Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

Inisiasi Program Studi PGSD 2012
07 November 2012
Inisiasi Program Studi PGSD 2012 :: Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Inisiasi Program Studi PGSD 2012

STRUGGLE FOR SURVIVAL

 

            Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar secara rutin mengadakan Inisiasi Program Studi bagi setiap mahasiswa baru. Pada tahun 2012 ini PGSD mengadakan Insipro PGSD dengan tema “Struggle For Survival”, yang diselenggarakan pada 28, 29 dan 30 Mei 2012 di Pantai Drini Wonosari. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Program Studi PGSD angkatan 2012 dan beberapa mahasiswa PGSD angkatam 2009, 2010, 2011 yang belum mengikuti Insipro PGSD.

            Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari 2 malam. Rangkaian acara selama 3 hari 2 malam tersebut mempunyai beberapa tujuan antara lain sebagai sarana menumbuhkan dan selalu memupuk daya inovatif Mahasiswa Baru PGSD, sarana membangun pribadi Mahasiswa Baru PGSD yang humanis, sebagai sarana mengembangkan jiwa transformasional Mahasiswa Baru PGSD. Tujuan tersebut tentunya disesuaikan dengan visi misi PGSD dengan 3 kata kunci humanis, transformatif dan inovatif.

            Rangkaian kegiatan ini dimulai dari keberangkatan mahasiswa baru menggunakan 9 truk brimob. Kemudian mereka diturunkan di spot yang telah ditentukan untuk mencari lokasi insipro secara mandiri berbekal petunjuk arah yang telah dipasang oleh panitia pada beberapa jalur. Lalu setiap kelompok mendapat penyambutan oleh panitia setelah tiba di lokasi insipro. Setelah mereka istirahat dan makan siang, dilanjutkan dengan pendirian tenda. Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia dan kaprodi PGSD. Kemudian dilakukan refleksi tentang apa saja yang telah mereka alami dan bagimana  perasaan mereka. Untuk menggugah semangat mahasiswa baru, mereka semua diajak untuk ber-jingle bersama. Setelah itu diteruskan dengan kegiatan memasak, MCK, ibadah, makan bersama. Kemudian dilakukan perkenalan prodi dan HMPS sebagai langkah awal mahasiswa baru untuk lebih mengenal dan memahami program studi yang akan ditempuhny aselama kurang lebih 4 tahun kedepan. Dan pada malam hari mereka diberikan kesempatan untuk menyaksikan sebuah film yang sangat menginspirasi bagi seorang calon guru SD. Pada hari kedua seperti biasa dilakukan senam pagi, memasak, dan MCK. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan PGSD The Eksplorer, kegiatan ini meliputi kuliah lapangan yang diberikan oleh beberapa dosen PGSD seperti mata kuliah matematika, IPA, IPS dan bahasa. Kemudian pada sing hari mereka diberikan waktu untuk istirahat, makan siang. Ketika sore hari tiba waktunya mereka harus memasak, MCK dan mempersipakan pensi setiap kelas. Pada malam hari setiap kelas menampilkan Pentas Seni yang telah dipersiapkan sebelumnya di tengah api unggun yang menambah hangatnya suasana pad amalam itu. Pada hari ketiga mereka melakukan perjalanan spiritual disepanjang pantai dan melakukan baksos serta bersih pantai sehingga follow up kegiatan ini langsung pada masyarakat sekitar. Setelah itu mereka berkemas untuk pulang. Kemudian bersama-sama mereka membereskan lokasi mulai dari dapur umum hingga tenda.dan tiba waktunya mereka harus naik kembali ke truk brimob untuk kembali ke Yogyakarta.

            Acara ini dikemas dengan menarik, karena didalamnya tidak hanya mengenalkan mahasiswa baru pada lingkungan PGSD saja tetapi sekaligus bagaimana mereka mempersipakan kepribadian mereka untuk menjadi guru sejati yang bersedia melayani masyarakat luas, bagaimana memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran yang menarik dan bermakna, bagaimana mereka hidup dalam kelompok, bagaimana mereka menyikapi suatu permasalahan yang dihadapi, bagaimana mereka berkreativitas dalam berabagai hal, bagaimana mereka bisa mengahargai satu sama lain, bagaimana mereka menjaga lingkungan sekitar dan masih banyak lagi makna yang dapat diambil dari kegiatan INSIPRO PGSD 2012. Keberhasilan acara ini terlihat dari refleksi yang dibuat oleh semua  mahasiswa baru. Mayoritas dari mereka menuliskan bahwa senang dengan INSIPRO PGSD 2012 dan mereka dapat menarik banyak sekali maknan dari setiap kegiatan didalamnya.

Home
Profile
Berita
Agenda
Fasilitas
Akademik
Pengumuman
SEMINAR PENDIDIKAN PGSD USD ( 2021 )
Alumni PGSD
PSIBK
Kuliah Umum
Magang Mahasiswa PGSD
KMD (Khursus Mahir Dasar)
hal. 1  2  3  4  5  
© 2021 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta