Teknik Informatika

Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma

BERITA

Be Creative with Raspberry Pi
03 December 2014

 

Sanata Dharma Hardware Club atau biasa disingkat dengan SANDHAL merupakan kumpulan dari mahasiswa-mahasiswi program studi Teknik Informatika Universitas Sanata Dharma yang tertarik mempelajari hardware komputer. SANDHAL ini selain dari kumpulan  mahasiswa- mahasiswi, juga dibimbing oleh seorang dosen yakni bapak S. Yudianto Asmoro, S.T., M.Kom yang biasa dipanggil dengan bapak Yudi.

Pada tanggal 17, 21, 24, 28 November 2014 yang berarti selama empat hari, SANDHAL mengadakan workshop mengenai Raspberry Pi dengan mengusung tema “Be Creative with Raspberry Pi”. Dengan adanya workshop ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan daya pikir kreatif dalam perkembangan dunia IT, mempunyai kreasi dengan adanya Raspberry Pi, dan lebih mengenal mengenai Raspberry Pi.

Workshop ini berlangsung di Laboratorium Jaringan Komputer kampus III Paingan Universitas Sanata Dharma, dengan agenda:

  1. Senin, 17 Novenber 2014; Pengenalan, Instalasi Hardware dan Instalasi Sistem Operasi.
  2. Jumat, 21 November 2014; Perintah Dasar dan Instalasi Aplikasi menggunakan CLI/terminal.
  3. Senin, 24 November 2014; Programming dengan Scrath, Phyton, dan java .
  4. Jumat, 28 November 2014; Programming dengan GPIO (LED/switch).

Kegiatan workshop ini diselenggarakan hanya untuk mahasiswa Universitas Sanata Dharma anggota SANDHAL dan anggota SaOS (Sanata Dharma Open Source). Workshop ini mengupas secara mendalam mengenai  Raspberry Pi sampai pada penggunaan yang bisa direalisasikan pada komputer yang mungil. Dengan menggunakan sistem operasi berbasis open source, kita pun bisa mengenal dan belajar bagaimana mengoperasikan sistem operasi yang berlabel gratis tersebut. Alat sekecil kartu kredit itu ternyata mampu membuat sesuatu yang jauh melebihi penampilan fisiknya, maka dari itu diharapkan akan muncl ide-ide baru yang penuh kreasi sebagai hasil workshop demi kemajuan IT. (Alexander Ryo)

hal. 1  2  3  4  
© 2017 - Teknik Informatika - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta   | 2 user(s) online