Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma

Lembaga Bahasa memulai pelayanannya pada bulan Juli 1992 dengan menggunakan nama Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa Universitas Sanata Dharma. Pada awalnya, institusi ini hanya menawarkan pelatihan Indonesian Language and Culture Intensive Course (ILCIC) untuk mahasiswa dan dosen dari Universitas Edith Cowan, Perth, Australia . Dalam perkembangannya, P3 Bahasa telah menawarkan tidak hanya pelatihan bahasa Indonesia kepada dosen dan mahasiswa dari Australia, tapi juga untuk para ekspatriat yang ingin bekerja di Indonesia maupun mahasiswa asing yang ingin mendalami bahasa dan budaya di Indonesia. Melihat program ILCIC sangat diapresiasi oleh para staf, P3 Bahasa kemudian membuka program yang sama untuk Bahasa Inggris bagi siswa Indonesia. Pada bulan Oktober tahun 2005, Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa Universitas Sanata Dharma berubah menjadi Lembaga Bahasa Univesitas Sanata Dharma (LBUSD). Perubahan ini menuntut Lembaga Bahasa untuk meningkatkan metode pengajarannya, bahan-bahan ajar, dan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan para konsumen. Saat ini LBUSD tidak hanya menyediakan kursus Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, namun juga bahasa Asia Timur lainya, seperti Bahasa Korea, Bahasa Mandarin dan Bahasa China. Selain itu LBUSD juga menjadi tempat tes bagi beberapa macam tes berstandar nasional maupun internasional seperti IELTS, TOEFL ITP dan TOEIC.
Visi
  • Keunggulan dalam pembelajaran, pengkajian dan pengambangan bahasa dapatmenjadi sarana pengembangan persona yang penuh dan utuh, sehingga mampu turut serta melindungi dan meningkatkan harkat manusia.
  • Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma merupakan satuan pendukung Program Studi Bahasa sebagai bagian dari usaha utama Universitas.
 
Misi
  • Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma (LBUSD) mengusahakan keunggulan dalam pembelajaran, pengkajian dan pengembangan bahasa, sebagai sarana pengembangan persona yang penuh dan utuh, sehingga mampu turut serta melindung dan meningkatkan harkat manusia.
  • Sebagai satuan pendukung Program Studi Bahasa (dengan tugas utama memusatkan diri pada pengkajian dan pembelajaran bahasa bagi mahasiswa), LBUSD bekerjasama dengan Program Studi menyelenggarakan pembelajaran bahasa bagi mahasiswa non-bahasa, para dosen dan karyawan Universitas Sanata Dharma, dan masyarakat umum, serta pengkajian dan pengembangan bahasa.
 

  kembali