www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
 :: Liputan Khusus
Selamat Datang Mahasiswa Baru 2018
                         Selamat Datang Mahasiswa Baru 2018 :: usd.ac.id
~~~


Inisiasi Sanata Dharma 2018

Memasuki bulan Agustus, Universitas Sanata Dharma (USD) akan menggelar kegiatan Insiasi Sanata Dharma (INSADHA) 2018 dalam rangka menyambut mahasiswa baru USD. INSADHA 2018 akan diselenggarakan di Kampus I dan II USD, dibagi ke dalam tiga gelombang. Gelombang pertama akan diadakan pada tanggal 2-3 Agustus 2018, kemudian dilanjutkan gelombang kedua pada tanggal 6-7 Agustus 2018, dan gelombang ketiga 9-10 Agustus 2018. Tercatat 1.000 mahasiswa baru yang akan mengikuti INSADHA gelombang pertama, 900 mahasiswa baru yang akan mengikuti INSADHA gelombang kedua, dan hingga saat ini (Rabu 1 Agustus 2018 pukul 09.00) tercatat 413 mahasiswa baru yang akan mengikuti INSADHA gelombang ketiga. Pendaftaran peserta INSADHA 2018 gelombang ketiga hingga saat ini masih dibuka.

Tema INSADHA yang diusung tahun ini adalah “Gembira Menggali Potensi, Bersinergi Menggapai Mimpi”. Melalui INSADHA 2018 ini, mahasiswa baru diajak untuk lebih percaya diri, bangga akan diri sendiri, antusias dalam menemukan potensi yang ada dalam diri mereka, serta mampu bersinergi untuk menggapai mimpi bersama.

INSADHA hari pertama dan kedua dari masing-masing gelombang diadakan di Auditorium Driyarkara USD. Mahasiswa baru akan dikenalkan dengan USD dan diajak untuk berdinamika bersama. USD juga mendatangkan beberapa pembicara eksternal berprestasi di bidangnya yang dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa baru USD dalam menggali potensi diri dan bersinergi. Adapun pembicara yang didatangkan antara lain; Andri Rizki Putra yang merupakan seorang aktivis Lembaga Swadaya Manusia yang bergerak di bidang pendidikan untuk membantu anak-anak yang putus sekolah. Beliau juga merupakan penerima penghargaan Kick Andy Young Heroes 2015. Pembicara yang kedua adalah Andreas Pasolympia adalah seorang hipnoterapis, inspirator dan konsultan komunikasi, serta merupakan seorang aktivis dalam gerakan kepemudaan Indonesia dan pengembangan diri.

Kemudian pembicara ketiga yaitu Saur Marlina Manurung (Butet Manurung) yang banyak mendapat penghargaan dalam bidang kepemimpinan di antaranya penghargaan Man and Biosfer Award 2001 dari UNESCO dan Young Global Leader Honorees 2009. Pembicara keempat yang didatangkan USD adalah perwakilan dari Komunitas Book for Mountain. Komunitas ini membantu anak-anak yang tinggal di tempat terpelosok dalam bidang pendidikan demi memperjuangkan pemerataan pendidikan di Indonesia. Pembicara yang kelima adalah Heni Sri Sundani seorang lulusan cumlaude Saint Mary’s University Hongkong, social entrepreneur, dan pendiri Gerakan Anak Petani Cerdas. Pembicara keenam adalah perwakilan dari Komunitas Sekolah Gajah Wong yang mendirikan sekolah usia dini bagi anak-anak pemulung.

Kegiatan INSADHA 2018 kemudian akan dilanjutkan dengan Ekspo dan Eksplorasi Pertama pada tanggal 16 Agustus 2018 dan Eksplorasi Kedua pada tanggal 18 Agustus 2018. Di mana pada kedua hari ini, mahasiswa baru dari ketiga gelombang dipertemukan dan akan diajak berkeliling kampus I dan II USD. Para mahasiswa baru juga akan dikenalkan dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Komunitas yang ada di USD. Melalui pengenalan UKM dan Komunitas ini, mahasiswa baru dibantu untuk bersinergi dalam menggali potensi diri. Para mahasiswa baru juga diberi kesempatan untuk berdiskusi dan latihan dengan masing-masing kelompok sebagai momen peneguhan dalam menggali potensi dan eksplorasi diri, dalam rangka mempersiapkan acara yang akan ditampilkan di Malam Inagurasi pada tanggal 18 Agustus 2018. Malam Inagurasi merupakan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk menampilkan potensi yang dimiliki dan menunjukkan kesinergisan satu dengan yang lainnya yang telah dipupuk selama INSADHA.

Yola Mareta Katarina Candra, mahasiswa baru Program Studi Sastra Indonesia USD yang akan mengikuti INSADHA gelombang pertama ini mengungkapkan bahwa ia sangat bersemangat akan menjalani serangkaian kegiatan yang ada di USD salah satunya adalah INSADHA. Perlengkapan yang diperlukan selama INSADHA dan tugas yang perlu dikumpulkan sudah selesai ia persiapkan. Ia mengaku sangat senang dan bangga dapat diterima di USD. Namun ia merasa gugup karena akan menghadapi hari pertamanya sebagai mahasiswa. Begitu pula dengan Franciskus Saverius Jesua Deo Amorrista yang merupakan mahasiswa baru Program Studi Teknik Elektro USD, ia merasa sangat senang dan antusias untuk mengikuti INSADHA. Ia tidak sabar untuk berkenalan dengan orang-orang baru dan membangun relasi dengan mereka. Ia berharap melalui INSADHA ini, ia dapat menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan mampu menggali potensinya dalam rangka mencapai cita-citanya yaitu menjadi pelayan bagi sesama.

Selamat datang mahasiswa baru USD. Selamat berproses dalam menggali potensi diri dan bersinergi. Kalian adalah Generasi Cerdas dan Humanis.

(J & PI)

~~~

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.90.109.231: - 174.5 ms  |   129 user(s) online