Teknik Informatika

Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma

BERITA

Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Pembelajaran Interaktif Menggunakan Games 2014
02 December 2014

Berangkat dari Universitas Yesuit yang memiliki visi “terwujudnya Indonesia yang semakin bermartabat” dan misi “menghadirkan pencerahan yang mencerdaskan bagi masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi”, program studi Teknik Informatika Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan kegiatan edukatif bagi para siswa-siswi SD Negeri Timbulharjo yang berlokasi kurang lebih 200 meter dari kampus III Paingan USD. Fasilitas komputer di SD tersebut  masih terbatas. Walaupun fasilitas komputer di SD Timbulharjo itu ada, tetapi hanya dapat digunakan oleh kantor  Tata Usaha. Salah satu faktor belum tersedianya fasilitas laboratorium komputer dan akses internet di sekolah, mengakibatkan belum memadainya kemampuan siswa-siswi di dalam bidang TIK.

Sebagai Universitas yang memiliki tanggung jawab moral untuk mewujudkan kehadirannya yang membawa pencerahan, maka program studi Teknik Informatika USD mengagendakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dirancang untuk dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh para mahasiswa, sekaligus pengabdian kepada masyarakat bagi dosen Teknik Informatika.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama dua minggu dengan melakukan pembelajaran interaktif menggunakan beberapa game untuk siswa-siswi kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Timbulharjo, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan pembelajaran interkatif berbasis game dan juga meningkatkan ketertarikan siswa-siswi kelas IV dan V terhadap materi pembelajaran menggunakan game.

Dengan pembelajaran yang menyenangkan dari para mahasiswa dan dosen, mampu memberikan semangat bagi para siswa-siswi kelas IV dan V SD Negeri Timbulharjo selama mengikuti pembelajaran mengenai materi TIK yang diberikan. (Alexander Ryo)

hal. 1  2  3  4  
© 2017 - Teknik Informatika - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta   | 4 user(s) online