Selamat Datang di Program Studi Sastra Indonesia USD

Lulusan Program Studi Sastra Indonesia USD menguasai ilmu bahasa, sastra, dan budaya Indonesia untuk diterapkan dalam bidang-bidang kerja aplikatif seperti ekspresi sastra, jurnalistik, pengajaran bahasa, dan bidang-bidang kreatif lainnya.

Mereka banyak berkarya di industri penerbitan buku, baik sebagai penulis maupun editor. Banyak pula lulusan yang berprofesi sebagai jurnalis di media massa cetak, elektronik, dan digital.

Ada juga yang berkecimpung dalam bidang-bidang kreatif dan komunikasi seperti pembuatan film dan iklan serta menjadi praktisi kehumasan.

Tidak ketinggalan, banyak lulusan yang mengabdi di dunia pendidikan bahasa baik di sekolah atau kampus sebagai guru atau dosen, maupun di lembaga kursus bahasa Indonesia untuk penutur asing.

Anda tertarik menjadi seperti mereka? Mari bergabung bersama kami di Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta!

Visi Misi

Visi

Menjadi program studi yang unggul di tingkat internasional dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia dalam rangka  mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas dan humanis.


Misi

  1. Program Studi Sastra Indonesia USD menyelenggarakan pendidikan bagi mahasiswa strata satu (S-1) agar menguasai ilmu bahasa, sastra, dan budaya Indonesia sehingga menjadi Sarjana Sastra Indonesia yang cerdas dan humanis.
  2. Program Studi Sastra Indonesia USD melaksanakan penelitian bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.
  3. Program Studi Sastra Indonesia USD melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.
  4. Program Studi Sastra Indonesia USD menjalin kerja sama dengan lembaga di dalam dan di luar negeri dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia.

Selengkapnya  

Hari Orang Tua Prodi Sastra Indonesia: Pentingnya Jembatan Pengertian pada Masa Perkuliahan Daring

Sabtu, (27/3/2021) telah berlangsung Pertemuan Orang Tua/Wali Mahasiswa Angkatan 2019 dan 2020 dengan para dosen di Prodi Sastra Indonesia USD. Dalam pertemuan tersebut, dibahas pentingnya membangun jembatan pengertian pada masa perkuliahan daring.

29/03/2021 | Selengkapnya...

Spirit Mempelajari Bahasa dari Penyandang Tuli

Bagi Phieter (30), mempelajari bahasa itu sangat penting. Sebab, bahasa merupakan hasil budaya manusia yang tidak berhenti berkembang dan penuh makna. Jika tidak ada bahasa, manusia tidak ada.

04/03/2021 | Selengkapnya...

Berpikir Lurus Sebagai Animale Rasionale dengan Logika Bahasa

Berbahasa memiliki kedekatan dengan aktivitas berpikir karena sejatinya bahasa dapat digunakan sebagai sarana berpikir dan sarana mengungkapkan pikiran. Manusia berpikir dengan bahasa dan mengomunikasikan pikirannya juga menggunakan bahasa. Supaya pikiran yang hendak diutarakan dengan bahasa tersebut tertata dengan rapi dan sistematis, manusia membutuhkan logika

04/03/2021 | Selengkapnya...
Kesan Lulusan

“Berbagai aktivitas Bengkel Sastra seperti penulisan kreatif, penulisan ilmiah, jurnalistik, dan pementasan telah membentuk karakter saya. Dunia kerja menjadi luas dan terbuka.”

Ferdinandus Moses
Peneliti di Badan Bahasa
Lihat Lainnya