Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat

Loading
HOMEPROFILEPENELITIANPENGABDIANPUSATPUBLIKASI USDBERITAKONTAK

  Publikasi USD

JURNAL  ●
PENERBITAN  ●
BULETIN  ●
 

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE MIND CLUSTERING ; BERBASIS KONTEKSTUAL

>> oleh :
Dra. Darsiti, M.Pd ( Pengajar SMPN 3 Banguntapan , Bantul, Yogyakarta)
Halaman :
 

Abstract

Permasalahan dalam tulisan ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa SMP. Faktor yang menyebabkannya adalah karena para siswa merasa tidakmampu menulis dan kurang berlatih, sedangkan dari faktor guru karena guru mengajarnya konvensional, kurang inovatif dan kreatif sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan bagi siswa.

Penulisan ini bertujuan (1) menerapkan pembelajaran keterampilan menulis cerpen dengan metode mind clustering berbasis kontektual, dan (2) mengetahui apakah penggunaan metode mind clustering dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran keterampilan menulis cerpen. Pembelajaran ini dilakukan di kelas IX F SMP N 3 Banguntapan tahun ajaran 2009/2010 yangberjumlah 36 siswa.

Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis dengan metode mind clustering ternyata (1) mendapat respon positif dari siswa, (2) pembelajaran keterampilan menulis menjadi menyenangkan bagi siswa, dan (3) metode mind clustering ternyata efektif untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Katak unci: efektivitas, keterampilan menulis, mind clustering dan kontekstual.


References

 
 
Kirim eMail ke penulis :
 
Nama  :
eMail  :
Isi  :

5U482H

Karakter Acak :
 
© 2019 - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami   |  1 user(s) online