Berita

Pendampingan Optimalisasi Kualitas Kemasan Sebagai Pengembangan Strategi Pemasaran Umkm

17 Mei 2023

Persaingan antar UMKM pada saat ini sangatlah kompleks karena derasnya arus perdaganan bebas yang membuat kompetisi datang dari segala arah. UMKM diharapkan mampu menerapkan strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan dan memperhatikan produk yang berkualitas agar produk mereka dapat diterima di kalangan masyarakat. Hal ini menggerakan tim pengabdi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma bersama dengan empat mahasiswa melakukan pengabdian terhadap salah UMKM yang ada di Yogyakarta yaitu Pie Daily. Kegiatan Pengabdian ini dapat terlaksana atas dukungan LPPM USD melalui Hibah PKm PU tahun 2023. 

Pie Daily merupakan salah satu UMKM di Yogyakarta yang berdiri dari tahun 2017 dengan menyediakan berbagai macam pie dengan varian yang beraneka ragam. Mulai dari varian pie buah, pie coklat, pie susu, pie keju, pie apel, pie daging dan masih banyak lagi. Citarasa pie ini enak dan berkualitas, hanya saja kemasannya masih kurang. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kali ini bertujuan untuk membantu Pie Daily meningkatkan pemasarannya melalui kualitas kemasan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dikoordinir oleh Ibu Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti, M.Sc. dan ibu Fransisca Desiana Pranatasari, S.E., M.M. dengan mengajak empat mahasiswa aktif Program Studi Manajemen yaitu Devina Meilasari, Maria Sekar Ayu, Silvester Ade Alvino Angelson Pardede, dan Ni Putu Ayu Regita Wirantini.

Saat ini, Pie Daily memiliki keterbatasan dalam pengembangan desain kemasan sebagai strategi pemasaran untuk memperoleh positioning dalam benak konsumen.  Padahal disatu sisi, kemasan menjadi salah satu pendorong agar mampu menarik respon positif dari konsumen. Pie Daily selama ini menggunakan kemasan mika yang dijual dipasaran. Kemasan ini memang sudah dikatakan layak untuk usaha kuliner namun kurang menarik. Berikut adalah kemasan yang biasanya digunakan Pie Daily dalam menjual produknya.
 
Karena kurang menariknya kemasan tersebut, tim pengabdi memberikan solusi praktis untuk melakukan pendampingan mengenai pengelolaan dan pengembangan desain kemasan. Langkah pertama yang dilakukan oleh tim pengabdi adalah diskusi dengan owner Pie Daily mengenai desain yang baik sehingga dapat meningkatkan strategi pemasaran. Setelah itu tim pengabdi melakukan verfikasi mengenai desain baru Pie Daily dengan  owner, yang dilanjutkan dengan finalisasi desain untuk cetak kemasan. Tidak hanya itu, tim pengabdi juga akan melakukan riset mengenai potensial konsumen terhadap kemasan Pie Daily yang baru. Hasilnya, banyak potensial konsumen yang menyatakan bahwa kemasan terbaru ini lebih menggugah selera dibandingkan kemasan lama.


Desain kemasan kali ini menyongsong warna yang cerah disesuaikan dengan target potensial konsumen dari Pie Daily. Warna cerah dalam kemasan mampu meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk, seperti warna kuning yang memiliki makna ceria dan hangat. Harapannya, kemasan Pie Daily yang baru ini mampu meningkatkan identitas produk dan memperoleh positioning dalam benak konsumen. Tim pengabdi juga membantu Pie Daily dalam cetak kemasan. Beberapa desain kemasan dari tim pengadi adalah sebagai berikut:
 

Dengan adanya desain kemasan yang unik dan menarik, tim pengabdi berharap dapat membantu Pie Daily untuk memperoleh positioning dalam benak konsumen. Keberhasilan dari pendampingan Pie Daily ini diukur melalui terciptanya desain kemasan Pie Daily yang menarik sesuai dengan target potensial konsumennya.

Penulis: Maria Sekar Ayu, Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti, M.Sc. Fransisca Desiana Pranatasari, S.E., M.M.

Kembali