Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Universitas Sanata Dharma

Biro Personalia

HomeProfileBeritaAgendaFasilitasLowongan KerjaDownloadSOPRenstraGalleryKritik Saran

 BERITA

USD SEMAKIN KUAT DENGAN DUA GURU BESAR BARU .
Mengatasi Rasa Malas di Tempat Kerja .
Dosen PNS Bisa Mengajar di Beberapa PTN .
DEPUTI DALPEG: Auditor Kepegawaian JABATAN PRESTISIUS .
Biro Personalia mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan .
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM/HRIS) .
Isian Data Buku Kerja 2012 .
Pelantikan Pejabat Struktural dilingkungan Universitas Sanata Dharma .
Tips Membangun Motifasi .
Bekerja Tanpa Rasa Sengsara .
hal. 1  2  3  4  5  
USD SEMAKIN KUAT DENGAN DUA GURU BESAR BARU
24 November 2011
USD SEMAKIN KUAT DENGAN DUA GURU BESAR BARU :: Biro Personalia

“Saat ini, Universitas Sanata Dharma menambah dua  guru besar baru, sehingga seluruhnya menjadi 12 orang. Dengan ditambah pula oleh sekitar 50-an doktor baru, sekalipun jumlah ini belum merupakan angka yang ideal, tetapi jelas USD semakin kuat. USD pun semakin diperhitungkan oleh pemerintah karena berbagai jaringan kerjasama internasional yang dibangun, yang  turut meningkatkan daya saing bangsa,” demikian disampaikan Dr. Ir. Paulus Wiryono Priyotamtama, SJ, Rektor Universitas Sanata Dharma dalam acara “Penyerahan SK Guru Besar” yang berlangsung di Ruang Driyarkara, Gedung Pusat Lt. IV Kampus Mrican, Kamis, 24 November 2011.

            Pada kesempatan itu, Koordinator Kopertis Wilayah V DIY Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA. secara langsung menyerahkan Surat Keputusan Presiden RI kepada Rektor USD, yang kemudian diserahkan  masing-masing kepada Prof. Dr. Paulus Suparno, SJ., M.St. dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/ Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam dan Prof. Dr. Praptomo Baryadi Isodarus, M.Hum. dosen dari Fakultas Sastra/Sastra Indonesia. Acara yang berlangsung sederhana ini dihadiri oleh dua staf perwakilan dari Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Rektor dan Wakil Rektor I USD, Dekan dan Wakil Dekan FKIP dan Sastra, Kajur dan Kaprodi serta dosen dari kedua fakultas tersebut, yang di undang secara khusus.

 

Persaingan Ketat

            Pada kesempatan itu, Koordinator Kopertis Wilayah V DIY Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA. menegaskan tentang ketatnya seleksi untuk diangkat menjadi guru besar. “Saya menyampaikan selamat kepada kedua guru besar baru USD karena di saat ketat-ketatnya Ditjen Dikti menyeleksi dan menilai kelayakan calon professor, keduanya lolos,” ujar beliau. Dikatakan bahwa saat ini Ditjen Dikti  tidak sekadar menerima hasil seleksi yang dibuat di tingkat yang lebih rendah. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi sendiri masih melakukan review. Akibatnya, sebanyak sepertiga calon tidak lolos dan hanya dua pertiganya yang lolos.

            Karena itu, menurut Koordinator Kopertis V, seleksi yang ketat harus sudah dibuat pada level Prodi, Fakultas, dan Universitas. Seleksi pada level senat universitas, harus pula melibatkan dua orang reviewer eksternal yang menilai kepakaran calon. Setelah disetujui di senat universitas, tim Penilai Angka Kredit (PAK) dari Kopertis juga akan melakukan seleksi yang sangat ketat. “Baru-baru ini, dari 17 orang yang mengajukan, hanya ada 1 orang yang lolos,” kata Koordinator Kopertis V.  Ia  menambahkan bahwa saat ini di kopertis wilayah V terdapat 113 orang professor, yang terdiri dari 20 dari PTS, 22 dari Yayasan, 61 orang dari PTN yang sudah pensiun dan dipekerjakan di PTS, dan 10 orang non-Kemendiknas.

            Materi seleksi yang sangat diperketat adalah yang menyangkut plagiarisme. Pelanggaran pada aspek ini merupakan sebuah pelanggaran fatal. Selain itu, karya-karya ilmiah dosen yang hanya dipublikasikan dalam jurnal internal kampusnya sendiri juga akan dinilai rendah.

Mengingat ketatnya proses seleksi itu, maka diangkatnya dua guru besar baru USD, yaitu Prof. Dr. Paulus Suparno, SJ., M.St. dan Prof. Dr. Praptomo Baryadi Isodarus, M.Hum. merupakan kebanggaan tersendiri bagi Universitas Sanata Dharma. Segenap civitas akademika USD menyampaikan selamat kepada kedua guru besar baru! (SG dan y2t)