Universitas Sanata Dharma

Fakultas Sains dan Teknologi

Loading

BERITA KEGIATAN

Program Pendampingan Lomba Matematika Program Studi Matematika USD di SMA Bopkri 1 Yogyakarta
Matematika | 21 November 2020

       Cukup banyak alumni Universitas Sanata Dharma dari program studi Pendidikan Matematika maupun program studi Matematika yang berkarir sebagai guru matematika di tingkat sekolah. Keberadaan para alumni inilah yang memungkinkan terjadinya kerja sama lebih lanjut antara USD dengan sekolah-sekolah, salah satunya adalah SMA Bopkri 1 Yogyakarta, atau yang biasa dikenal dengan singkatan SMA BoSa. Beberapa guru matematika SMA Bopkri 1 Yogyakarta merupakan alumni USD, di antaranya bapak Yokhanan Ardika, M.Pd. dan bapak Gregorius Aditya Wibisono, S.Pd.

       Pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 program studi Matematika USD melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Bopkri 1 Yogyakarta dengan program kegiatan pendampingan lomba matematika untuk para siswa. SMA Bopkri 1 Yogyakarta mempersiapkan beberapa siswa potensial untuk mengikuti berbagai macam lomba matematika tingkat SMA. Awalnya tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk persiapan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN), tetapi kemudian para siswa tersebut juga diikutkan ke berbagai lomba lain. Kegiatan pendampingan dilaksanakan pada sore hari setelah jam pelajaran reguler selesai selama kurang lebih satu setengah jam.

       Adapun dosen-dosen prodi Matematika USD yang terlibat dalam kegiatan pendampingan ini adalah bapak Dr.rer.nat. Herry Pribawanto Suryawan, bapak Hartono, Ph.D. dan bapak Ricky Aditya, M.Sc. Selain dosen, ada juga dua orang mahasiswa aktif program studi Matematika USD yang ikut membantu dalam memberikan materi, yaitu Yulius Nuky Canny Widargo dan Gabriel Fransiscoli Sipayung. Kedua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa semester akhir dan berpengalaman mengikuti lomba-lomba matematika tingkat mahasiswa. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini didanai melalui hibah PkMPU LPPM USD tahun 2020.

       Secara keseluruhan kegiatan pendampingan ini berjalan sebanyak tujuh sesi antara akhir Januari 2020 hingga akhir Februari 2020. Sebagian besar materi yang diberikan adalah materi-materi standar KSN, di antaranya Aljabar, Kombinatorika, Teori Bilangan dan Geometri. Masing-masing bidang memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Ada beberapa bidang yang konsepnya belum diajarkan dalam kurikulum SMA dan ada juga yang konsepnya sudah diberikan di sekolah tetapi variasi soalnya cukup banyak. Oleh karena itu materi sesi pendampingan ini merupakan campuran antara konsep dan latihan soal.

       Melalui kegiatan pendampingan ini SMA Bopkri 1 Yogyakarta mengharapkan supaya para siswanya memiliki persiapan yang lebih matang untuk menghadapi berbagai macam lomba matematika tingkat SMA. Bantuan dari para dosen ini mendapat apresiasi positif dari para guru di SMA Bopkri 1 Yogyakarta, yang juga mendapat tambahan pengalaman untuk materi-materi standar KSN Matematika. Diharapkan juga supaya kegiatan ini dapat berlanjut pada tahun-tahun ajaran berikutnya dan para siswa dapat meraih prestasi dalam lomba-lomba yang diikuti.

lihat berita Matematika lainnya>>
hal. 1  2  3  4  5  ...  8
 
© 2020 - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  | 1 user(s) online