Chinese Language and Culture Course (CLCC)

clccclccKursus Bahasa Mandarin bertujuan untuk membantu mereka yang ingin belajar bahasa Mandarin; baik itu untuk mempersiapkan para pelajar yang ingin belajar di Tiongkok maupun mereka yang ingin mengembangkan kemampuan berbahasa Mandarin untuk tujuan khusus, seperti: percakapan sehari-hari, ekonomi dan lainnya.
Belajar bahasa Mandarin menjadi penting dan mendesak karena bahasa Mandarin sekarang sudah dikenal dalam skala international. Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan-perusahaan dari Tiongkok yang membutuhkan pekerja lokal tetapi mempunyai kemampuan bahasa mandarin yang bagus. Selain itu, sudah cukup banyak beasiswa bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi di Tiongkok.
Selain mempelajari bahasa, para peserta kursus bahasa Mandarin di LBUSD juga akan diperkenalkan budaya-budaya Tiongkok. Tiongkok sebagai sebuah negara juga mempunyai nilai-nilai luhur. Nilai-nilai itu tersimpan di dalam gerak budaya mereka. Di samping itu, antara budaya dan bahasa mempunyai ikatan yang cukup kuat karena bahasa tidak lain merupakan salah satu bentuk aktualisasi budaya dalam bentuk perkataan dan tulisan.

Kursus bahasa Mandarin di LBUSD dibagi menjadi 7 level, yaitu:

  1. Level 1 dan level 2 merupakan level basic. Di dalam kedua level ini, para peserta kursus akan difokuskan tentang materi dasar Bahasa Mandarin, terutama yang berkaitan dengan pelafalan, nada, dan dasar-dasar penulisan karakter. Pada akhir program, diharapkan peserta sudah mampu menyapa dan menyusun kalimat sederhana dalam bahasa Mandarin.
  2. Level 3, level 4 dan level 5 merupakan level intermediate. Di dalam level-level ini para peserta kursus akan diajak untuk memahami dan menerapkan tata bahasa Bahasa Mandarin. Penerapan dalam hal ini berbentuk latihan, percakapan dan mengarang. Seiring berjalannya waktu, peserta akan dengan sendirinya bertambah kosakatanya dalam Bahasa Mandarin.
  3. Level 6 dan level 7 merupakan level advance. Dalam level ini mereka akan lebih banyak berbicara, presentasi dan menulis. Para peserta kursus akan diberi beberapa topik yang kemudian akan mereka komentari baik secara lisan maupun tertulis.

  kembali