Sejarah Singkat

Selengkapnya 

Webinar Sejarah: “Ianfu” Praktik Kekerasan Seksual Masa Jepang

Kekerasan massal terhadap perempuan pernah terjadi di Indonesia pada zaman pendudukan Jepang. Pada tahun 1942-1945, tentara Jepang melakukan perekrutan terhadap para perempuan untuk dijadikan budak nafsu serdadu Jepang. Namun, kisah ini masih banyak belum diketahui. Untuk itu HMPS Sejarah dengan dukungan Prodi Sejarah Sanata Dharma menyelenggarakan webinar bertajuk “Jugun ‘Ianfu’, Praktik Kekerasan Seksual Masa Jepang” pada Jumat 20 November 2020.

Acara webinar ini menghadirkan dua orang narasumber yang meneliti kasus kekerasan seksual masa kekuasaan Jepang di Indonesia. Mereka berdua adalah EkaHindra, Peneliti “Ianfu” Indonesia sekaligus penulis buku Momoye: Mereka Memanggilku dan Anna Mariana, penulis buku Perbudakan Seksual: Perbandingan Antara Masa Fasisme Jepang dan Neofasisme Orde Baru.

07/12/2020  |  Selengkapnya 

Virtual Field Trip Sejarah: “Pemanfaatan Digitalisasi Arsip dalam Studi Sejarah”

Senin (26/10) HMPS Sejarah Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan webinar dengan tema “Pemanfaatan Digitalisasi Arsip dalam Studi Sejarah”. Acara yang digagas oleh HMPS Sejarah ini merupakan acara pengganti dari program Studi Trip yang pada tahun ini tidak dapat dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19.

Sebagai pengganti Studi Trip, maka dalam acara webinar ini para peserta diajak untuk mengenal arsip dengan mengundang narasumber yang menekuni kearsipan yaitu Mira Puspita Rini (Koordinator Layanan Arsip ANRI) dan Faizatush Sholikhah (Kaprodi D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi UGM).

07/12/2020  |  Selengkapnya