Profil

Karakteristik Program

  1. Program S1 PGSD diwarnai oleh karakteristik pembelajaran di SD yang menekankan pembentukan 4 struktur dasar manusia :
    • jasmaniah-rohaniah
    • individual-sosial
    • mahlukyang bebas, dan
    • makhluk yang menyejarah dengan mempertimbangkan pembentukan:
    • kemelekwacanaan (literacy),
    • kemampuan berkomunikasi,
    • kemampuan memecahkan masalah (problem solving), dan
    • kemampuan bernalar (reasoning).
  2. Kurikulum Program S1 PGSD disusun sebagai kesatuan organis yang harmonis dalam rangka membantu perkembangan peserta didik secara optimal.
  3. Pembelajaran pada Program S1 PGSD dilaksanakan dengan cara yang mampu menumbuhkan kesadaran dan keahlian untuk menerapkan pembelajaran di SD berdasarkan prinsip praktik pembelajaran yang sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik yang holistik.
  4. Program S1 PGSD diarahkan untuk mengakomodasi pengembangan kemampuan bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan pendidikan di Sekolah Dasar.
  5. Kemampuan akademik dan profesional pada Program S1 PGSD dibentuk melalui berbagai pengalaman belajar meliputi pengkajian, pelatihan, pembiasaan dan penghayatan yang dilakukan di kampus, di sekolah dan di masyarakat.
  6. Program S1 PGSD mengembangkan kemampuan manajerial Sarjana Pendidikan Guru SD dengan . model manajemen berbasis sekolah.

 

 kembali