USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

MANCOM 2019 BUSINESS PLAN COMPETITION


 

 

TERM OF REFERENCES

MANAGEMENT COMPETITION IN TOURISM 2019
SANATA DHARMA UNIVERSITY

 

Nama dan Bentuk Kegiatan
Nama kegiatan            : Management Competition in Tourism
Bentuk kegiatan          : Kompetisi ilmu Manajemen se-Indonesia.
Latar Belakang
Dunia kerja dalam persaingan global ini menjadi semakin ketat disertai pertambahan jumlah penduduk menyebabkan kebutuhan pendidikan semakin penting yang sangat membutuhkan individu yang mampu berkarya seiring dengan berkembangnya dunia bisnis saat ini agar mampu bersaing dan terus maju. Salah satu persiapannya adalah dengan mempersiapkan kinerja dari masing-masing sumber daya manusia. Perusahaan-perusahaan besar yang menjanjikan masa depan bagi para karyawannya juga memiliki kriteria yang tinggi setiap diadakannya seleksi, sementara dilain sisi para karyawan banyak yang ingin masuk perusahaan tersebut tetapi tidak lolos dalam seleksi  Ditambah lagi dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah memasuki Indonesia akan membuat persaingan di dunia kerja semakin keras lagi.
Rakyat Indonesia yang berjumlah 265.000.000 juta jiwa terbentang luas dari sabang sampai merauke dan memiliki bidang pekerjaannya masing - masing. Namun menurut Badan Pusat Statistik (BPS) bulan Agustus 2018, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,34 persen. Seorang yang menganggur biasanya berusia produktif, ada yang telah berkelurga dan tidak, melainkan ada pula yang baru lulus dalam masa belajar. Tidak terpenuhinya kriteria dan kesiapan calon tenaga kerja dalam menghadapi persaingan yang ada merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini  dan hal – hal yang telah dipelajari di kelas belum cukup untuk mempersiapkan para calon tenaga kerja untuk bersaing dalam pencarian tenaga kerja. Dibutuhkan banyak kesempatan untuk menerapkan apa yang telah dipelajari di kelas ke dunia nyata. Salah satunya adalah dengan banyak mengikuti kompetisi – kompetisi akademik yang ada.
Berangkat dari hal tersebut, kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) ingin mengadakan suatu kegiatan yang memberikan kesempatan pada para calon tenaga kerja untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di kelas, kegiatan tersebut bernama ”Management Competition in Tourism” dengan topik pariwisata. Management Competition in Tourism adalah sebuah kompetisi mengenai ilmu-ilmu manajemen yang mengajak mahasiswa se – Indonesia untuk mengobservasi bagian-bagian yang menjadi potensi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang belum tersentuh dan dikembangkan. Dalam kegiatan ini kami mengusung tema “Conserving The Heritage For Sustainable Geotourism”.  Kami  mengangkat tema tersebut karena kami ingin melestarikan peninggalan bersejarah untuk wisata geologi berkelanjutan dan membantu mahasiswa/i se – Indonesia untuk menuangkan kreativitas mereka dalam menerapkan ilmu – ilmu yang telah mereka pelajari di kelas di dalam Management Competition in Tourismagar mahasiswa/i yang merupakan calon tenaga kerja muda akan lebih siap lagi dalam menghadapi persaingan yang ada karena sudah pernah menerapkan ilmu – ilmu yang mereka pelajari di kelas sebelumnya.
 
Susunan Kegiatan
Tahap Seleksi
Tanggal           :  26 April 2019 – 9 Mei 2019
Keterangan      :  Pada tahap ini peserta akan diberikan suatu case yang terjadi dalam dunia pariwisata. Peserta akan menyelesaikan case tersebut dan dikumpulkan dalam bentuk makalah. Makalah tersebut dikirim kepada panitia untuk diseleksi oleh juri. 10 tim yang lolos akan melanjutkan kompetisi  ke tahap selanjutnya di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
 
Technical Meeting
Hari                 : Jumat
Tanggal           : 24 Mei 2019
Tempat            : Ruang LPPM, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
                          Mrican Tromolpos 29 Yogyakarta 55022
  Telp (0274) 513301 Fax. (0274) 562383 Homepage : www.usd.ac.id
Keterangan      : 10  tim yang lolos dari tahap seleksi akan melanjutkan kompetisi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Setiap tim akan diberi informasi mengenai rangkaian kegiatan, aturan penilaian dan tata tertib acara selama menjalankan kompetisi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
 
Field Trip
Hari                 :  Jumat
Tanggal           :  24 Mei 2019
Keterangan      : Pada tahap ini, peserta yang lolos akan  melaksanan kegiatan Field Trip.
Peserta akan melakukan perjalanan untuk mengunjungi lokasi yang telah ditentukan oleh panitia. Pada lokasi tersebut peserta akan mencari informasi yang dapat digunakan sebagai referensi untuk kompetisi final.
 
