Berita

PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DAN LITERASI BERBASIS PENDEKATAN MONTESORI DI SD KANISIUS SOROWAJAN

01 November 2022

Keberadaan perpustakaan yang memenuhi standart nasional perpustakaan di sebuah sekolah merupakan satu hal yang sangat penting.  Selain untuk menimbulkan kecintaan para siswa terhadap budaya minat baca, memperkaya pengalaman belajar selain di ruang kelas, menemukan kebiasaan belajar mandiri dan belajar sepanjang hayat.  Maka kebutuhan akan tenaga perpustakaan yang ahli dalam bidangnya ataupun memiliki sertifikat pustakawan menjadi hal yang wajib. Namun keterbatasan sumber daya manusia yang ada di Sekolah Dasar Kanisius Sorowajan menjadikan ketersediaan tenaga pustakawan ini tidak dapat terpenuhi. Berangkat dari keprihatinan ini, maka tim PKMPU yang dimotori  oleh Romo Gregorius Ari Nugrahanta mencoba untuk membantu mendampingi para guru SD Kanisius Sorowajan dalam upaya menyiapkan perpustakaan sekolah munuju akreditasi.

Kegiatan diawali dengan kunjugan kerja ke SD Model Sleman untuk melihat dan belajar tentang pengelolaan perpustakaan serta berbagai macam hal yang harus dipersiapkan dalam akreditas perpustakaan sekolah. Kegiatan ini didampingi oleh Eko Hari Parmadi selaku penaguungjawab kegiatan. Rombongan guru SD Kanisius Sorowajan yang berjumlah 7 orang guru dipimpin langsung Ibu Maria selaku kepala sekolah.  Kegiatan yang dilangsungkan pada tanggal 29 Juni 2022 ini berlangsung dengan baik.  Para guru juga belajar dengan para tenaga perpustakaan sekolah baik tentang cara penggolongan buku, penataan rak buku, administrasi peminjaman sampai pada sistem informasi perpustakaan yang dipakai.

Gambar 1. Rombongan Guru SD Kanisius Sorowajan diterima oleh Kepala Sekolah SD Model


Gambar 2. Penjelasan tentang Penggolongan Buku oleh Pustakawan SD Model
 
Setelah mengalami dan melihat secara langsung contoh perpustakaan sekolah yang terakreditasi, para guru selanjutnya lelakukan kegiatan magang di perpustakaan Universitas Sanata Dharma. Kegiatan magang yang diikuti oleh 5 orang guru dan berlangsung selama 2 minggu mulai tanggal 14 Juli 2022 sampai dengan 28 juli 2022.  Guru yang mengikuti magang didampingi secara langsung oleh Bapak Suparmo. Selain partik secara langsung, Mereka juga mendapatkan pengetahuan berkaitan dengan pengelolaan pustaka, cara mengkategorikan, peminjaman dan didampingi langsung oleh para staf perpustakaan yang bersertifikat.

Gambar 3.  Para Guru Magang dan Pendamping Magang Perpustakaan
Gambar 4. Pemberian Materi Tentang Pengembangan Pustakan oleh Staf Perpustakaan Universitas Sanata Dharma
 
Peserta magang dibekali juga dengan program aplikasi pengelolaan perpustakaan secara gratis serta dipandu dalam menginstall program di komputer atau laptop masing-masing. Salah satu puru peserta magang, Bu Agnes biasa dipanggil menyampaikan bahwa ia sangat beruntung mengikuti kegiatan PKMPU ini.  Ilmunya sangat bermanfaat dan dapat diterapkan untuk pengelolaan perpustakaan SD Kanisius Sorowajan, kata Bu Agnes kepada tim PKMPU.

Guna mendukung pengelolaan perpustakaan menuju akreditasi, TIM PKMPU juga mengajak mahasiswa informatika Angkatan 2019 yaitu Axel dan Vanessa. Pembuatan program aplikasi sensiri beralngsung selama 2 bulan dimulai pada 3 Agustus 2022 sampai 3 Oktober 2022. Mereka membuat program pengelolaan perpustakaan SD Kanisius Sorowajan Berbasis Web. Para guru juga sudah mendapatkan pelatihan mengenai program aplikasi tersebut.  Kegiatan ini didampingi langsung oleh Bapak Eko Hari Parmadi.

Supaya kegiatan literasi di SD Kanisius Sorowajan Berlangsung dengan baik, TIM PKMPU juga mengadakan program literasi berbasis montesori yang melibatkan siswa kelas satu dan siswa kelas lima. Kegiatan ini didampingi oleh HilaryRelita Vertikasari Sekarningrum mahasiswa dari program studi S2 PBSI USD, serta 2 mahasiswa S1 PGSD yaitu: Ni Kadek Swandewi dan Fransiska Tyas Virya Prasanti. Pelaksanaan kegiatan pengembangan literasi yang dilakukan di SD Kanisius Sorowajan dimulai pada bulan Agustus sampai dengan Oktober. kegiatan literasi Montessori yang dilakukan oleh kelas 1 dimulai dari tanggal 16 Agustus 2022 sampai dengan 29 Agustus 2022. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan implementasi literasi kelas 5 yang dimulai pada tanggal 03 Oktober 2022 sampai dengan 11 Oktober 2022.

Pelaksanaan pengembangan literasi yang dilakukan di SD Kanisius ini melibatkan siswa kelas I dan V. Kelas I diikuti oleh 17 siswa, sedangkan untuk kelas V diikuti oleh 27 siswa. Keterlibatan siswa kelas I dalam kegiatan literasi berbasis pendekatan Montessori sangat tinggi, hal ini didasari oleh respon siswa ketika melakukan kegiatan literasi Montessori seperti belajar mengenal bentuk-bentuk geometri, mengenal huruf cursive Montessori melalui sandpaper letter, belajar menulis huruf Montessori melalui pasir, dan belajar menyusun sebuah kalimat melalui huruf cursive Montessori. Begitu juga untuk keterlibatan siswa kelas V dalam melakukan kegiatan literasi berpikir kritis. Siswa terlibat secara aktif dalam memahami, menganalisis teks bacaan melalui latihan soal yang telah disusun.


Gambar 5. Pendampingan Montessori ke siswa kelas satu
Gambar 6. Pendampingan Siswa Kelas Lima
 
Semoga kegiatan PKMPU yang telah dilakukan terus berkelanjutan dan kolaborasi antar program studi dalam membantu mengatasi permasalahan di sekolah dasar kanisius Sorowajan maupun masyarakat semakin terlihat secara nyata. Demikian pula halnya dengan keterlibatan, kolaborasi dan kreativitas mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat juga semakin bertumbuh. (EHP)

Kembali