www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
 :: Liputan Khusus
Management Competition In Tourism 2017
             Management Competition In Tourism 2017 :: usd.ac.id
~~~


TERM OF REFERENCES

MANAGEMENT COMPETITION IN TOURISM 2017
SANATA DHARMA UNIVERSITY

 

Nama dan Bentuk Kegiatan

Nama kegiatan: Management Competition in Tourism

Bentuk kegiatan: Kompetisi ilmu Manajemense-Indonesia.

Latar Belakang

Zaman yang semakin berkembang membuat persaingan di dunia kerja juga semakin ketat, perusahaan-perusahaan besar yang menjanjikan masa depan para karyawannya juga memiliki kriteria yang tinggi setiap diadakannya seleksi, sementara dilain sisi para karyawan banyak yang ingin masuk perusahaan tersebut tetapi tidak lolos dalam seleksi. Ditambah lagi dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah memasuki Indonesia akan membuat persaingan di dunia kerja semakin keras lagi. Bangsa Indonesia yang memiliki kurang lebih 250.000.000 jiwa dan sekitar 7.700.000 jiwa adalah pengangguran.Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini adalah karena kurangnya kesiapan calon tenaga kerja dalam menghadapi persaingan yang ada, terkadang hal-hal yang telah dipelajari di kelas belum cukup untuk mempersiapkan para calon tenaga kerja untuk bersaing dalam pencarian tenaga kerja. Dibutuhkan banyak kesempatan untuk menerapkan apa yang telah dipelajari di kelas ke dunia nyata. Salah satunya adalah dengan banyak mengikuti kompetisi-kompetisi akademik yang ada.

Berangkat dari hal tersebut, kami Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) ingin mengadakan suatu kegiatan yang memberikan kesempatan pada para calon tenaga kerja untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di kelas, kegiatan tersebut bernamaManagement Competition in Tourism dengan topik pariwisata. Management Competition in Tourismadalah sebuah kompetisi mengenai ilmu-ilmu manajemen yang mengundang mahasiswa se-Indonesia untuk mengobservasi bagian-bagian yang menjadi potensi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang belum tersentuh dan dikembangkan/kurang dioptimalkan. Dalam kegiatan ini kami mengusung tema “Expose the Treasure, Beyond Your Limit”,kami mengangkat tema tersebut karena kami ingin mengangkat potensi pariwisata yang masih tersembunyi melalui ide-ide kreatif mahasiswa/i dengan menembus keterbatasan yang mereka miliki dan kami ingin membantu mahasiswa/i se-Indonesia untuk menuangkan kreativitas mereka dalam menerapkan ilmu-ilmu yang telah mereka pelajari di kelas di dalam Management Competition in Tourism agar mahasiswa/i yang merupakan calon tenaga kerja muda akan lebih siap lagi dalam menghadapi persaingan yang ada karena sudah pernah menerapkan ilmu-ilmu yang mereka pelajari di kelas sebelumnya.

Susunan Kegiatan

Tahap Seleksi

Tanggal: 7 Maret 2017
Keterangan: Pada tahap ini peserta akan diberikan satu case yang terjadi di dalam dunia pariwisata. Peserta akan menyelesaikan case tersebut dan dikumpul dalam bentuk makalah. Makalah tersebut dikirim kepada panitia untuk diseleksi oleh juri. 10 tim yang lolos akan melanjutkan kompetisi  ke tahap selanjutnya di DIY.

Technical Meeting

Hari: Jumat

Tanggal: 24 Maret 2017

Waktu: 11.00 – selesai

Tempat: Ruang Koendjono, Kampus II Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Mrican Tromolpos 29 Yogyakarta 55022 Telp (0274) 513301 Fax. (0274) 562383 Homepage : www.usd.ac.id

Keterangan: 10  tim yang lolos dari tahap seleksi akan melanjutkan kompetisi di DIY.10 tim ini akan diberi informasi mengenai rangkaian kegiatan, aturan penilaian dan tata tertib acara selama menjalankan kompetisi di DIY kemudian peserta akan melaksanakan Field Trip.

Field Trip

Hari: Jumat

Tanggal: 24 Maret 2017

Waktu: 13.00 – selesai

Keterangan: Pada tahap ini, 10 tim yang lolos akan  melaksanan kegiatan Field Trip. Peserta akan dibawa untuk mengunjungi lokasi yang telah ditentukan oleh panitia.Pada lokasi tersebut para peserta akan mencari informasi yang akan digunakan sebagai bahan referensi untuk kompetisi final.

