(0274) 513301, 515352 Ext. 51552 (VoIP) ppip@usd.ac.id

Narasumber: Drs. Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D

Pada: 22 Oktober 2022

Studio Pembelajaran PPIP kembali memfasilitasi lokakarya dengan para guru dari Yayasan Tarakanita. Lokakarya terkait dengan drilling soal HOTS merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mendiskusikan persoalan terkait dengan akademik. Kegiatan Lokakarya dilakukan secara berkala sesuai dengan tanggal akademik yang telah direncanakan di Universitas Sanata Dharma. Seperti yang dilakukan oleh bapak Drs. Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh 300 guru dari Yayasan Tarakanita.

Materi yang dibawakan memiliki kaitan yang kuat dengan nilai-nilai dari proses pembelajaran. Salah satu tujuan diadakannya lokakarya ini adalah sebagai media pembantu partisipan untuk konsisten menjadi pendidik yang aktif serta melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan mampu merefleksikannya dalam upaya meningkatkan kompetensi dan keterampilan

Melalui presentasinya, Bpk. Drs. Eka Priyatma, M.Sc., menyampaikan bahwa kompetensi yang harus dikuasai untuk berpikir secara merdeka (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity). Kompetensi tersebut relevan dengan kebutuhan mahasiswa dalam menyelesaikan kewajibannya yang memerlukan keterampilan dalam berpikir kritis, berkomunikasi secara lugas, berkolaborasi, dan kreatif dalam belajar.

Dengan lokakarya ini, diharapkan para guru dapat menguasai keterampilan dalam mengelola kelas sekaligus mampu membantu peserta didik untuk mengimplementasikan nilai-nilai dalam belajar.