www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Wiji: Sebuah Film Pendek Karya Sastra Indonesia USD
USD | 12 June 2018 | 15:11 WIB
  
Wiji: Sebuah Film Pendek Karya Sastra Indonesia USD :: usd.ac.id

Mahasiswa Angkatan 2015 Program Studi Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Jumat (8/6) mengadakan nonton bareng film pendek perdana karya mereka di Ruang K.19 Kampus 1 USD. Pembuatan film pendek ini merupakan tugas akhir dari mata kuliah Produksi Audio Visual oleh Kelas Ekspresi Sastra Indonesia USD. Tahun ini merupakan hasil karya film ketiga yang pernah dihasilkan dari mata kuliah tersebut. Pemutaran film perdana ini didatangi oleh segenap keluarga Sastra Indonesia dari berbagai angkatan, dosen, serta mahasiswa di luar Sastra Indonesia USD.

Sony Christian Sudarsono, S.S., M.A. selaku Wakil Ketua Program Studi Sastra Indonesia USD pada sambutannya mengatakan bahwa harapannya dari mata kuliah ini, mahasiswa Sastra Indonesia USD akan ada yang terjun langsung secara nyata di dunia industri produksi film saat bekerja nanti. Film pendek yang berjudul "Wiji" ini diproduksi di daerah Bandungan, Jawa Tengah. Praproduksi dilakukan selama kurang lebih tiga bulan yang eksekusi di lapangannya dilakukan selama tiga hari. "Ya pengalaman pertama, jadi masih sama-sama belajar semua. Halangan pasti ada tapi itu yang membuat kita bisa belajar." ucap Tomy Kurniawan, sutradara film pendek tersebut. "Wiji" ini menceritakan tentang kisah seorang nenek yang ingin melestarikan dan mempertahankan budaya lokal kepada generasi di bawahnya. Nenek tersebut diceritakan mengharapkan adanya penerus bagi budaya yang selama ini ia lestarikan. Cerita ini diambil saat mahasiswa melakukan survei ke tempat syuting mereka. Arti dari "Wiji" merupakan harapan dalam bahasa Jawa. "Sebagai dosen pengampu, saya turut bangga atas hasil kerja keras teman-teman selama satu semester ini. Selamat!" ujar Phillipus Bawono.

Setelah pemutaran film, diadakan sesi diskusi dan tanya jawab mengenai film tersebut. Tak sedikit pula yang menyampaikan kritik dan sarannya terhadap hasil film pendek tersebut. Banyak mahasiswa yang antusias dan tertarik terhadap film pendek tersebut, serta berharap ke depannya Program Studi Sastra Indonesia USD akan menghasilkan produksi film yang lebih besar. Acara ditutup dengan ramah tamah dan buka bersama seluruh tamu yang datang.

(ARR & ATP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.80.93.19: - 4468.4 ms  |   68 user(s) online