Universitas Sanata Dharma

Fakultas Sains dan Teknologi

Loading

PROFILE

Sejarah

 

Sejarah singkat Fakultas Sains dan Teknologi

Fakultas MIPA dan Teknik sebagai embrio Fakultas Sains dan Teknologi

Tanggal 1 Agustus 2007 adalah diresmikannya Fakultas Sains dan Teknologi USD yang merupakan metamorfosis dari Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik. Berdirinya Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) tidak dapat dipisahkan dari pemikiran para pengelola IKIP Sanata Dharma Yogyakarta yang sampai saat itu hanya memfokuskan diri pada pendidikan calon guru, untuk mengembangkan pelayanannya di luar bidang pendidikan guru. Usaha tersebut mendapat dukungan dari Yayasan Sanata Dharma, sebagai pemilik IKIP Sanata Dharma, untuk mengubah IKIP Sanata Dharma menjadi Universitas Sanata Dharma. Selanjutnya Rektor IKIP Sanata Dharma yang waktu itu dijabat oleh Drs. A. Tutoyo, M.Sc. membentuk tim untuk mengembangkan bidang keteknikan, disamping tim-tim yang mengembangkan bidang lainnya.

Meskipun rencana awalnya adalah membuka Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur, tetapi tim akhirnya menanggapi anjuran Koordinator Kopertis Wilayah V untuk membuka Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Kimia yang merupakan pilar-pilar dari Teknik Industri.  Setelah menunggu waktu cukup lama, pada tanggal 20 April 1993 keluarlah Surat Keputusan dari Dirjen Dikti yang berisi pengalihan fungsi dari IKIP ke Universitas. Saat itulah Fakultas Teknik memulai kiprahnya dengan membuka Teknik Mesin dan Teknik Elektro dengan status terdaftar. Jumlah mahasiswa pertama kali sebanyak 76 orang dan kuliah pertama dimulai tanggal 1 September 1993 bertempat di Kampus Mrican. Sedangkan berdirinya Fakultas MIPA tidak terlepas dari perkembangan bidang IPTEK perlu dikuasai oleh bangsa Indonesia dengan dukungan penguasaan ilmu-ilmu dasar seperti Matematika, Fisika dan Ilmu Komputer. Kegiatan selanjutnya adalah upaya untuk mencari dosen guna memenuhi kebutuhan di Fakultas yang baru ini.

Sampai dengan pertengahan tahun 2007  Fakultas Teknik memiliki empat Program Studi yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Mekatronika sedangkan Fakultas MIPA memiliki tiga Program Studi yaitu Matematika, Fisika dan Ilmu Komputer. Jumlah mahasiswa aktif FST sebanyak 1441  orang dan telah meluluskan baik program sarjana maupun diploma sebanyak 2366 alumni diampu oleh tenaga dosen berjumlah 72 orang.

 

hal. 1  2  
 
© 2019 - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 4 user(s) online