Presentasi dan Tanya Jawab

Hari: Sabtu

Tanggal: 25 Maret 2017

Waktu: 08.30 – 17.00

Tempat: Ruang Koendjono, Kampus II Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Mrican Tromolpos 29 Yogyakarta 55022 Telp (0274) 513301 Fax. (0274) 562383 Homepage: www.usd.ac.id

Keterangan: Tahap ini merupakan tahap terakhir atau final. Peserta yang masuk dalam tahap ini adalah 10 (sepuluh) tim finalis yang telah mengikuti Field Trip. Kasus akan diberikan pada tahap ini dan berkaitan dengan Field Trip yang telah dilakukan pada hari sebelumnya. Setiap tim diminta untuk menganalisis dan memberikan solusi pada kasus yang diberikan dan disampaikan dalam bentuk presentasi. Di setiap sesi presentasi, akan ada dua tim yang maju dan saling dipersilakan untuk melakukan tanya jawab. Sistem penilaian kembali dimulai dari 0 (nol) sehingga tidak berhubungan dengan poin yang telah dicapai pada kompetisi sebelumnya. Juri yang akan menilai pada tahap ini berasal dari pihak kasus terkait dan pakar bisnis serta akademisi yang telahditentukan oleh panitia

Sasaran Peserta

Sasaran peserta kami adalah mahasiswa/i universitas di Indonesia, diperkenankan untuk lintas program studi/fakultas dalam 1 universitas.Satu  tim terdiri dari 3 orang peserta. Target peserta 40  tim dan akan diseleksi lagi untuk menyisihkan 10 tim yang bisa lolos ke babak final.

Jadwal  Kompetisi

Pendaftaran+ Pembayaran Pendaftaran 1: 07 januari –06 maret  2017

 Pembagian  Kasus: 07 Maret 2017

Pengumpulan Berkas:14Maret 2017

Penilaian:14 -17 Maret 2017

Pengumuman Finalis: 18 Maret 2017

Konfirmasi Kedatangan dan Pendaftaran 2: 18 Maret- 22 Maret 2017

Jadwal Kedatangan, Technical Meeting, Field Trip: 24 Maret 2017

Babak Final:25 Maret 2017

Gala Dinner dan Pengumuman Pemenang: 25 Maret 2017

TOTAL HADIAH

Juara 1             : Trophy+ Rp6.000.000,00

Juara 2             : Trophy+ Rp4.000.000,00

Juara 3             : Trophy+ Rp3.000.000,00

Harapan 1        : Plakat Fakultas Ekonomi + Rp1.000.000

Harapan 2        : Plakat Prodi Manajemen + Rp1.000.000

RUNDOWN ACARA

SUSUNAN ACARA FINAL MANAGEMENT COMPETITION IN TOURISM

(TechnicalMeeting, Opening Ceremony, Field Trip)

 

Technical Meeting + Field Trip

Pelaksanaan : Jumat, 24 Maret 2017

 
 

Waktu

Durasi

Acara

 

10.00 – 11.00

60’

Persiapan, registrasi

 

11.00 – 11.05

5’

Pembukaan MC dan doa

 

11.05 – 11.10

5’

Sambutan Ketua Panitia

 

11.10 – 11.15

5’

Sambutan Kepala Program Studi Manajemen Universitas Sanata Dharma

 

11.15 – 11.30

15’

Perkenalan finalis

 

11.30 – 11.45     

15’

Penjelasan tata tertib acara+ Penjelasan peraturan peserta

 

11.45 – 13.00

75’

Ishoma dan persiapan peserta untuk Field Trip

 

13.00 – 14.30

90’

Perjalanan ke Lokasi Field Trip

 

14.30 – 16.30

120’

Field Trip

 

16.30 – 17.30

60’

Jalan-jalan dan beli oleh oleh di tempat field trip, breafing

 

17.30 – 19.00

90’

Perjalanan menuju hotel

(batas pengumpulan file ppt pukul 03.00 WIB)

 

Total Durasi

540’ setara dengan 9 jam

 

 

 

 

Babak Final

Pelaksanaan : Sabtu, 25 Maret 2017

 
 