Presentasi, Debat, dan Tanya Jawab
Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 25 Mei 2019
Tempat            : Ruang LPPM, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
                          Mrican Tromolpos 29 Yogyakarta 55022
 Telp (0274) 513301 Fax. (0274) 562383 Homepage : www.usd.ac.id
Keterangan      : Peserta yang masuk dalam tahap ini adalah 10 (sepuluh) tim finalis yang telah mengikuti Field Trip. Setiap peserta akan mempresentasikan hasil observasi yang telah mereka buat di hadapan para juri. Setelah presentasi akan ada sesi debat dengan membagi 10 finalis menjadi 5 sesi debat.
Sasaran Peserta
Sasaran peserta kami adalah mahasiswa/i se-Indonesia, diperkenankan untuk lintas program studi/fakultas dalam 1 universitas. Satu  tim terdiri dari 3 orang peserta. Target peserta 40  tim dan akan diseleksi lagi untuk menyisihkan 10 tim yang bisa lolos ke babak final.
 
 Jadwal  Kompetisi
Pendaftaran + Pembayaran Pendaftaran 1                  : 13 Februari - 25 April  2019
Pembagian  Kasus                                                       : 26 April 2019
Pengumpulan Pre Case                                                :  3 April 2019
Penilaian Pre Case                                                       : 4 April - 9 Mei 2019
Pengumuman Finalis                                                   : 10 Mei 2019
Konfirmasi Kedatangan dan Pendaftaran 2               : 11 Mei – 20 Mei 2019
Jadwal Kedatangan, Technical Meeting,Field Trip   : 24 Mei 2019
Babak Final                                                                 : 25 Mei 2019
Closing Ceremony dan Pengumuman Pemenang       : 25 Mei 2019
 
TOTAL HADIAH
Juara 1             : Trophy+ Rp6.000.000,00
Juara 2             : Trophy+ Rp4.000.000,00
Juara 3             : Trophy+ Rp3.000.000,00
Harapan 1        : Plakat Fakultas Ekonomi + Rp1.000.000
Harapan 2        : Plakat Prodi Manajemen + Rp1.000.000
 
RUNDOWN ACARA
SUSUNAN ACARA FINAL MANAGEMENT COMPETITION IN TOURISM
(TechnicalMeeting, Opening Ceremony, Field Trip)

 

 
 
Jumat, 24 Mei 2019
Opening Ceremony dan Field Trip

Waktu

Durasi

Kegiatan

Keterangan

07.30-08.00

30’

Persiapan Acara

Persiapan acara dilakukan oleh semua panitia

Semua panitia siap di ruangan untuk mempersiapkan acara maksimal pukul 07.30

08.00

Peserta siap di kampus 1 Universitas Sanata Dharma

Keterlambatan peserta maksimal 15 menit

08.00-08.15

15’

Registrasi

Setiap finalis melakukan registrasi di depan ruangan

Divisi pendaftaran siap di depan ruangan mulai pukul 07.55

08.15-08.20

5’

Persiapan acara di dalam ruangan

Peserta masuk ke ruangan dan MC mempersiapkan diri untuk sambutan

OPENING CEREMONY
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  • Pemukulan Gong oleh Kaprodi

 

08.20-08.25

5’

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

 

08.25-08.30

5’

Sambutan MC

MC menyambut peserta

08.30-08.35

5’

Doa pembuka

Doa dipimpin oleh salah satu panitia

08.35-08.40

5’

Sambutan oleh ketua Kaprodi Manajemen

(Kaprodi Manajemen)

08.40-08.45

5’

Sambutan oleh ketua HMJM

(Ketua HMJM)

08.45-08.55

10’

Perkenalan finalis

Perwakilan dari setiap peserta memperkenalkan diri

08.55-08.10

15’

Technical Meeting

Penjelasan mengenai rangkaian acara, tata tertib peserta, dan peraturan

MC menyampaikan penjelasan mengenai Technical Meeting

08.10-08.20

10’

