Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat

Loading
HOMEPROFILEPENELITIANPENGABDIANPUSATPUBLIKASI USDBERITAKONTAK

  Pusat

Pusat Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia (PKBSBI)
 

 

PROFIL PUSAT KAJIAN BAHASA, SASTRA, DAN BUDAYA INDONESIA

 

Pusat Penelitian dan Pelayanan Pendidikan (PKBSBI) adalah salah satu unit di Universitas Sanata Dharma (USD)  dengan tugas mengembangkan penelitian bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.

I. VISI:
Penelitian yang berkualitas dalam bidang bahasa, sastra, dan kebudayaan Indonesia (yang ditindaklanjuti dengan pelaporan, pertemuan ilmiah, dan publikasi) merupakan wujud penggalian kebenaran dan kemanusiaan.

II.  MISI
Pusat Kajian Bahasa, Sastra , dan Budaya Indonesia mendorong  kegiatan penelitian bahasa, sastra, dan kebudayaan Indonesia bagi para dosen dan mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma.
Pusat Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia menyelenggarakan pertemuan ilmiah sebagai wahana pertanggungjawaban ilmiah peneliti terhadap hasil penelitiannya, serta sebagai wahana berbagi pengalaman penelitian kepada sesama dosen dan mahasiswa.
Pusat Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia  menyelenggarakan publikasi artikel ilmiah dalam wadah SINTESIS sebagai sarana penyebarluasan hasil-hasil penelitian  yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

III. KEGIATAN

  1. Penelitian mengenai bahasa, sastra, dan budaya, dengan           menfokuskan pada realitas bahasa Indonesia kontekstual, sastra Indonesia, budaya lokal, dan kajian naskah. 
  2. Pendokumenan, digitalisasi, transliterasi, dan penerjemahan, naskah dan salinan naskah Pustaka Artati (Pustaka warisan Prof.Dr. P.J. Zoetmulder, S.J.)
  3. Peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah
  4. Penerbitan jurnal Sintesis secara rutin dua kali dalam satu tahun.


IV. MITRA
1.    Toyota Foundation
2.    Ford Foundation
3.    Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
4.    Departemen Pendidikan Nasional
5.    Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik
6.    Fakultas Ilmu Budaya UGM
7.    Institut Seni Indonesia Yogyakarta
8.    Pusat Kajian Teknologi dan Informasi USD
9.    Rumah Budaya Tembi
10.    TV Lab Communication

 
 
© 2019 - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami   |  1 user(s) online