Waktu

Durasi

Acara

 

07.00 -  07.30

30’

Sarapan

 

07.30 - 07.45

15’

Perjalanan menuju Koendjono

 

07.45 – 08.00

15’

Registrasi

 

08.00 – 08.05

5’

Pembukaan MC dan Doa pembuka

 

08.05 – 08.35

30’

Perkenalan juri dan ManCom (Persiapan putaran 1 di 3’ akhir)

 

08.35 – 09.15

40’

Debat putaran 1  (Persiapan putaran 2  di 3’ akhir)

 

09.15- 09.55

40’

Debat putaran 2  (Persiapan putaran 3  di 3’ akhir)

 

09.55 – 10.35

40’

Debat putaran 3  (Persiapan putaran 4  di 3’ akhir)

 

10.35 – 11.15

40’

Debat putaran 4  (Persiapan putaran 5  di 3’ akhir)

 

11.15- 11.55

40’

Debat putaran 5 

 

11.55 – 12.55

60’

ISHOMA,  diskusi juri, hiburan

 

12.55 – 13.05

10’

Pengumuman 5 besar

 

13.05 – 13.15

10’

Persiapan final sesi 2

 

13.15 – 13.45

30’

Tanya jawab kelompok 1  (Persiapan kelompok 2  di 3’ akhir)

 

13.45 – 14.15

30’

Tanya jawab kelompok 2  (Persiapan kelompok 3  di 3’ akhir)

 

14.15 – 14.45

30’

Tanya jawab kelompok 3  (Persiapan kelompok 4  di 3’ akhir)

 

14.45 – 15.15

30’

Tanya jawab kelompok 4  (Persiapan kelompok 5  di 3’ akhir)

 

15.15 – 15.45

30’

Tanya jawab kelompok 5 

 

15.45 – 15.55

10’

Penutup oleh MC

 

15.55 – 16.10

15’

Perjalanan ke hotel

 

16.10 – 18.25

135’

Persipan gala dinner

 

18.25 – 18.45

20’

Perjalanan menuju tempat gala dinner

 

18.45 – 18.55

10’

Pembukaan oleh MC

 

18.55-  19.00

5’

Sambutan ketua HMJM

 

19.00 – 19.05

5’

Sambutan Kepala Program Studi Manajeman Universitas Sanata Dharma

 

19.05 – 19.35

30’

Games

 

19.35 – 20.35

60’

Makan malam, hiburan

 

20.35 – 21.45

10’

Kesan pesan, pemutaran vidio

 

21.45 – 22.45

60’

Pengumuman, penyerahan hadiah, dokumentasi

 

22.45 – 22.05

20’

Perjalanan kembali ke hotel

 

Total Durasi

 

905’ setara dengan 15 Jam 15 menit

 

 

 

 

 

         

KETENTUAN BIAYA

  • Biaya pendaftaran seleksi       : Rp 200.000,00/tim
  • Biaya pendaftaran final          : Rp 700.000,00/tim

 

Biaya dibayarkan melalui transfer ke rekening:

5619-01-010094-53-4 (Bank BRI)

a/nLidya Cristin Silalahi

Bagi peserta yang telah melakukan pembayaran harap mengkonfirmasi kepada panitia 089650908086 (Margareta Septiani), denganformat:

MCOMiT_KONFIRMASI PENDAFTARAN_NOMINAL_NAMA TIM_ASAL UNIVERSITAS

Contoh: MCOMiT_KONFIRMASI PENDAFTARAN_Rp 200.000,00_TIM DIAMOND_UNIVERSITAS SANATA DHARMA

PENDAFTARAN MANAGEMENT COMPETITION IN TOURISM

1. Formulir beserta contohnya dapat di download di blog Management Competition in Tourism  http://mancomusd.blogspot.co.id/p/pendaftaran_6.html

2. Formulir pendaftaran dikirim ke email mancomusd@gmail.comdari tanggal  07 Januari –06 Maret  2017, paling lambat jam 23.59 WIB.

3. Bagi tim yang lolos babak seleksi dan masuk 10 besar, diwajibkan membawa hardcopy formulir pendaftaran ke Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

KETENTUAN BABAK SELEKSI MANAGEMENT COMPETITION in TOURISM

  1. Babak seleksiManagement Competition in Tourismdiikuti oleh peserta yang telah mendaftar dan telah memenuhi ketentuan yang diberikan oleh panitia.