Pembagian snack

Peserta makan snack sebelum berangkat

Konsumsi mempersiapkan

  • Snack harus siap maksimal pukul 07.45

08.20-08.30

10’

Persiapan perjalanan

Peserta dan panitia mempersiapkan diri untuk perjalanan

Perkap mempersiapkan
  • Barang peserta yang tidak dibawa dititipkan di ruang transit panitia
  • Bus harus siap di tempat maksimal pukul 08.00
 

08.30-10.30

120’

Perjalanan

 

Yang diutamakan naik bus adalah peserta, 1 keamanan, 2 orang P3K, CO LO. Tim field trip berangkat terlebih dahulu dengan kendaraan pribadi

10.30-10.45

15’

Persiapan di pendopo field trip

Peserta transit di pendopo

Peserta beristirahat sejenak sembari tim field trip berkoordinasi untuk persiapan acara

10.45-11.45

60’

Field Trip

Peserta mengikuti kegiatan field trip

Peserta mengikuti kegiatan field trip dibawah pengawasan  LO

11.45-12.45

60’

ISHOMA

Peserta melaksanakan sholat jumat di mushola tempat wisata atau masjid terdekat, setelah itu makan di pendopo

Konsumsi untuk makan siang dibawa bersama bus peserta / mobil pribadi panitia

12.45-13.15

30’

Tanya jawab dengan pemateri

 

Pemateri dari juru kunci

13.15-13.45

30’

Sesi bebas

Peserta abebas berkeliling tempat wisata dibawah pengawasan panitia dan LO

LO tetap mengawasi peserta selama berada di lokasi

13.45-14.00

15’

Persiapan pulang

Peserta dan panitia persiapan pulang menuju Yogyakarta

Bus harus sudah siap pukul 13.50

14.00-16.00

120’

Perjalanan

Destinasi kunjungan ke pusat oleh-oleh

Bakpia Pathok 25

16.00-17.00

60’

Kunjungan di pusat oleh-oleh

 

Peserta berkeliling tempat oleh-oleh dibawah pengawasan LO

17.00-17.30

30’

Perjalanan

Bus pulang menuju Universitas Sanata Dharma

 

17.30

Peserta tiba di kampus 1 Universitas Sanata Dharma

17.30

 

Penutupan acara hari pertama

Peserta mengambil barang yang dititipkan di ruang transit dan diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh salah datu panitia

 

17.45

Peserta meninggalkan kampus 1 Universitas Sanata Dharma menuju ke penginapan

 
Sabtu, 25 Mei 2019
Final dan Closing Ceremony

Waktu

Durasi

Kegiatan

Keterangan

07.30-08.00

30’

Persiapan Acara

Persiapan acara dilakukan oleh semua panitia

Semua panitia sudah siap di ruangan untuk mempersiapkan acara maksimal pukul 07.30

08.00

Peserta siap di kampus 1 Universitas Sanata Dharma

Keterlambatan peserta maksimal 15 menit

08.00-08.15

15’

Registrasi

Setiap finalis melakukan registrasi di depan ruangan

Divisi pendaftaran sudah siap di depan ruangan mulai pukul 07.55 ; peserta yang terlambat harus dicatat oleh pendaftaran dan mendapat nomor undi terakhir

08.15-08.25

10’

Persiapan acara di dalam ruangan

Peserta masuk ke ruangan dan MC memberikan sambutan

 

08.25-08.30

5’

Doa Pembuka

Salah satu panitia memimpin doa pembuka

 

08.30-08.40

10’

Perkenalan juri

Setiap juri memperkenalkan diri kepada peserta

MC mempersilahkan juri masuk ke ruangan dan memperkenalkan diri

08.40-08.45

5’

Persiapan lomba

Peserta menuju ruang transit

Peserta nomor undi pertama tinggal di ruangan untuk langsung menyiapkan diri untuk presentasi

08.45-09.20

35’

Presentasi nomor undi 1

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

09.20-09.25

5’

Persiapan presentasi nomor undi 2

Peserta diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempersiapkan presentasi di dalam ruangan

 

09.25-10.00

35’

Presentasi nomor undi 2

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

10.00-10.05

5’

Persiapan presentasi nomor undi 3

Peserta diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempersiapkan presentasi di dalam ruangan

 

10.05-10.40

35’

Presentasi nomor undi 3

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

10.40-10.45

5’

