Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat

Loading
HOMEPROFILEPENELITIANPENGABDIANPUSATPUBLIKASI USDBERITAKONTAK

  Pusat

Pusat Pengembangan dan Pelatihan Kepariwisataan (P3Par)
 

Pusat Pengembangan dan Pelatihan Kepariwisataan

(P3 Par) 

Universitas Sanata Dharma

Mrican, Tromolpos 29 Yogyakarta

Telp. : 0274-513301 ext. 1540    E-mail: sidpar@usd.ac.id

 

GAMBARAN UMUM

Perkembangan pariwisata Indonesia sebagai komponen pembangunan memperlihatkan pertumbuhan yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari indikator arus masuk wisatawan mancanegara di Indonesia maupun penghasilan yang diterima, yakni sebesar US $ 7.8 milyar pada tahun 1997, demikian juga jumlah wisatawan mancanegara sebesar 5,7 juta orang. Ada harapan jumlah ini meningkat di tahun mendatang.

Namun ada beberapa masalah yang dihadapi dalam dunia pariwisata pada saat ini. Satu diantaranya adalah bahwa situasi informasi dan dokumentasi tentang pariwisata pada umumnya, khususnya dokumentasi tentang wisata budaya, masih belum lengkap dan tertata dengan baik. Industri pariwisata sepenuhnya adalah industri jasa (service industry) yang tergantung pada mutu tenaga kerja. Juga industri ini padat informasi dan padat tenaga berketerampilan (skills). Masa kini adalah suatu periode di mana informasi pada umumnya sangat penting. Dengan laju pertumbuhan yang tinggi, perpindahan informasi pada tingkat internasional tenaga kerja profesional sangat penting. Oleh karena itu industri pariwisata mempunyai kebutuhan yang lebih luas dalam rangka memaksimalkan hasilnya. Salah satu sarana penunjang adalah tersedianya suatu sistem dokumentasi yang dapat menghemat waktu dan menyediakan bahan yang tepat menurut bidang tertentu.

Menghadapi masalah tersebut Pusat Pengembangan dan Pelatihan Kepariwisataan (P3 Par) Universitas Sanata Dharma melalui Proyek Hibah Bersaing III mendirikan suatu Pusat Dokumentasi Pariwisata yang disebut dengan nama SIDPAR (Sistem Informasi dan Dokumentasi Pariwisata).

Pendirian pusat dokumentasi ini memperoleh biaya/dana dari Proyek Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui Proyek Hibah Bersaing Perguruan Tinggi. Jangka waktu proyek untuk pendirian pusat dokumentasi ini adalah 3 tahun, yang mulai pada tahun anggaran 1994/1995 dan berakhir pada tahun anggaran 1996/1997.

Sistem Dokumentasi Pariwisata (SIDPAR) merupakan suatu pusat dokumentasi yang didirikan dengan tujuan untuk mengumpulkan, memberi klasifikasi, menulis abstrak, menyimpan dan mencari atau mendapatkan kembali (retrieve) bahan-bahan tentang pariwisata baik yang tertulis maupun yang tak tertulis. Semua bahan dalam koleksi akan dimasukkan ke dalam suatu data base melalui proses komputerisasi koleksi.

Pada umumnya pendirian Pusat Dokumentasi Pariwisata ini diharapkan dapat menjawab tantangan dunia kepariwisataan Indonesia khususnya dalam bidang informasi dan dokumentasi pariwisata yang pada saat ini dirasa masih belum tertata dengan lengkap. Secara terinci tujuan pendirian Pusat Dokumentasi Pariwisata adalah:

  • Mengetahui pola-pola dan persoalan kebutuhan dokumentasi pariwisata serta mengembangkan alternatif pemecahannya.
  • Memenuhi kebutuhan akan dokumentasi dan informasi di bidang pariwisata dan perguruan tinggi.
  • Membangun mekanisme pemanfaatan dan pemeliharaan dokumentasi tentang pariwisata.



MANFAAT

Pusat Dokumentasi pariwisata yang didirikan ini memberikan banyak manfaat bagi para pemakai, dalam hal ini efisiensi berupa:

  • Hemat waktu (Saving Time)
    Aktivitas riset tentang pariwisata sangat terbantu yaitu mengurangi sebagian besar beban kerja penelusuran bahan-bahan tertulis.
  • Hemat Biaya Perjalanan (Saving Travel)
    Pihak pemakai informasi dapat menghemat biaya dan waktu perjalanan karena tersedianya jasa penyediaan materi tertulis yang bisa dikirim ke tempat pemakai.
  • Meningkatkan kualitas, daya saing dan luas akses (Raising Quality Competitiveness and Accessibility). Pelayanan industri pariwisata dapat ditingkatkan kualitasnya karena tersedianya informasi yang cepat dan handal.
  • Bertahan lama (Self Sustaining)
    Pada jangka panjang ada harapan bahwa sistem ini akan dapat membiayai dirinya sendiri apabila pihak pemakai bersedia mengeluarkan dana untuk biaya jam atau langganan.
  • Prototype (Model For Other Industries)Merupakan proyek percontohan bagi sistem-sistem serupa di industri atau bidang lain.



PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT

Dalam pendirian pusat dokumentasi ini, banyak instansi yang terkait di dalamnya, khususnya pusat-pusat dokumentasi ataupun perpustakaan baik di dalam maupun di luar negeri. Instansi tersebut antara lain:

  • Cornell University School of Hotel Administration yang menghasilkan International Hospitality and Tourism Database (IHTD) di Amerika Serikat.
  • Educational Resources Information Center (ERIC) di Amerika Serikat.
  • Commonwealth Agricultural Bureau (CAB) yang menghasilkan majalah ilmiah Leisure Recreation & Tourism Abstract (LRTA) di Inggris.
  • University of Victoria Footscay yang menghasilkan Australian Tourism Index (ATI) di Australia.
  • Tourism Reference and Documentation Centre (TDRC) di Kanada.
  • The Pontificial Council on the Pastoral Care of Migrant and Itinerant People di Kota Vatikan.
  • Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PII) dari LIPI di Jakarta.
  • Perpustakaan USIS dan kantor cabang US Library Congress di Jakarta.
  • Secuola Internazionale di Scienze Turistiche di Roma Italia.
  • Dept. of Leisure Studies di Tilburg University Belanda.
  • Edith Cowan University (Perth) di Australia.
  • Griffith University (Brisbane) di Australia.
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.
  • Beberapa lembaga-lembaga pendidikan pariwisata lain di Yogyakarta dan di seluruh Indonesia.



PRODUK YANG DIHASILKAN

Produk atau hasil yang dicapai dari pendirian Pusat Dokumentasi Pariwisaata ini adalah:

  • Tingkat Materi
    Pada tingkat materi telah dikumpulkan bahan-bahan (pustaka) tentang pariwisata baik yang berupa bahan tertulis maupun bahan tak tertulis. Selama itu juga telah diciptakan rujukan (referensi) kepada materi-materi tentang pariwisata yang tersedia di lokasi lain.
  • Tingkat Perangkat Akses
    Ada mekanisme penggolongan bahan menurut topik tertentu dengan menggunakan thesaurus, atau kata kunci. Berdasarkan thesaurus dari majalah ilmiah Leisure Recreation & Tourism Abstract (LRTA).
  • Tingkat Clearinghouse
    Sedang disusun abstrak dan berbagai dokumen pariwisata yang berupa buku dan non-buku pariwisata.



PELAYANAN

Pusat Pengembangan dan Pelatihan Kepariwisataan (P3 Par) Universitas Sanata Dharma terbuka untuk khalayak umum, pegawai instansi pemerintah, para peneliti, mahasiswa, kaum profesi pariwisata seperti praktisi pariwisata, pemandu wisata, staf perhotelan, staf biro perjalanan, staf rumah makan, dsb. Koleksi yang ada hanya bisa dibaca di tempat, tetapi juga melayani pesanan foto copy.

KEGIATAN-KEGIATAN

Kegiatan yang ada di Pusat Pengembangan dan Pelatihan Kepariwisataan (P3 Kepariwisataan) Universitas Sanata Dharma adalah:

KURSUS MANAJEMEN TOUR & TRAVEL
Kursus ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga pengelola yang handal khususnya bidang tour dan travel serta pihak lain yang berminat pada topik ini.

Tujuan pokok dari kursus ini:


  • Memberikan pengetahuan dasar para pengelola jasa tour dan travel mengenai berbagai bidang yang berkaitan erat dengan profesinya, sehingga terampil dan cakap dalam melaksanakan tugasnya.
  • Membina para pengelola jasa tour dan travel agar berdedikasi tinggi dan penuh pengabdian terhadap tugasnya.
  • Menumbuhkan minat dan rasa cinta terhadap profesi pengelola jasa tour dan travel dan memungkinkan naik pangkat dalam perusahaan.