  2. Peserta akan diberikan caseManagement Competition in Tourismjika panitia telah menyatakan ketentuan peserta telah terpenuhi termasuk biaya pendaftaran Rp 200.000,00.
  3. Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke nomor rekening :

BRI 5619-01-010094-53-4

a/nLidya Cristin Silalahi

  1. Pembayaran biaya pendaftaran diterima dari tanggal  07Januari –06 Maret  2017, paling lambat jam 23.59 WIB.
  2. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran dimohon untuk melakukan konfirmasi ke nomor : 089650908086 (Margareta Septiani) sesuai dengan format yang ditentukan.
  3. Peserta yang tidak memenuhi ketentuan administrasi akan mendapatkan sanksi diskualifikasi.
  4. Apabila peserta melakukan tindakan pembatalan setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, maka uang yang telah dikirimkan tidak dapat diminta kembali.

MEKANISME BABAK SELEKSI MANAGEMENT COMPETITION in TOURISM

  1. Peserta yang telah mendaftar Management Competition in Tourism dan telah memenuhi ketentuan administrasi akan diberikan case oleh panitia kepada email masing-masing ketua tim.
  2. Jawaban dari case yang diberikan tertulis dalam bentuk Ms. Word maksimal 2010, font Times New Roman 12, spasi 1,5 dan justify.
  3. Lembar ketikan peserta tidak dibatasi.
  4. Peserta dilarang menggunakan kata-kata yang berbau SARA dan melampirkan brand tertentu untuk menghindari disorisinalitas.
  5. Peserta mengumpulkan jawaban case terakhir pada tanggal 14 Maret 2017 pada pukul 23.59 WIBke email mancomusd@gmail.com .Jawaban case disertai dengan berkas administrasi peserta.

Peserta diharapkan konfirmasi kepada panitia jika telah mengirimkan jawaban caseke nomor : 089650908086 (Margareta Septiani) ,

Format konfirmasi:

MCOMiT_KONFIRMASI PENGIRIMAN_NAMA TIM_ASAL UNIVERSITAS

Contoh: MCOMiT_KONFIRMASI PENGIRIMAN_ TIM DIAMOND_UNIVERSITAS SANATA DHARMA

  1. Peserta yang terlambat mengumpulkan jawaban caseakan dikenakan sanksi berupa penguranganpoin sebanyak 10 poin.
  2. Peserta akan mendapatkan hasil seleksi pada tanggal 18 Maret 2017 di mancomusd.blogspot.com

KETENTUAN BABAK FINAL MANAGEMENT COMPETITION in TOURISM

  1. Babak Final Management Competition in Tourismdiikuti oleh peserta yang dinyatakan lolos pada babak seleksi dan WAJIB untuk datang ke Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta untuk berkompetisi lebih lanjut.
  2. Peserta yang dinyatakan lolos babak seleksi diwajibkan untuk membayar biaya akomodasi selama di Daerah Istimewa Yogyakarta yang besaran nominalnya adalah Rp 700.000/ tim.
  3. Peserta melakukan pembayaran biaya akomodasi ke nomor rekening :
 
 

BRI 5619-01-010094-53-4

a/n Lidya Cristin Silalahi

 

 

 

  1. Pembayaran diterima paling lambat tanggal 20Maret 2017 pukul 23.59 WIB.Apabila peserta tidak melakukan pembayaran sampai pada batas waktu yang ditentukan makaakan dikenakan sanksi diskualifikasi.
  2. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran dimohon untuk melakukan konfirmasi ke nomor :: 089650908086 (Margareta Septiani) dengan format yang ditentukan.
  3. 6.      Untuk peserta yang dinyatakan lolos babak seleksi, WAJIB untuk konfirmasi atas keikutsertaannya maksimal tanggal 20 Maret 2017 pukul 23.59 WIB. Apabila yang dinyatakan lolos tidak melakukan konfirmasi, maka posisinya dianggap gugur dan akan digantikan oleh tim lainnya sesuai dengan rangking peserta.
  4. Apabila peserta melakukan tindakan pembatalan setelah melakukan pembayaran, maka uang yang telah dikirimkan tidak dapat diminta kembali.
  5. Peserta WAJIB memberikan konfirmasi jam kedatangan dan jam kepulangan dari kota asal ke kota Yogyakarta dan sebaliknya paling lambat 20Maret  2017 pukul 23.59 WIB.
  6. Peserta yang lolos pada tahap seleksi WAJIB mengikuti seluruh rangkaian acara Management Competition in Tourismseperti yang telah tertera pada agenda acara dari awal hingga akhir.
