Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat

Loading
HOMEPROFILEPENELITIANPENGABDIANPUSATPUBLIKASI USDBERITAKONTAK

  Penelitian


+ Ilmu Sejarah
+ Ekonomi
+ Farmasi
+ Psikologi
+ Pendidikan Ekonomi
+ Teknik
+ Bimbingan Konseling
+ Sastra
+ Fisika
+ Pendidikan Biologi
+ Matematika
+ Pendidikan Akuntansi
+ Pendidikan Bahasa Inggris
+ Pasca Sarjana
+ PGSD
+ Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
+ Pendidikan Matematika
+ Pendidikan Fisika
+ IPPAK
 - Pendidikan Sejarah
     - Sedang berlangsung
     - Selesai
         - Seminar
         - Jurnal
         - Buku
         - Laporan
+ Teologi
Bidang Ilmu Pendidikan Sejarah --> status Laporan

CRITICAL THINGKING MODEL LOGIKA TOULMIN SEBAGAI STRATEGI OPTIMALISASI PENINGKATAN KADAR KETAJAMAN ARGUMEN ARTIKEL-ARTIKEL ILMIAH DALA JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI 

>> oleh :
Dr. Yuliana Setiyaningsih
Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum
 
.: status penelitian : kelompok
.: dilaksanakan : January s/d November 2017
.: sumber dana : KEMRISTEK DIKTI

Abstraksi :

Partisipasi inetelktual indonesia tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Berdasarkan catatan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2007/2008, kontribusi ilmiahIndonesia hanya 0,021%. Angka Presentase kontribusi ilmiah itu jauh lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat dan Jepang yang mencapai >20%. Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga, konstribusi ilmiah Indonesia masih berada di bawah Filipina 0,035%, Malaysia 0,064%, Thailand 0,086%, dan Singapura 0,176%. Selanjutnya, data jumlah jurnal Ilmiah nasional terakreditasi DP@M DIKTI yang dimuat di laman SIMLITABMAS menunjukan bahwa pada tahun2011 jumlah jurnal nasional yang terakreditasi DIKTI sebanyak 52 jurnal, pada tahun 2012 sebanyak 35 jurnal, pada tahun2013 sebanyak 25 jurnal. Fakta penurunan jumlah jurnal terakreditasi inijuga menunjukan kualitas publikasi yang kian menurun. Ketika dicermati ketajaman argumen-argumen artikel-artikel ilmiah dalam jurnal tersebut, disinyalir banyak jurnal ilmiah nasional yang semula beratus terakreditasi harus berguguran menjadi tidak terakreditasi. Fakta inilah yang menggelitik peneliti untuk melihat kadar ketajaman artikel-artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi dan mencari penerobosan bagaimana meningkatakannya. Kualitas artikel ilmiah sangat ditentukan oleh ketajaman argumen yang disampaikan oleh penulis.
Dengan mendasarkan pada gambaran kondisi yang berkaitan dengan kualtias argumen pada artikel-artikel jurnal ilmiah nasional terakreditasi yang disampaikan di depan, masalah umumpenelitian ini dirumuskan sebagai berikut. (a) Bagaimanaka gambaran pola argumen bagian pembahasan artikel-artikel ilmiah jurnal nasional terakreditasi?  (b) Bagaimanakah kadar kualitas argumen bagian pembahasan artikel-artikel jurnal ilmiah nasional terakreditasi? (c) Bagaimanakah strategi peningkatan kadar kualitas-kualitas argumen bagian pembahasan artikel-artikel ilmiah jurnal nasioanal terakreditasi melalui critical thingking model logika toulmin? Adapun tujuan khusus penelitian tahun ketiga ini dirumuskan sebagai berikut. (a) Mendiskripsikan gambaran pola argumen paragraf-paragraf argumentatif bagian pembahasan artikel-artikel ilmiah jurnal nasional terakreditasi bidang farmasi. (b) Mendiskripsikan kadar kualitas argumen paragraf-paragraf argumentatif bagian pembahasan artikel-artikel ilmih jurnal nasional terakreditasi bidang farmasi. (c) Mendiskrisipkan strategi peningkatan kadar kualitas argumen paragraf-paragraf argumentatif bagian artikel-artikel ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi critical Thingking  model logika toulimin. Adapun, data dikumpulkan dengan menerapkan metode simak dengan teknik-teknik dasar dan selanjutnya. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode content analysis (analisi isi).

Hasil penelitian tahun ketiga ini disampaikan sebagai berikut. Hasil penelitian menunjukan adanya tujuh pola argumentasi, yakni (1) pola PU - P ; (2) Pola PU - P-PP; (3) Pola PU - P - PP- Pn (4) Pola PU-P-PP-RP; (5) Pola P-P-PP-S; (6) Pola P-RP-P-PP-S; (7) Pola P-PP-PU-RP-P-PP. Adapun terkait dengan ketajaman argumentasi, peneliti menemukan tiga variasi kadar ketajaman, yani Rendah, Cukup, dan Tinggi dengan dominasi pada kadar Cukup dan Tinggi. Dengan berdasarkan pada temuan pola argumentasi dan kadar ketajamn argumentasi di atas, penelit merumuskan strategi optimalisasi peningkatan kadar kualitas artikel jurnal dengan menerapkan logika berpikir kritis Stephen Toulmin dkk. (1993) dan pedagogi reflektif yang secara elaboratif dipaparkan dalam bentuk model yang telah ber-ISBN.
Luaran-luaran yang telah dihasilkan dari penelitian ini adalah (1) Artikel ilmiah dalam jurnal nasionl terakreditasi Adabiyyat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam status publishted (2016), (2) Artikel jurnal internasional berputasi Kritika Kultura Online dala status submitted, (3) makalah ilmiah dipresentasikan dalam seminar internasional ISLLE bekerjasama dengan IKAPROBSI dan seminar internasional ICELA, kedua-duanya di UNJ, serta seminar internasional KOLITA 15 di Unika Atma Jaya Jakarta.
 
 

<< back
 
© 2019 - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami   |  1 user(s) online