Materi kursus:

  • Pengantar Pariwisata
  • Organisasi Pariwisata
  • Biro Perjalanan Wisata
  • Jasa Biro Perjalanan Wisata
  • Jasa Khusus Biro Perjalanan wisata
  • Paket Tour
  • Pemesanan dan Pembayaran
  • Tarif Confidensial
  • Pemasaran Biro Perjalanan
  • Teknik Penjualan Biro Perjalanan Wisata
  • Stafing dalam Tour & Travel / Pilihan SDM di Biro Perjalanan Wisata
  • Komisi dan Karyawan


Dalam penyelenggaraan kursus Manajemen Tour & Travel ini Pusat Pengembangan dan Pelatihan Kepariwisataan Universitas Sanata Dharma bekerjasama dengan DPD ASITA DIY. Kursus dilaksanalan selama 3 (tiga) minggu. Setiap topik ada 4 jam pertemuan. Peserta kursus adalah tenaga pengelola (staf) jasa tour dan travel di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya serta pihak lain yang berminat pada topik ini (termasuk mahasiswa, praktisi dari bidang lain dari pariwisata, dsb.). Kursus dilakukan dengan ceramah, bahan dalam power point, dan tanya jawab, meliputi seluruh materi pelajaran yang telah ditetapkan.

KURSUS PENINGKATAN PEMANDU WISATA

Pentingnya peningkatan mutu dan keterampilan pemandu wisata yang sudah bekerja supaya mereka dapat menjadi pemandu wisata budaya yang sungguh-sungguh.

Tujuan kursus untuk:

    • Meningkatkan keterampilan para pemandu wisata.
    • Menciptakan materi pelajaran dalam bentuk dokumentasi yang diperlukan olh pemandu wisata.
      Kursus diberikan dalam bentuk ceramah di dalam kelas, juga tour ke objek wisata tertentu, di mana para peserta kursus dapat mempraktekan kemampuannya dalam memandu para wisatawan.
      Peserta kursus adalah para pemandu wisata yang sudah bekerja serta pihak lain yang berminat pada topik ini (termasuk mahasiswa, praktisi dari bidang lain dari pariwisata).
    Kursus dilaksanakan selama 2 bulan, pengelola kursus adalah P3 Par Universitas Sanata Dharma bekerjasama dengan DPD ASITA DIY.



KURSUS BAHASA ITALI
Kursus bahasa Itali dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan terhadap para wisatawan. Selama ini belum banyak suatu kursus bahasa Itali, baik di perguruan tinggi maupun di lembaga-lembaga kursus di Yogyakarta.
Kursus dibagi dalam 4 tahap, yaitu :

  • Kelompok Pemula (Beginner) 60 jam
  • Kelompok Intermediate I 40jam
  • Kelompok Intermediate II 40 jam
  • Kelompok Advanced 40 jam


Kursus terbuka untuk khalayak umum, pegawai instansi pemerintah, mahasiswa, kaum profesi pariwisata seperti pemandu wisata, staf perhotelan, staf biro perjalanan, staf rumah makan, dsb.

SERI LOKAKARYA SEHARI MANAJEMEN PARIWISATA

Seri Lokakarya ini dimaksudkan untuk menunjang pemenuhan kebutuhan akan peningkatan kualitas SDM di Industri Pariwisata. Pusat Pengembangan dan Pelatihan Kepariwisataan Universitas Sanata Dharma bekerjasama dengan DPD ASITA dan PHRI menyelenggarakan seri lokakarya sehari dengan berbagai topik yang sangat mendukung praktek bisnis pariwisata. Topik yang dipilih berdasarkan perencanaan dan hasil penelitian tentang kebutuhan (needs assessment) oleh P3 Par.

Tujuan dari Lokakarya:

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang industri pariwisata dengan meningkatkan pengetahuan para pengelola jasa di bidang pariwisata mengenai berbagai bidang yang berkaitan erat dengan industri pariwisata.
  • Meningkatkan mutu industri pariwisata di DIY dan Jawa Tengah pada khususnya dengan pemberian informasi yang tepat dan bermutu kepada para pengelola jasa industri pariwisata.


Seri Lokakarya diselenggarakan bekerjasama dengan DPD ASITA dan PHRI DIY.

KURSUS AIRLINE TICKETING

Kursus ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pengelola yang handal, khususnya bidang ticketing. Peserta kursus adalah tenaga-tenaga pengelola (staf) jasa tour dan travel di DIY dan sekitarnya serta pihak lain yang berminat pada topik ini, termasuk mahasiswa praktisi dari bidang lain dari pariwisata, dsb.

