meskipun dengan cara virtual atau online. Guru-guru di sekolah Jalan Panderman ini telah membuktikannya dalam beberapa kesempatan.
Yang terbaru, pada event Online Trial Class, yang digelar Sabtu (9/4) lalu. Diikuti oleh ratusan siswa Sekolah Dasar. Mereka dari berbagai sekolah di Jawa Timur. Bahkan ada yang dari luar Jawa. Seperti Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.
Dalam kesempatan tersebut, Permata Nugrahani, S.Pd selaku guru memperkenalkan mata pelajaran matematika. Erma sapaan akrabnya, mengemas matematika dengan cara mudah, kreatif dan menarik. Jauh dari kesan seram dan menakutkan. Siswa pun mengikuti dengan senang dan tidak tegang.
Dalam materinya, Erma melibatkan peran tokoh-tokoh kartun masa kini. Seperti Cinderella, Rapunzel, dan Frozen. Matematika pun menjadi akrab di dunia anak-anak.
Diawali dengan cerita Cinderella yang hari itu merayakan ulang tahunnya. Dihadiri secara langsung oleh Winnie The Pooh, Badut dan Minnie mouse. Kartun-kartun ini diperankan oleh guru-guru SMPK Santa Maria 2. Mereka menyapa para siswa secara virtual.
Sehingga membuat pelajaran matematika menjadi pelajaran yang happy dan penuh canda ria. Bukan mapel yang menakutkan dan menegangkan seperti yang dikenal selama ini.
Dalam Online Trial Class, selain matematika sebelumnya ada mata pelajaran seni budaya dipresentasikan oleh Hendrik Kiswanto, S.Pd, pada tanggal 19 Maret dan Bahasa Inggris dipresentasikan oleh Deka Nanda Kurniawati, S.Pd pada tanggal 2 April.
Hendrik Kiswanto, S.Pd mengatakan, tiga mapel tersebut menjadi pertimbangan panitia karena masing-masing punya karakter dan kelebihan sendiri. Seni rupa merupakan pelajaran yang menyenangkan bagi sebagian besar siswa. Bahasa Inggris sudah banyak digandrungi para pelajar masa kini.
Sedangkan matematika perlu menjadi edukasi yang menarik mengingat tidak banyak siswa yang minat. “Kami memberikan edukasi pada siswa SD bahwa semua mata pelajaran di SMPK Santa Maria 2 tersaji dengan lebih fun dan menarik. Tidak ada yang sulit dan menakutkan,” katanya.
Hendrik menjelaskan, sebelum pandemi Trial Class dilaksanakan dengan cara guru mengunjungi SD. Disana tim guru melakukan sosialisasi kepada siswa, mengenalkan proses pembelajaran. “Dengan cara online ini jangkauan kami jauh lebih luas, banyak SD yang bisa kami ajang untuk bergabung dalam kegiatan ini,” ungkapnya.
Dia menjelaskan, bahwa tujuan Trial Class untuk mengenalkan lebih jauh SMP Santa Maria 2 kepada masyarakat. Jika selama ini sekolah yang juga biasa disebut dengan nama SMP Panderman ini dikenal dengan segudang prestasinya, maka melalui Online Trial Class guru mengenalkan lebih pada proses pembelajarannya. “Kita perlu mengenalkan proses pembelajaran ke masyarakat. Tidak hanya hasil yang berupa prestasi,” tuturnya.
Online Trial Class disajikan dengan cara yang unik. Guru yang presentasi melakukan demonstrasi berupa eksperimen-eksperimen yang menarik. Kadang-kadang peserta juga diajak untuk game bersama. Seperti melakukan penjelajahan secara virtual untuk menemukan sebuah objek. “Kami sajikan kegiatan ini dengan cara yang tidak biasa. Yakni memasuki dan melakukan pendekatan pada mereka melalui dunia anak-anak,” tuturnya.
Kepala SMPK Santa Maria 2 Sr. M. Dorothea, SPM, S.Pd., M.Pd., mengatakan Trial Class menjadi sebuah momentum untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa SMP Panderman tetap eksis dengan segala inovasinya meskipun dalam kondisi pandemi. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidak menjadikan inovasi di sekolah ini mati.
Maka melalui Trial Class yang diikuti siswa kelas 5 dan 6 SD ini diharapkan masyarakat mengetahui bahwa SMPK Santa Maria 2 tetap menjaga kualitas pembelajaran. “Kita tetap eksis, pandemi tidak menjadi halangan bagi kami untuk berinovasi. Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dengan kreatif sehingga tidak mengurangi kualitas belajar anak-anak,” pungkasnya.
SMPK Santa Maria 2 Malang, menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022-2023. Alamat : Jalan Panderman 7A Malang. Telepon 0341-551871. (sir/imm)

Berita ini sudah pernah ditayangkan di web Malang Posco Media pada tanggal 11 April 2022 dengan judul "SMPK Santa Maria 2 Gelar Online Trial Class; Guru Sajikan Inovasi Pembelajaran Virtual" dengan tautan https://malangposcomedia.id/smpk-santa-maria-2-gelar-online-trial-class-guru-sajikan-inovasi-pembelajaran-virtual/

Kembali