Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id  

Universitas Sanata Dharma

Lembaga Bahasa

  
HomeProfilePusat PusatInternational StudentsPendaftaran StaffMail USDKontak
 

BERITA KEGIATAN

CULTURE FEST 2015

Anak muda memiliki segudang kreativitas dalam berkarya maupun berbudaya. Diperlukan wadah yang tepat untuk mereka dalam mengekspresikan ide-ide kreativitas menjadi karya yang berkualitas. Hal inilah yang mendasari tema Culture Fest pada tahun ini, “Karsa Muda Karya Budaya”.

Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma (LBUSD) kembali mengadakan kegiatan tahunan Culture Fest pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015. Simon Harsa Manggala, selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan Culture Fest bertujuan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa-mahasiswi asing yang belajar bahasa Indonesia di LBUSD dalam memperkenalkan budaya mereka. Simon menambahkan, Culture Fest tahun ini menyoroti kreativitas anak muda dalam berkarya dan berbudaya seiringan dengan tema Culture Fest pada tahun ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Culture Fest kedelapan ini, diadakan dengan lebih meriah di Panggung Terbuka Lapangan Realino. Tidak hanya sekedar penampilan budaya, para pengunjung disuguhkan demo memasak dari tujuh negara yang telah siap dengan sajian khas negara masing-masing. Hal ini menjadi semakin spesial karena Culture Fest pada tahun ini bertepatan dengan hari jadi LBUSD yang kesepuluh.

Setelah menyaksikan penampilan pembukaan dari grup tari Chila, para penonton disuguhkan penampilan khas dari berbagai negara yang terangkum dalam Festival Budaya. Kelompok Jepang membawakan tarian tradisional yang turut serta mengajak penonton yang hadir untuk menari bersama. Kelompok dari negara Filipina membawakan sebuah lagu rohani bertempo lambat. Kelompok dari negara Thailand turut membawakan tiga buah lagu berbahasa Thailand. Kemeriahan pada malam hari itu dilanjutkan oleh penampilan dari PBI Choir, Wushu, Korekayu, Sekar Jepun, dan Komunitas Dayak. Sebagai puncak dari rangkaian acara di Culture Fest ini, sebelas orang dengan lantang membacakan puisi berjudul “Pelangi di Dinding Kota” karya Vincentius Gitiyarko dalam sebelas bahasa yang berbeda; Inggris, Thai, Jepang, Tagalog, Uzbek, Korea, Rusia, Jawa, Ukraina, Mandarin, dan Indonesia. Acara pembacaan puisi ini telah menjadi acara yang tetap dan utama sejak Culture Fest pertama kali diadakan.

Dalam sambutannya, Dr. Bernardine Ria Lestari, selaku Ketua Lembaga Bahasa USD,  menyampaikan bahwa konsep dekorasi Culture Fest tahun ini yang warna-warni menjadi simbol keberagaman yang seirama. Hal tersebut juga bertujuan untuk memberikan warna kepada Lembaga Bahasa dan dunia untuk menjaga perdamaian bagi semua orang. Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D., selaku Wakil Rektor IV USD, berharap bahwa Lembaga Bahasa semakin mampu dalam mengembangkan pelayanan terhadap masyarakat. (k_ant)

Liputan Kegiatan: https://www.facebook.com/CFLBUSD/?fref=ts

Program Kursus
Program Tes
Layanan Dokumen
Download
Video Kegiatan
Fasilitas
Galeri
 
 
 
PUSAT
Pusat Bahasa Asia
Pusat Bahasa Inggris untuk Komunikasi Internasional
Pusat Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus
Pusat Pengujian Bahasa
Pusat Penerjemahan
LINK TERKAIT
USD Official
ILCIC
CEIC
Testing Center
English Extension Course
 
KONTAK

Lembaga Bahasa
Universitas Sanata Dharma 
Jl. Affandi Mrican CT Depok Sleman Yogyakarta 55281. Telp./Fax: 0274-540739. Email:lbusd@usd.ac.id; web.lbusd@gmail.com. Website: www.usd.ac.id/lb. Acct No. CIMB NIAGA: 287.01.00277.00.5  / 800.07.75408.00 a.n. LPUSD

Total Jumlah Kunjungan : 321862
User(s) Online : 5