Tujuan pokok kursus ticketing :

  • Memberikan pengetahuan tentang proses penyelenggaraan angkutan udara.
  • Memberikan pengetahuan tentang reservasi, air tarif, dan pembuatan ticket.
  • Memberikan pengertian tentang detinasi ticket, macam-macam ticket, jenis form ticket dan variasi/ragam ticket.



Kursus dibagi dalam tiga tahap:

- Ticket Domestik 40 jam
- Ticket Internasional Dasar 40 jam
- Ticket Internasional Advanced 30 jam

Kursus ini merupakan hasil kerjasama antara Pusat Pengembangan dan Pelatihan Kepariwisataan Universitas Sanata Dharma dengan DPD ASITA DIY.

KEGIATAN YANG SUDAH DILAKUKAN:

Seminar/Lokakarya

    • Berpartisipasi sebagai peserta dalam “International Conference on Cultural Tourism and Local Communities” yang diselenggarakan oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata bertempat di Grand Hyaat Regency pada tanggal 8 s.d. 10 Februari 2006.
    • Berpartisipasi sebagai pembicara dalam Seminar “7 Habits of Highly Effective People” bagi staf PT Raptim Indoneia, yang berlangsung di Gedung KI, Ruang Rapat Lantai IV Jln. Cut Meutia, Jakarta tanggal 11 s.d. 12 Maret 2006.
    • Berpartisipasi sebagai peserta dalam Penyelenggaraan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah Propinsi DIY Tahun 2006, diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Daerah Pemda DIY bertempat di Gedung Radyo Suyoso, Bapeda Propinsi DIY, Komplek Kepatihan – Danurejan Yogyakarta pada tanggal 3 s.d. 8 April 2006.
    • Berpartisipasi sebagai pembicara dalam Seminar “Time Management” bagi staf PT Raptim Indoneia, yang berlangsung di Gedung KWI, Ruang Rapat Lantai IV, Jln. Cut Meutia, Jakarta pada tanggal 29 s.d. 30 April 2006.
    • Berpartisipasi sebagai pembicara dengan topik “Yourt Adversity Quotient (AQ)” pada kelompok St. Monica Prayer Group Catholic Expartriate Parth di Jakarta tanggal 9 September 2006.
    • Berpartisipasi sebagai nara sumber dalam Pelatihan Proposal Penelitian Bidang Soaial bagi dosen-doen Universitas Sanata Dharma yang diselenggarakan pada tanggal 15 s.d. 16 Septmber 2006 di LPPM USD.
    • Berpartisipasi sebagai pembicara pada kuliah umum dengan topik “Etika Profesi dan Pembangunan Universitas Kristen Satya Wacana (PPs P UKSW) Salatiga pada tanggal 6 Oktober 2006.
    • Berpartisipasi sebagai pembicara dalam diskusi dengan topik “Etika Profesi” yang diselenggarakan oleh Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma pada tanggal 16 Oktober 2006.
    • Berpartisipasi sebagai penerjemah dalam acara “Sharing Pengalaman Perjuangan Keadilan dan Pengalaman di Susteran Gembala Baik Bantul pada tanggal 19 November 2006.
    • Presentasi tentang “Penelitian Pengembangan Wisata Religi” kepada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata di Hotel Cemara , Jakarta pada 30 November 2006.
    • Lokakarya Penggunaan Waktu secara Efektif yang pernah dilaksanakan untuk mahasiswa di ASMI Santa Maria, mahasiswa Universitas Sanata Dharma, dan staf PT Raptim Indonesia di Jakarta.
    • Berpartisipasi sebagai Pembedah dalam acara bedah buku dengan judul Cold War Shadow (United States Policy Toward Indonesia 1953-1963) di American Corner di Kampur Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta pada 24 Februari 2007.
    • Sebagai panelis diskusi yang diselenggarakan oleh Grhadika Yogyakarta di Ruang Seminar LPPM – USD pada tanggal 28 Februari 2007.

  • Sebagai pembicara dalam Forum Diskusi Ekonomi “Revitalisasi Industri Pariwisata DIY: Peluang dan Momentum Kebangkitan UMKM,” yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Yogyakarta bekerja sama dengan Ghradika Yogya Pariwisata, bertempat di Kantor Bank Indonesia Yogyakarta, 12 Maret 2007.
  • Sebagai pembicara “Corporate Social Responsibility in Indonesia” pada acara International Conference on Business Ethics, Corporate Govermance and Corporate Social



