www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
 :: Liputan Khusus
Dayak Nite17
           Dayak Nite17  :: usd.ac.id
~~~


DAYAK NITE 2017

“PERERAT INTEGRASI BANGSA, MERANGKUL TRADISI LELUHUR”

 

Dayak Nite telah dilakukan sebanyak 7 kali semenjak tahun 2010 saat komunitas berdiri pertama kalinya. Saat itu, pagelaran dilakukan diwaktu merapi memuntahkan kabut. Kejadian ini tidak menyurutkan semangat komunitas untuk menunjukkan semangat perjuangan mempertahankan tradisi maupun budaya di pulau Jawa.

Sesuai dengan tema Dies tahun ini “Tantangan Peradaban dan Peran Universitas” kegiatan Dayak Nite 2017 ingin menjawab tantangan peradaban tersebut dengan suatu pagelaran seni. Untuk kesekian kalinya Dayak Nite diselenggarakan tahun ini dengan mengambil salah satu tema Kebhinekaan.  Adapun tema khusus yang diangkat ialah  “Pererat  Integrasi Bangsa, Merangkul Tradisi Leluhur”. Tema ini bertujuan menggerakkan generasi muda baik yang berasal dari Kalimantan maupun dari Jawa atau  wilayah  lain eksis dalam mengembangkan budaya leluhur seperti budaya dayak tanpa melupakan identitasnya sebagai bangsa Indonesia dan menghilangkan segala bentuk disintegrasi yang ada. Maka pada akhirnya setiap generasi   memiliki semangat juang untuk membangun  rasa persatuan dan  keadilan  serta berkarakter seperti tokoh-tokoh nasional yang menjunjung tinggi  seni dan tradisi.

Komunitas Pakat Dayak dan Universitas Sanata Dharma telah menjadi satu wadah untuk menampung aspirasi masyarakat yang ada di perantuan untuk ikut berjuang dalam menggapai cita-cita meneruskan tradisi leluhur dan membawa USD kepada sebuah peradaban yang cerdas dan humanis. Untuk itu, tidaklah heran meskipun Komunitas Pakat Dayak berdiri atas dasar rasa kebersamaan suku dayak di tanah Jawa, namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa asal Jawa atau seluruh Nusantara ikut bergabung didalamnya. Karena dalam adat Suku Dayak terdapat keunikan dimana masyarakatnya selalu berkumpul untuk suatu tujuan demi kesejahteraan dan kebersamaan.

Dengan demikian perlu dukugan dari semua piha agar komunitas ini tetap lestari dan sebagai upaya akan pelestarian tradisi leluhur diperlukan kerjasama dalam menjawab tantangan peradaban. Adapun sendra tari yang akan ditampilkan ialah tari kolosal “Tari Burung” . Tarian ini dipilih karena habitat burung seperti burung Ruai dan Burung Enggang sudah mulai punah maka dari itu perlu jawaban untuk menemukan solusi atas permasalahan lokal ini, sehingga keindahan dan kelestarian alam Kalimantan tetap dapat dinikmati bersama tanpa merusak habitat dan kebudayaan leluhur kita.

~~~

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.224.102.26: - 2390.6 ms  |   22 user(s) online