www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Festival Film Driyarkara Dalam Rangka Dies Natalis USD ke-62
USD | 06 December 2017 | 17:19 WIB
  
Festival Film Driyarkara Dalam Rangka Dies Natalis USD ke-62 :: usd.ac.id

Sabtu (02/12) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan acara Festival Film Driyarkara yang dilaksanakan di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara Kampus II USD. Terdapat 27 tim peserta yang berpartisipasi pada lomba film pendek  Festival Film Driyarkara kali ini. Peserta berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Surabaya, Jakarta, dan Aceh. Lomba pada festival ini ditujukan kepada siswa SMA dan mahasiswa yang ingin berkarya di dunia perfilman.

Gagasan realita sosial tidak hanya dapat diungkapkan lewat tulisan, kata-kata, dan gambar namun juga berupa film. Dalam rangkaian Dies Natalis USD ke-62, Festival Film Driyarkara dilaksanakan guna mengapresiasikan ide-ide, gagasan, dan buah pikiran dari generasi zaman sekarang dalam menggambarkan situasi keadaan terkini. Tema dari kegiatan ini yaitu “Keberagaman”. Tema kegiatan ini diusung guna mengangkat kembali keberagaman yang ada di sekitar kita dan mencoba untuk membuka wawasan bahwa keberagaman bukan hanya dari segi ras, suku, dan agama, melainkan juga dapat berasal dari sudut pandang, pendapat, dan pola pikir seseorang.

Acara dimulai dengan sambutan dari Stevanus Regandias selaku Ketua Panitia yang mengatakan “Setidaknya dengan tema Keberagaman ini, kita tidak hanya membuat film namun juga ada bentuk merealisasikannya di dunia nyata”. Sambutan kedua diisi oleh Dr. Anton Haryono M.Hum. selaku Wakil Ketua Dies USD ke-62. Dalam sambutannya, beliau mengutip kalimat dari Driyarkara “Manusia adalah sahabat bagi sesamanya” yang menggambarkan bahwa dalam menjalani kehidupan baik bila manusia saling menghargai satu sama lain dan hidup saling berdampingan. “Saya melihat acara ini bukan hanya untuk mengkreasi sesuatu tapi juga siap untuk berbagi sesuatu yang syarat makna.” lanjut Pak Anton dalam sambutannya.

Festival Film Driyarkara memiliki antusias yang cukup baik, di mana terdapat 14 dari 27 film pendek yang lolos seleksi untuk ditayangkan pada kegiatan ini. Proses penyeleksian film dilaksanakan selama 2 bulan. Rangkaian kegiatan pada acara ini di antaranya adalah menonton bersama film pendek dari 14 tim peserta yang lolos seleksi, kemudian dilanjutkan sharing bersama dengan para juri. Juri yang berpartisipasi dalam kegiatan ini di antaranya adalah Landung Simatupang yang merupakan aktor sekaligus sutradara film, Antonius J. Haryono selaku dosen Jogja Film Academy, serta Haryo Sentanu Nurti yang merupakan Kepala Puskat.

Dalam mengapresiasi hasil karya yang telah disuguhkan oleh ke 14 tim peserta, film pendek yang telah dibuat sudah diunggah ke situs Youtube dengan kata kunci #FFDriyarkara2 atau #KNTT. Juri bersama dengan panitia telah menentukan pemenang dari Festival Film Driyarkara yang diumumkan pada hari itu juga. Total hadiah pada acara ini ialah sebesar Rp 17.000.000 pada masing-masing kategori yang ditentukan. Penilaian pemenang film dilihat dari berbagai aspek di antaranya adalah alur cerita, tema, pesan, dan hal-hal teknis lainnya seperti pengambilan gambar, durasi, subtitle, acting pemerandan lain-lain. Pemenang lomba film pendek pada Festival Film Driyarkara kali ini ialah sebagai berikut Best Movie: Sekar Jagad dari FFTV IKJ, Di antara Dua Bekal dari SMKN 2 Depok. Pemeran Terbaik: Wildan di film Luput, produksi Archipelago Studio; Sabrina di film Ada Apa dengan Cina, produksi SMAN 11 Yogyakarta. Sutradara Terbaik: Retorika, Sekar Jagad. Naskah Terbaik: Retorika produksi Sinema Bosa, Walau Tak Bisa Bersahabat produksi Halusinema. Best Mentiondiberikan kepada FFTV IKJ “LILAKNO”.

(ID & PTK)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.167.44.32: - 2823.6 ms  |   15 user(s) online