SEMINAR

    • Berpartisipasi sebagai penceramah “Sinergi Stakeholder Pariwisata untuk Mewujudkan Yogyakarta Sebagai Daerah Tujuan Wisata Yang Sehat dan Etis” di seminar Lembaga Ombudsman Swasta DIY di hotel Dusun Village pada 29 November 2006.
    • Sebagai peserta dalam seminar berjudul “Teachers Training: A Comparative Outlook of Indonesia and the United States” di FKIP USD pada 24 Januari 2007.
    • Sebagai peserta dalam acara Seminar Dosen dari Mahasiswa dengan topik “Prospek Profesi Auditor Internal di Indonesia dan Perannya bagi Unit Organisasi” di Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma pada tanggal 17 Februari 2007.
  • Berpartisipasi sebagai pembicara tentang Industri Farmasi dalam Ekonomi Asosiatif” dalam seminar sehari “Sumbangan Farmasi Menuju Hari Tua Yang Tetap Sehat” dalam rangka Purna Tugas Prof. Sr. Sasmito di Fakultas Farmasi UGM pada tanggal 1 Maret, 2007.



CERAMAH

Konsultan


    • Sebagai peserta dalam rapat Dewan Komisaris dan Direksi PT Raptim Indonesia di Jakarta pada tanggal 2 Maret 2007.
    Memberi training (pelatihan) untuk staf hotel Melia Purosani, hotel Santika, dan hotel Phoenix (sekarang Hotel Mercure).



Publikasi

    • Film Series on Heroic Leadership for Social Reform oleh Dr. James J. Spillane, S.J. edisi bahasa Inggris) Tahun 1005.
    • Film Series on Heroic Leaderhip for Social Reform oleh Dr. James J. Spillane, S.J. edisi bahasa Indonsia) Tahun 2005.
    • Diktat Metodologi Penelitian edisi revisi oleh Dr. James J. Spillane, S.J.
    • Managing Quality Customer Service: Pelayanan Yang Berkualitas editor Dr. James J. Spillane, S.J. tahun 2006.
    • Dr. James J. Spillane, SJ & Y.M.V. Mudayen dalam Jurnal Penelitian: Lmbaga Penelitian Universitas Sanata Dharma No. 17 November 2006 dengan judul “Manajemen UKM Pariwisata (Studi Komparatif: Usaha Rumah Makan dan Penginapan di Objek Wisata Tawangmangu dan Parangtritis Tahun 2005)”.
    • Bahan Retret Bagi Kaum Profesional Pariwisata untuk staf PT Raptim Indoneia Januari 2006.
    • Dr. James J. Spillane, S.J. “Analisis Multiplier Effect Indutri Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta” dalam Jurnal Ilmiah Pariisata Trisaksi Vol 11, No. 1, Maret 2006, hlm. 15-29.
    • Bahan Retret Bagi Suster-suster Novis Canossian Persiapan Profesi Pertama, Agustus 2006.
    • Dr. James J. Spillane, S.J. “Seks sebagai Komoditas: Persoalan Pelacuran dan Perdagangan Perempuan” dalam Majalah Basis No. 09-10, Tahun ke-55, September-Oktober 2006, hlm. 56-61.
  • Modul tentang Competency Standards for Travel and Tourism Based Training bekerjasama dengan Indonesia Australia Partnership for Skills Development Travel and Tourism Project.



Penelitian

    • Mengajukan Proposal Penelitian “Ekspor Potenial via Bandara Adisutjipto” ke Bank Indonesia Yogyakarta, bulan Maret 2006.
    • Dr. James J. Spillane, S.J. dan YMY Mudayen, S.Pd. dalam laporan penelitian dana dari LPPM Univeritas Sanata Dharna “Analisis Efektivitas Elastisitas dan Laju Pertumbuhan Pajak Daerah serta Kontribusi Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Kab. Sleman tahun 1995 – 2004”.
  • Dr. Ike Janita Dewi, MBA & Dr. Fr. Ninik Yudianti, M.Acc. dengan konsultan Dr. James J. Spillane, S.J. dalam penelitian yang sedang dilakukan “Peran Strategis Akuntansi dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis dan Penciptaan Daya Saing” dana penelitian dari LPPM.



Retret

  • Retret untuk Kaum Profesional Pariwisata bertempat di Wisma Samadi Sangkal Putung, Klaten pada tanggal 23 s.d. 25 Oktober 1998 bekerjasama dengan Sekretariat Pelayanan Pastoral Migran & Perantau Konferensi Waligereja Indonesia. Pada tanggal 21 s.d. 22 Januari 2006 bertempat di Rumah Retret Canossian Bintaro bekerjasama dengan PT Raptim Indonesia.


A Wards
Who’sWho in the World 2008
AIEST

 
 
© 2019 - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami   |  1 user(s) online