www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Conversar Arrupe: Berbagi Kisah dan Kasih Edisi Komedi
USD | 13 October 2015 | 16:18 WIB
  
Conversar Arrupe: Berbagi Kisah dan Kasih Edisi Komedi :: usd.ac.id

Campus Ministry (CM) Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Jumat, 25 September 2015 kembali menggelar kegiatan forum berbagi kasih dan kisah Conversar Arrupe. Kegiatan yang berlangsung di Student Hall Kampus I USD ini merupakan gelaran keempat kalinya oleh Campus Ministry dan diadakan dalam rangka Dies Natalis USD ke-60.

Pada edisi keempat Conversar Arrupe ini, Panitia mengundang alumni-alumni USD, yaitu Drs. Susilo Nugroho (Alumni Pendidikan Akuntansi IKIP Sanata Dharma), Benidictus Siregar, S.Pd. (Alumni PBI USD), dan juga Wakil Rektor III USD Rm. Patrisius Mutiara Andalas, S.J., S.S., S.T.D. Pihak panitia mengatakan alasan mengundang pembicara pada kesempatan ini karena Susilo Nugroho dan Benidictus Siregar adalah alumni USD yang anti mainstream dalam artian sekarang menggeluti bidang yang berbeda dengan jaman kuliah dulu. Susilo Nugroho adalah guru Akuntansi Pemasaran di SMKN 1 Bantul, namun beliau sangat aktif dalam dunia seni khususnya teater, sedangkan Benidictus Siregar yang merupakan alumni PBI USD lebih dikenal melalui karya seni dalam ranah stand up comedy.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam, pembicara dan peserta melakukan diskusi dan tanya jawab yang kadang diselingi dengan candaan khas dari para pembicara dan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Diskusi dan tanya diawali dengan pertanyaan kepada Susilo dan Benidictus mengapa mencoba sesuatu yang berbeda dengan ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan. Kedua pembicara lantas menjawab dengan jawaban yang hampir mirip. Susilo mengungkapkan bahwa beliau mencoba untuk menggeluti teater dengan satu alasan mendasar yaitu butuh teman. “Alasannya sederhana, saya itu butuh teman. Awalnya hanya sekedar butuh teman, tapi lama kelamaan semakin nyaman untuk berkarya di bidang ini (teater).” ungkap Susilo. Hal senada juga diutarakan oleh Benidictus. “Kalau saya juga butuh, tapi butuh panggung. Pecinta seni seperti kami butuh yang namanya panggung untuk mengekspresikan karya kami.” tutup Comic Stand Up Comedy Indonesia season 4.

Conversar Arrupe dilanjutkan dengan sharing dari pembicara tentang dunia perkuliahan di era masing-masing. Susilo bercerita ketika kuliah di IKIP Sanata Dharma dulu, ada istilah “Kampus Rasa Pos Ronda”.  Ini karena di jaman beliau kuliah, jumlah mahasiswa belum sebanyak sekarang ini jadi bebas untuk ‘ngerumpi’ sesuka hati. Beliau menambahkan bahwa semua mahasiswa IKIP Sanata Dharma saling mengenal satu sama lain. Kedekatan itu tidak hanya di kalangan mahasiswa saja, namun juga di semua kalangan dalam kampus IKIP Sanata Dharma termasuk Rektor, Wakil Rektor, Dosen, dan Karyawan. Satu pertanyaan yang dilontarkan oleh Susilo adalah bagaimana dengan hubungan kemanusiaan Universitas Sanata Dharma sekarang ini dengan jumlah warga kampus yang sangat banyak? Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Benidictus dengan mengatakan bahwa hubungan kemanusiaan USD sekarang ini secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan apa yang dirasakan oleh Susilo, namun memang kekurangannya adalah jumlah warga USD yang semakin banyak membuat hubungan kemanusiaan itu tidak seperti dulu.

Di akhir sesi sharing, Wakil Rektor III USD Rm. Patrisius Mutiara Andalas, S.J., S.S., S.T.D. menambahkan bahwa USD saat ini memang mengalami banyak kemajuan dan peningkatan baik itu dari segi jumlah mahasiswa, dosen, maupun peningkatan dari segi prestasi. Namun Rm Andalas mengungkapkan bahwa USD sampai sekarang masih terus mempertahankan kualitas dari hubungan kemanusiaan antar warga kampus USD. (DML)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  52.91.245.237: - 87.4 ms  |   11 user(s) online