www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Persiapan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa PPG USD
USD | 11 July 2018 | 15:18 WIB
  
Persiapan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa PPG USD :: usd.ac.id

Pada tanggal 6 Juli 2018 telah diadakan koordinasi, sosialisasi, pelatihan, dan Forum Grup Diskusi (FGD) antara guru pamong, dosen/asisten pembimbing dalam rangka untuk persiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Profesi Guru (PPG) Universitas Sanata Dharma (USD). Acara yang diadakan dari pukul 13.00-16.00 ini diselenggarakan di Ruang Koendjono Kampus 2 USD. Koordinasi, sosialisasi, dan FGD ini diadakan guna untuk persiapan PPL PPG prajabatan dan program Sarjana Mengajar di Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM3T) agar PPL PPG lebih terkoordinasi dan mahasiswa PPG lebih bisa mendapatkan ilmu dari pengalaman yang mereka lakukan.

Acara dimulai dengan pemaparan yang lakukan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yaitu Dr. Yohanes Harsoyo, S.Pd., M.Si. dan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yaitu Drs. Puji Purnomo, M.Si. PPL ini dilaksanakan saat mahasiswa PPG USD menempuh semester II. PPL yang merupakan praktik pembelajaran dan non pembelajaran yang ditujukan untuk mahasiswa PPG USD bertujuan untuk mendapatkan guru yang profesional. Profesional di sini dimaksudkan agar mahasiswa PPG USD menguasai 4 kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.  Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan individu yang merefleksikan kepribadian yang mantap, dewasa, stabil, berwibawa dan arif, sehingga dapat menjadi teladan bagi anak didik, dan berakhlak mulia. Kompetensi sosial yang merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul sangat penting bagi seorang pendidik. Pendidik dituntut untuk dapat berkomunikasi kepada anak didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar secara efektif. Kemudian, kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya. Keempat kompetensi ini wajib dimiliki oleh pendidik agar dapat mendidik secara profesional kepada anak-anak bangsa.

Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara guru pamong, dosen/asisten pembimbing kepada pemapar. Adapun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan prosedur dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi agar pendamping dapat mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi. Setelah tanya jawab, guru pamong, dosen/asisten pembimbing berkumpul membentuk kelompok sesuai program studi masing-masing untuk melakukan sharing dan pengarahan penilaian PPL.

(TAP & AMDA)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.196.26.1: - 6279.5 ms  |   4 user(s) online