Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat

Loading
HOMEPROFILEPENELITIANPENGABDIANPUSATPUBLIKASI USDBERITAKONTAK

  Penelitian


+ Ilmu Sejarah
+ Ekonomi
+ Farmasi
+ Psikologi
+ Pendidikan Ekonomi
+ Teknik
+ Bimbingan Konseling
+ Sastra
+ Fisika
+ Pendidikan Biologi
+ Matematika
+ Pendidikan Akuntansi
+ Pendidikan Bahasa Inggris
+ Pasca Sarjana
+ PGSD
+ Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
+ Pendidikan Matematika
+ Pendidikan Fisika
+ IPPAK
 - Pendidikan Sejarah
     - Sedang berlangsung
     - Selesai
         - Seminar
         - Jurnal
         - Buku
         - Laporan
+ Teologi
Bidang Ilmu Pendidikan Sejarah --> status Laporan

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SEJARAH LOKAL BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BAGI SISWA SMA DI YOGYAKARTA

>> oleh :
Dra. Sumini Theresia, M.Pd
Hendra Kurniawan, M.Pd
 
.: status penelitian : kelompok
.: dilaksanakan : January s/d November 2017
.: sumber dana : KEMRISTEK DIKTI

Abstraksi :
  Pembelajaran Sejarah Indonesia memegang peran strategis dalam pembentukan karakter kebangsaan. Mata pelajaran Sejarah Indonesia perlu dikembangkantidak hanya pada kajian sejarah nasional, namun juga sejarah lokal. pengenalan sejarah lokal kepada siswa dengan memanfaatkan media audio visual diharapkan menjadi lebih mudah. Keberhasilan pembelajaran sejarah lokal diharapkan dapat mendukung pemahaman siswa terhadap sejarah nasional Indonesia.oleh karena itu, penelitian ini berhasil mengembangkan media audio visual sejarah lokal bermuatan pendidikan karakter yang dapat digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Siswa SMA di Yogyakarta.
  Penelitian pada tahun  I (2017) dihasilkan prototipe pruduk berupa media audio visualsejarah lokal yang telah divalidasi dan diujicobakan pada siswa SMA di Yogyakarta. Media audio visual divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli pendidikan karakter, dan Praktisi/guru. Uji coba dilaksanakan dalam dua tahap , yaitu uji coba pada siswa SMA dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Sedangkan untuk uji efektivitas produk akan dilakukan pada tahun ke-II (2018).
  Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi suatu produk di bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan pendidikan umum dari Plomp, yang meliputi lima tahap yakni: (1) Investigasi awal, (2) Desain, (3)Realisasi/Kontruksi,(4) Pengujian dan Revisi, (5) implementasi. Fase 2-4 dilakukan pada tahun I, sedangkan fase 5 pada tahun II. Teknik pengumpulan data dilakukan demham kuisoner dan wawancara. Data penelitian pada tahun I berupa data kuantatif dan kualitatif yang merupakan hasil verifikasi ahli dan evaluasi dari siswa mengenai kebermanfaatan produk yang dihasilkan. Data tersebut dianalisis secara deskriptif.
  Hasilnya media audio visual yang dikembangkan cocok untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia bagi siswa kelas X. Khususnya pada pokok bahasan perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Hasil validasi dari para ahli rata-rata menyebut bahwa media yang dikembangkan sudah baik. uji coba dalam kelompok kecil dan kelompok besar juga menunjukan hasil baik. Revisi produk dilakukan agar pada akhirnya produk akhir dari media audio visual yang dihasilkan dalam penelitian ini layak dan siap untuk tahapan implementasi. Butuh penelitian lanjutan untuk uji efektivitas yang fokus pada manfaat media audio visual dalam penguatan pendidikan karakter siswa, khususnya sikap nasionalisme, patriotisme, dan kejujuran.
  Luaran utama penelitian tahun I ini adalah media audio visualsejarah lokal yang memiliki kualitas baik dan siap diterapkan di sekolah. Sedangkan luaran tambahan penelitian tahun I ini yaitu artikel yang dikirim dalam prosiding seminar nasional. Kedua luaran ini telah tercapai.

Kata-kata kunci: Pengembangan, media audio visual, Pendidikan karakter, sejarah lokal, pembelajaran sejarah,SMA, dan Yogyakarta.

<< back
 
© 2019 - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami   |  1 user(s) online