Persiapan nomor undi 4

Peserta diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempersiapkan presentasi di dalam ruangan

 

10.45-11.20

35’

Presentasi nomor undi 4

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

11.20-11.25

5’

Persiapan nomor undi 5

Peserta diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempersiapkan presentasi di dalam ruangan

 

11.25-11.50

35’

Presentasi nomor undi 5

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

11.50-12.50

60’

ISOMA

Peserta makan siang di ruang transit

Makanan harus siap pukul 11.30

12.45-12.50

5’

Persiapan presentasi

Peserta nomor undi 6 mempersiapkan diri di ruangan presentasi

 

12.50-13.25

35’

Presentasi nomor undi 6

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

13.25-13.30

5’

Persiapan nomor undi 7

Peserta diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempersiapkan presentasi di dalam ruangan

 

13.30-14.05

35’

Presentasi nomor undi 7

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

14.05-14.40

5’

Persiapan nomor undi 8

Peserta diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempersiapkan presentasi di dalam ruangan

 

14.40-14.45

35’

Presentasi nomor  undi 8

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

14.45-15.20

5’

Persiapan nomor undi 9

Peserta diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempersiapkan presentasi di dalam ruangan

 

15.20-15.25

35’

Presentasi nomor undi 9

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

15.25-16.00

5’

Persiapan nomor undi 10

Peserta diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempersiapkan presentasi di dalam ruangan

 

16.00-16.35

35’

Presentasi nomor undi 10

  • 15 menit Presentasi
  • 6 menit pertanyaan dari juri *
  • 5 menit pesrta menjawab
  • 6 menit pertanyaan kedua dari juri
  • 3 menit peserta menjawab

*Masing-masing juri diberi waktu bertanya 2 menit, jumlah  juri 3 orang, total waktu 6 menit

16.35

Peserta meninggalkan kampus 1 Universitas Sanata Dharma

18.00

Peserta tiba di beringin Soekarno

18.00-18.15

15’

Breakout

Band breakout menyambut peserta yang masuk ke beringin Soekarno

 

18.15-18.20

5’

Sambutan MC

 

 

18.20-18.25

5’

Doa Pembuka dan Doa Makan

 

 

18.25-18.55

35’

Break Out

Band Breakout mengisi music akustik selama 30 menit sembari peserta makan malam

 

18.25-19.25

60’

Makan Malam

 

 

19.25-19.30

5’

MC

 

 

19.30-19.40

10’

Pemutaran Video

 

Video dokumentasi dari PDD

19.40-20.00

20’

Kesan Pesan Peserta

MC menunjuk beberapa peserta untuk naik ke atas panggung dan menyampaikan kesan pesan

 

20.00-20.05

5’

MC

 

 

20.05-20.25

20’

Games & pembagian souvenir

Games dan souvenir diberikan oleh MC

 

20.25-20.30

5’

MC

 

 

20.30-20.45

15’

Pengumuman Pemenang

Pengumuman pemenang dibacakan oleh MC, pembagian hadiah oleh Kaprodi (juara 1,2,3) dan ketua HMJM / ketua Panitia (juara 4 & 5)

 

20.45-20.55

5’

Ucapan Selamat dari Kaprodi

Kaprodi memberi ucapan selamat kepada selurh peserta

 

20.55-21.00

5’

Ucapan selamat dari ketua HMJM / Ketua panitia

Ketua HMJM / Ketua panitia memberi ucapan selamat kepada seluruh peserta

 

21.00-22.00

60’

Sayonara & Om tombo gelo

 

 

22.00

Peserta meninggalkan Universitas Sanata Dharma

 
KETENTUAN BIAYA
  • Biaya pendaftaran seleksi       : Rp 200.000,00/tim
  • Biaya pendaftaran final          : Rp 700.000,00/tim
 
Biaya dibayarkan melalui transfer ke rekening a.n. Dayana Sis Putra:
BANK BRI 0987 – 01 021720 53 6
Bagi peserta yang telah melakukan pembayaran harap mengkonfirmasi kepada panitia a.n. Dayana Sis Putra 082323746772, dengan format:
 
MCOMiT_KONFIRMASI PENDAFTARAN_NOMINAL_NAMA TIM_ASAL UNIVERSITAS
Contoh: MCOMiT_KONFIRMASI PENDAFTARAN_Rp 200.000,00_TIM DIAMOND _UNIVERSITAS SANATA DHARMA
 
