Berita

Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Dampingi UMKM “De Thela” dalam Peningkatan Pendapatan pada Masa Pandemi Covid-19

03 November 2022

Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma melakukan pendampingan UMKM De Thela UMKM De Thela yang beralamat di Puconganom RT 01/RW 36, Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pendampingan selama 6 bulan yakni dari bulan Mei sampai dengan Oktober 2022. Pendampingan mengenai kewirausahaan, pengelolaan keuangan, dan pentingnya memiliki legalitas usaha bagi UMKM De Thela sehingga dapat mengembangkan usaha serta meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan usahanya terutama pada masa pandemi covid-19.


Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma yang terlibat yaitu Christina Heti Tri Rahmawati, S.T., S.E., M.Sc (P.2447) dosen Prodi Manajemen USD, Drs. Rubiyatno, M.M. (P.1679) dosen dari Prodi Manajemen USD, Drs. Theodorus Sutadi, M.B.A. (P.1254) dosen dari Prodi Manajemen USD, Florentinus Nugro Hardianto (P.2469) dosen dari Prodi Ekonomi USD. Sedangkan Mahasiswa terdiri dari  Y. Krisna Andika Priyambudi (NIM: 182214077) mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2018 dan Maurel Paurissa (NIM: 182214066) mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2018.





Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat untuk diantaranya: (1) pemilik UMKM De Thela memiliki literasi keuangan dalam kategori sedang mengenai produk layanan jasa keuangan untuk investasi menabung, meminjam dan asuransi; (2) UMKM De Thela mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan membuat pencatatan keuangan yang baik; (3) UMKM De Thela mempunyai legalitas usaha: (4) UMKM De Thela mempunyai business modal canvas untuk mengembangkan usaha; dan (5) UMKM De Thela mempunyai papan nama usaha serta menggunakan media sosial Whatsapp dan Instagram serta platform layanan online food delivery melalui Shopee Food dan Tukoni untuk meningkatkan pemasaran produk.





Implikasi kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dengan adanya pendampingan kewirausahaan tersebut dapat memudahkan UMKM De Thela untuk mengurus hak paten, pengembangan usaha serta meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan usahanya terutama pada masa pandemi covid-19. Kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat terus berlanjut dan pada akhirnya dapat membuat pelaku UMKM De Thela lebih berkembang dengan upaya menjalin kerja sama dengan pemerintah, sektor swasta bahkan lembaga kredit mikro untuk mengatasi masalah modal dan berbagai permasalahan yang mungkin muncul kemudian.

                                                                                   

Kembali