Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat

Loading
HOMEPROFILEPENELITIANPENGABDIANPUSATPUBLIKASI USDBERITAKONTAK

  Pusat

Pusat Kajian Teknologi Informasi (PKTI)
 

 

PUSAT KAJIAN TEHNOLOGI INFORMASI

 

Latar Belakang

Pusat Kajian Teknologi Informasi (PKTI) sebagai lembaga kajian yang bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sanata Dharma, didirikan dengan tujuan untuk membantu merealisasikan visi Universitas Sanata Dharma dalam mempromosikan martabat manusia dengan mengkaji teknologi informasi dan nilai-nilai kemanusiaan yang terkait di dalamnya sebagai sumbangan bagi pembangunan masyarakat Indonesia menuju masyarakat pluralistis yang adil, demokratis dan sejahtera.

 

Visi

Menjadi pusat yang kompeten dan mandiri secara finansial untuk mendukung kegiatan dosen dan mahasiswa USD dalam meneliti dan menerapkan teknologi informasi dalam berbagai bidang yang relevan

 

Misi

  1. Melakukan kajian ilmiah pengembangan dan penerapan teknologi informasi.
  2. Memberikan layanan pengembangan sdm di bidang teknologi informasi.
  3. Membantu pengembangan sistem komputer bagi pihak yang membutuhkan.
  4. Menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan pihak-pihak yang terkait dengan teknologi informasi

Program Kerja Tahun 2007

No

Nama Program

Tujuan

Kemajuan

1

Pembuatan SIA dan SIP ASRD MSD

Meningkatkan kualitas pelayanan administrasi akademik dan perpustakaan di ASRD MSD

  • Presentasi prototye program SIA
  • Tim: Ketua PKTI, Diar, Devika, Yosephine, Teguh
  • Pembuatan SIA dan SIP sekaligus menjadi TA mahasiswa yang terlibat (Teguh dan Yosephine)

2

Kerjasama USD - PT Reka Desa (konsultan keuangan mikro)

Meningkatkan mutu layanan koperasi dan bank perkreditan rakyat melalui pemanfaatan teknologi informasi

  • Perumusan draf MOU di tingkat pimpinan
  • PKS-PKS akan dibuat kemudian dan bersifat tidak statis
  • Akan diawali dengan nebeng program KP di TI, di mana pada bulan Juli akan terdapat 2 koperasi binaan Reka Desa di Dlingo dan Turi akan memulai komputerisasi
  • Ke depan topik-topik TA dapat diarahkan juga untuk membantu meningkatkan kualitas layanan Reka Desa, misalnya DSS untuk Penentukan Permohonan Kredit, dll. Dan Reka Desa akan menyediakan fasilitas yang memadai

3

Pembuatan Basis Data Pendidikan Guru dan Siswa di DikNas Kutai Barat

1.       Mengembangkan sistem sehingga tercipta database primer guru dan siswa sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam manajemen pendidikan dalam hal ini sumberdaya guru dan siswa.

2.       Meningkatkan perangkat-perangkat yang tersedia, untuk mendukung sistem data primer guru dan siswa.

3.       Meningkatkan kemampuan staf Diknas dalam memanfaatkan teknologi informasi beserta sistem yang disediakan

  • Kemajuan program: Sistem sudah diinstall dan training bagi pemakai sistem di KuBar sudah dilaksanakan
  • Tim yang terlibat: Ketua PKTI, Agung, Bernard, Priti
  • PKS sudah ditandatangani pihak DikNas

4

Pelatihan Jaringan Komputer dan Internet Staff Bapeda KuBar

1.       Meningkatkan wawasan dan ketrampilan staf BAPEDA mengelola dan merawat infrastruktur jaringan komputer dan internet di BAPEDA

2.       Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas staf BAPEDA mendayagunakan berbagai resource yang tersedia di internet terutama untuk mendukung pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya

3.       Menyiapkan staf BAPEDA untuk menjadi agen perubahan di kantor BAPEDA sehingga BAPEDA terus maju dan berkembang sehingga bisa melayani semua pihak secara profesional

  • Kegiatan akan dilaksanakan pada sekitar pertengahan bulan Juli 2007
  • Jumlah peserta berdasarkan data pada tanggal 11 Mei 2007 sebanyak 10 orang
  • Perlu didisain materi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, dan harus segera dikoordinasikan ke Bapeda
  • Rancangan TIM general:

               i.      Koord. Ketua PKTI

             ii.      Sie Materi: Haris (intenet), Agung (jaringan)

            iii.      Sie Tour: Eko Hari

            iv.      Sie lain-lain (bendahara, sekret, laboran, dll): karyawan dan mahasiswa.

5

Pembangunan ICT di dua kecamatan

1.       Peningkatan kapasitas layanan sistem jaringan untuk menjangkau seluruh lingkungan kerja diknas serta penyediaan sarana interkoneksi dengan instansi lain serta layanan kepada publik.

2.       Peningkatan kualitas layanan sistem jaringan dengan mengembangan server farm menjadi sistem intranet yang bermanfaat untuk menunjang kinerja dinas pendidikan lebih-lebih dalam pelayanan kepada masyarakat.

3.       Mengembangkan embrio sistem jaringan intranet untuk jaringan sitem informasi pendidikan yang mengintegrasikan dinas dengan sekolah maupun instansi terkait.

  • Program sudah harus jalan tahun ini
  • Perlu kajian secara akademis untuk menentukan teknologi dan alat yang akan digunakan
  • Belum ada tim. Rencana awal sebagai koordinator adalah Agung dengan melibatkan Iwan (hiden anggota karena terkait dengan studi lanjut), dan mahasiswa yang dikader untuk dapat menangani jaringan komputer.
  • Direncanakan pada tanggal-tanggal 20 ada pegawai DikNas akan mengunjungi USD dan kesempatan ini akan dimanfaatkan untuk berdiskusi

 

6

Pembangunan Situs Bapeda KuBar

Menyediakan sebuah website dan email server baik untuk internet maupun intranet bagi PemKab Kutai Barat

  • Program sudah harus jalan tahun ini
  • Perlu diskusi lebih lanjut untuk menentukan konten dan teknologi yang akan digunakan
  • Belum ada tim. Rencana awal sebagai koordinator adalah Haris dengan melibatkan Bramono, dan mahasiswa TI maupun IKOM
  • Pada pelaksanaan pelatihan bagi staf Bapeda diharapkan ada diskusi-diskusi mengenai program ini.

 

 

 
 
© 2019 - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami   |  1 user(s) online