PENDAFTARAN MANAGEMENT COMPETITION IN TOURISM
  1. Formulir beserta contohnya dapat di download di blog Management Competition in Tourism  https://mancom2019usd.blogspot.com/
  2. Formulir pendaftaran dikirim ke email mancomusdyk@gmail.com dari tanggal  13 Februari – 25 April  2019, paling lambat jam 23.59 WIB.
  3. Bagi tim yang lolos babak seleksi dan masuk 10 besar, diwajibkan membawa hardcopy formulir pendaftaran ke Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
 
KETENTUAN BABAK SELEKSI MANAGEMENT COMPETITION in TOURISM
  1. Babak seleksi Management Competition in Tourism diikuti oleh peserta yang telah mendaftar dan telah memenuhi ketentuan yang diberikan oleh panitia.
  2. Peserta akan diberikan case Management Competition in Tourismjika panitia telah menyatakan ketentuan peserta telah terpenuhi termasuk biaya pendaftaran Rp 200.000,00.
  3. BANK BRI

    0987 – 01 021720 53 6  

     
    Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke nomor rekening a.n. Dayana Sis Putra:
 
 
 
  1. Pembayaran biaya pendaftaran diterima dari tanggal  13 Februari – 25 April 2019, paling lambat jam 23.59 WIB.
  2. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran dimohon untuk melakukan konfirmasi ke nomor : 082323746772 a.n. Dayana Sis Putra sesuai dengan format yang ditentukan.
  3. Peserta yang tidak memenuhi ketentuan administrasi akan mendapatkan sanksi diskualifikasi.
  4. Apabila peserta melakukan tindakan pembatalan setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, maka uang yang telah dikirimkan tidak dapat diminta kembali.
 
MEKANISME BABAK SELEKSI MANAGEMENT COMPETITION in    TOURISM
  1. Peserta yang telah mendaftar Management Competition in Tourism dan telah memenuhi ketentuan administrasi akan diberikan case oleh panitia kepada email masing-masing ketua tim.
  2. Jawaban dari case yang diberikan tertulis dalam bentuk Ms. Word maksimal 2010, font Times New Roman 12, spasi 1,5 dan justify.
  3. Lembar ketikan peserta tidak dibatasi.
  4. Peserta dilarang menggunakan kata-kata yang berbau SARA dan melampirkan brand tertentu untuk menghindari disorisinalitas.
  5. Peserta mengumpulkan jawaban case terakhir pada tanggal 3 Mei 2019 pada pukul 23.59 WIB ke email mancomusdyk@gmail.com .  Jawaban case disertai dengan berkas administrasi peserta.
Peserta diharapkan konfirmasi kepada panitia jika telah mengirimkan jawaban case ke nomor: 082323746772 a.n. Dayana Sis Putra,
Format konfirmasi:
MCOMiT_KONFIRMASI PENGIRIMAN_NAMA TIM_ASAL UNIVERSITAS
Contoh: MCOMiT_KONFIRMASI PENGIRIMAN_ TIM DIAMOND_UNIVERSITAS SANATA DHARMA
  1. Peserta yang terlambat mengumpulkan jawaban case akan dikenakan sanksi berupa pengurangan poin sebanyak 10 poin.
  2. Peserta akan mendapatkan hasil seleksi pada tanggal 10 Mei 2019 di https://mancom2019usd.blogspot.com/ 
 
KETENTUAN BABAK FINAL MANAGEMENT COMPETITION in TOURISM
  1. Babak Final Management Competition in Tourism diikuti oleh peserta yang dinyatakan lolos pada babak seleksi dan WAJIB datang ke Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  2. Peserta yang dinyatakan lolos dari babak seleksi, WAJIB untuk konfirmasi, batas waktu yang diberikan tanggal 16 Mei 2019 pukul 23.59 WIB. Apabila peserta tidak melakukan konfirmasi, maka posisinya dianggap gugur dan akan digantikan oleh pesertalainn sesuai dengan rangking peserta
  3. Biaya yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp700.000,- per Tim sebagai akomodasi mengikuti babak final di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  4. BANK BRI

    0987 – 01 021720 53 6  

     
    Peserta dapat melakukan pembayaran melalui transfer ke nomor rekening a.n. Dayana Sis Putra:
 
