Universitas Sanata Dharma

Fakultas Teologi

 
Loading

AKTUALITA

The 2nd Joint Conference Wedabhakti - Vidyajyoti
14 October 2018
Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma yang juga bernama Fakultas Teologi Wedabhakti senantiasa membutuhkan partner, baik untuk mengembangkan metodologi dalam berteologi, maupun untuk semakin menemukan wilayah-wilayah baru dalam berteologi, baik dalam konteks Indonesia maupun Asia. Usaha ini dikembangkan salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Vidyajyoti Theological College, Delhi, India.




Dua tahun yang lalu, kerjasama ini dimulai dengan penyelenggaraan joint conference yang mengangkat tema "Doing Triple Dialogue: Challanges and Opportunities in Indonesia and India" yang dilangsungkan di kompleks kampus Vidyajyoti. Dalam rangka itu, 10 dosen dari Fakultas Teologi USD/Wedabhakti berangkat ke Delhi untuk mengikuti joint conference tersebut. Pengalaman tersebut menambah perspektif baru mengenai realitas Asia pada umumnya, dan tantangan-kesempatan berteologi di India secara khusus.



Di kesempatan konferensi bersama kedua yang mengambil tema: “Contextual Theology in Asia: Learning on Methodology” ini, para dosen dan teolog dari Vidyajyoti berkesempatan datang ke Indonesia. Mereka adalah: P. Victor Edwin SJ, Sr. Shalini Mulackal, P. Stan Alla, SJ, P. Valan C. Antony SJ, P. Poulose Mangai SJ, P. Maria Arul Raja SJ. Event ini sekaligus menjadi kesempatan bagi para anggota Asosiasi Teolog Katolik Indonesia (AsTeKIa) untuk berjumpa dan berdiskusi dengan para teologi dari India tersebut. Maka diundanglah perwakilan dari STF Fajar Timur, Fakultas Filsafat Unika Widya Mandira Kupang, STF Seminari Pineleng Manado, Fakultas Filsafat Unpar Bandung, STF Widya Sasana Malang, Universitas Kristen Duta Wacana, dan juga Fakultas Ilmu Pendidikan Agama Katolik USD. Rangkaian acara konferensi dibuka pada hari Senin, 8 Oktober 2018 pagi di Aula Darmajuwana Kampus Pascasarjana Teologi. Setelah sambutan Rektor USD, Bp. J. Eka Priyatma PhD dan pengantar serta ucapan selamat datang dari Dekan Fakultas Teologi, Rm. Alb Bagus Laksana SJ, PhD. acara dilanjutkan dengan pemaparan dari keynote speaker yakni Prof. Dr. J.B. Banawiratma, dosen teologi UKDW.

Ia memaparkan perjalanan intelektualnya dalam berteologi. Dihadiri oleh seluruh civitas academica Fakultas Teologi dan para undangan lain yakni para rektor atau pimpinan komunitas. Setelah itu dinamika konferensi dilanjutkan di ruang konferensi Tom Jacobs, di Kampus Pascasarjana lantai II. Selama tiga hari, anggota "kontingen India" bergantian dengan beberapa dosen "tuan rumah" secara bergantian mempresentasikan refleksinya mengenai metodologi teologi yang selama ini dipraktekkan di bidang ilmu masing-masing: mulai dari sejarah Gereja, teologi komparatif, liturgi, teologi sosial, teologi fundamental, hingga teologi pastoral. Setiap pemaparan dilanjutkan dengan diskusi. Tukar pengalaman dalam berteologi ini akan menjadi event berkala dan akan menjaring sekolah-sekolah tinggi atau fakultas-fakultas teologi lain di Asia ini.
 
© 2019 - Fakultas Teologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami