Teknik Informatika

Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma

BERITA

PEDULI DAN BERBAGI: Hibah Komputer FST USD Bagi SD Negeri Timbulharjo
14 April 2015

 

 

 

 

Kepedulian dan semangat berbagi adalah keutamaan yang dihidupi oleh komunitas Fakultas Sains dan Teknologi. Kepedulian dan semangat berbagi ini juga telah diwujudnyatakan dalam berbagai aktivitas bagi komunitas di sekitar Kampus Paingan. Salah satu kegiatan pengabdian tersebut adalah aktivitas pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa prodi Teknik Informatika bagi SD Negeri Timbulharjo. Semenjak tahun 2012, SD Negeri Timbulharjo yang berlokasi kurang lebih 200 meter di sebelah timur Kampus III USD  Paingan  telah menjadi subjek layanan kegiatan pengabdian masyarakat program studi Teknik Informatika USD. Setidaknya setahun sekali Prodi TI USD menyelenggarakan pelatihan komputer bagi siswa dan guru SDN Timbulharjo.  Pelatihan diselenggarakan di laboratorium komputer FST mengingat keterbatasan sarana komputer yang ada di sekolah tersebut.

Melihat antusiasme siswa dan guru di sekolah tersebut, pada tahun 2015 ini beberapa dosen prodi Teknik Informatika bersama beberapa guru SDN Timbulharjo bermaksud menyusun modul bagi kegiatan ekstrakurikuler komputer bagi para siswa. Dengan adanya modul yang lebih tertata maka diharapkan aktivitas pelatihan bisa lebih efektif.

Di samping itu, untuk melengkapi fasilitas yang dapat dipergunakan para siswa untuk bereksplorasi dengan perangkat lunak pembelajaran, pada tanggal 9 April 2015 lalu, FST USD juga menghibahkan 1 buah printer dan 5 buah komputer hasil penggantian komputer di Laboratorium Komputer Dasar.  Hibah peralatan diserahkan langsung oleh Dekan FST, Ibu P.H. Prima Rosa, S.Si., M.Sc. kepada Kepala Sekolah SD Negeri Timbulharjo, Ibu M.M. Suyatini, M.Pd.  Kepala Lab Komputer Dasar, Susilo Dwiratno, selanjutnya mendampingi proses instalasi komputer di SDN tersebut. Dengan adanya hibah peralatan tersebut, kedua belah pihak berharap dapat semakin meningkatkan minat dan kompetensi siswa untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi .

Saat ini, beberapa perangkat lunak pembelajaran hasil tugas akhir mahasiswa prodi Teknik Informatika juga tengah diidentifikasi untuk  dilihat kelayakannya sebagai perangkat lunak yang akan dipasang di komputer-komputer yang dihibahkan tersebut.

Lebih jauh lagi, kerjasama berkelanjutan antara Universitas Sanata Dharma dan SD Negeri Timbulharjo saat ini sedang dalam proses untuk menghasilkan Memorandum of Understanding yang memayungi berbagai bentuk kerjasama yang mungkin antara USD dan SDN Timbulharjo. Dengan demikian, kehadiran USD di dusun Paingan akan dapat menjadi berkat bagi masyarakat di sekitarnya... (3d)

hal. 1  2  3  4  
© 2017 - Teknik Informatika - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta   | 4 user(s) online