 
  1. Pembayaran diterima paling lambat tanggal 20 Mei 2019 pukul 23.59 WIB. Apabila peserta tidak melakukan pembayaran sampai pada batas waktu yang ditentukan, akan dikenakan sanksi diskualifikasi.
  2. Setelah melakukan pembayaran, dimohon untuk melakukan konfirmasi ke nomor: 082323746772 a.n. Dayana Sis Putra.
  3. Apabila peserta melakukan tindakan pembatalan setelah melakukan pembayaran, maka uang yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.
  4. Peserta WAJIB memberikan konfirmasi waktu kedatangan dan waktu kepergian dari kota asal ke Yogyakarta dan sebaliknya paling lambat 23 Mei 2019 pukul 23.59 WIB.
  5. Peserta WAJIB mengikuti seluruh rangkaian acara Management Competition in Tourism seperti yang telah tertera pada agenda dari awal hingga akhir acara.
  6. Anggota dari setiap tim yang mengikuti Management Competition in Tourism wajib lengkap yang terdiri dari 3 orang. Jika tidak lengkap maka akan dikenakan pengurangan nilai sebesar 15 poin.
  7. Seluruh aktivitas peserta Management Competition in Tourism selama di Yogyakarta merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari panitia.
 
KETENTUAN PRESENTASI MANAGEMENT COMPETITION in TOURISM
  1. Alat presentasi yang digunakan adalah Ms.Office Power Point maksimal 2016.
  2. Slide presentasi tidak dibatasi.
  3. Presentasi hasil observasi merupakan karya sendiri dan bukan hasil karya orang lain.
  4. Peserta bebas melampirkan alat bantu presentasi seperti tayangan video, gambar, dan sebagainya yang kontennya sesuai dengan isi presentasi.
  5. Peserta bebas melakukan font penulisan saat presentasi.
  6. Peserta dilarang memakai kata-kata yang berbau SARA.
  7. Peserta mengumpulkan soft file “final presentaion on tool” terakhir pada tanggal 3 Mei 2019 pada pukul 23.59 WIB melalui email : mancomusd@gmail.com
  8. Peserta yang terlambat mengumpulkan “final presentation on tool” akan dikenakan sanksi berupa pengurangan poin sebesar 15 poin. Soft file yang telah dikirimkan akan ditampilkan pada babak final.
  9. Segera lakukan konfirmasi kepada panitia setelah mengirimkan soft file presentasi.
  10. Soft file dikirim ke alamat email : mancomusd@gmail.com
dengan subject MCOMiT_SUBMIT FINAL_NAMA TIM_ASAL UNIVERSITAS
Contoh : MCOMiT_SUBMIT FINAL_TIM DIAMOND_UNIVERSITAS SANATA DHARMA
MEKANISME BABAK FINAL MANAGEMENT COMPETITION in    TOURISM
 
  1. Babak final akan berlangsung di Ruang LPPM Universitas Sanata Dharma pada tanggal 25 Mei 2019, pukul 08.00 WIB.
  2. Peserta akan maju berdasarkan urutan undian yang diambil pada Babak final.
  3. Pada sesi ini, peserta mempresentasikan hasil analisa field trip, dilanjutkan dengan pertanyaan dari juri. Setelah peserta menjawab, juri memberikan sanggahan/tanggapan dan diakhiri dengan closing statement dari peserta. Penilaian babak final tidak ada hubungannya dengan babak seleksi.
  4. Presentasi menggunakan laptop panitia.
  5. Power Point yang ditampilkan pada babak final berupa softcopy yang sudah dikirimkan sebelumnya kepada pihak panitia.
  6. Setiap peserta diberi waktu 15 menit untuk mempresentasikan hasil observasi, kemudian juri memberi pertanyaan seputar hasil presentasi peserta selama 3 menit. Peserta diberi waktu 1 menit untuk berunding dan 3 menit untuk menjawab pertanyaan. Pada sesi akhir, juri memberikan sanggahan atau pertanyaan lanjutan selama 2 menit dan ditutup dengan closing statement dari tiap peserta selama 2 menit.
  7. Peserta diperbolehkan menggunakan alat bantu presentasi berupa pointer.
  8. Semua peserta wajib mentaati ketentuan yang ada.
 
DRESSCODE
  1. Technical Meeting + Field Trip           : Bebas rapi, almamater Universitas masing-masing.
  2. Babak Final                                          : Kemeja berkerah, almamater universitas
  3. Closing Ceremony                                : Bebas sopan (cowok : kemeja; cewek: dress atau
 kemeja & rok)

 


 


 

  kembali