  7. Seluruh aktivitas peserta Management Competition in Tourismselama di kota Yogyakarta merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari panitia. Mohon untuk melaporkan dan meminta izin kepada panitia untuk segala kegiatan yang dilakukan peserta.
  8. Peserta yang mengikuti Management Competition in Tourismwajib lengkap yang terdiri dari 3 orang. Jika tidak lengkap maka akan dikenakan pengurangan poin 10 poin.
  9. Peserta tidak diizinkan untuk datang terlambat baik pada saat field trip,final, ataupun gala dinner.

KETENTUAN PRESENTASI MANAGEMENT COMPETITION in TOURISM

  1. Alat presentasi yang digunakan adalah Ms.Office Power Point maksimal 2010, diatas versi tersebut sangat tidak disarankan.
  2. Slide presentasi tidak dibatasi.
  3. Peserta bebas melampirkan alat bantu presentasi seperti tayangan video, gambar, dll yang kontennya sesuai dengan isi yang ingin disampaikan.
  4. Peserta bebas melakukan font penulisan saat presentasi.
  5. Peserta dilarang menggunakan kata-kata yang berbau SARA dan melampirkan brand tertentu untuk menghindari disorisinalitas.
  6. Peserta mengumpulkan softfile “final presentaion on tool” terakhir pada tanggal 25 Maret 2017 pada pukul 03.00WIB melalui email :mancomusd@gmail.com
  7. Peserta yang terlambat mengumpulkan “final presentation on tool” akan dikenakan sanksi berupa penguranganpoin sebesar 10 poin. Presentasiyang telah dikirimkan adalah  yang akan ditampilkan pada babak final.
  8. Segera lakukan konfirmasi kepada panitia setelah mengirimkan softfilepresentasi.
  9. Softfile PPT dikirim ke alamat email : mancomusd@gmail.com

dengansubject MCOMiT_SUBMIT FINAL_NAMA TIM_ASAL UNIVERSITAS

Contoh : MCOMiT_SUBMIT FINAL_TIM DIAMOND_UNIVERSITAS SANATA DHARMA

MEKANISME BABAK FINAL MANAGEMENT COMPETITION in TOURISM

  1. Babak final akan berlangsung di Ruang Koendjono, Lt.4 Gedung PusatKampus II Universitas Sanata Dharma pada tanggal 25 Maret 2017, pukul 08.00WIB.
  2. Peserta akan maju berdasarkan urutan undian yang diambil pada Babak final.
  3. Pada babak final, para peserta akan mengikuti 2 sesi, sesi pertama adalah sesi presentasi dan debat dan sesi 2 adalah sesi tanya jawab dengan juri. Babak final akan menggunakan sistem gugur, dimana pada sesi 1 akan lolos 5 tim yang akan melanjutkan ke sesi 2.
  4. Pada sesi 1 peserta akan mempresentasikan hasil analisafield trip, kemudian dilanjutkan dengan tanggapan  kelompok lawan. Penilaian babak final tidak ada hubungannya dengan babak seleksi.
  5. Pada sesi 2 peserta akan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh juri. Penilaian final adalah akumulasi dari sesi 1 dan sesi 2.
  6. Presentasi menggunakan laptop panitia.
  7. Presentasi yang ditampilkan adalah softcopy presentasi yang sudah dikirimkan sebelumnya kepada pihak panitia.
  8. Sesi presentasi dan debat dimulai dari tim A yang melakukan presentasi selama 11 menit, kemudian tim B akan memberikan tanggapan/pertanyaan sebanyak 3 kali dimana masing-masing tanggapan/pertanyaan diberi waktu 1 menit. Tanggapan/pertanyaan yang diberikan tim B akan dijawab tim A dengan waktu 2 menit untuk setiap jawaban. Setelah semua tanggapan/pertnyaan selesai dijawab maka dilanjukan oleh presentasi oleh tim B dengan alur yang sama
  9. Sesi tanya jawab akan diberikan waktu selama 30 menit untuk masing-masing tim.
  10. Boleh menggunakan alat bantu presentasi seperti (meja, kursi, pointer).
  11. Semua peserta wajib mentaati ketentuan yang ada.

DRESSCODE

Technical Meeting + Field Trip (Jumat,24 Maret 2017) : Bebas rapi, almamater universitas

Babak Final  (Sabtu,25  Maret 2017)  : Kemeja berkerah.

Gala Dinner : Baju formal berwarna putih (cowok : kemeja; cewek: dress atau kemeja &rok)

~~~

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.157.81.13: - 1908.9 ms  |   21 user(s) online