Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadPuskalokaKontak

Kemahasiswaan

Workshop Bedah Jurnal 2020

      Pandemi yang saat ini sedang terjadi memang menyulitkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa. Di tengah kesulitan tersebut, mahasiswa dituntut untuk tetap dapat mengembangkan diri, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Salah satu kebutuhan mahasiswa dalam pengembangan diri di bidang akademik adalah keterampilan mencari dan memanfaatkan jurnal sebagai kajian ilmu pengetahuan. Keterampilan tersebut tentu menjadi sangat krusial bagi mahasiswa di tengah banyaknya tugas kuliah yang membutuhkan jurnal sebagai sumber acuan. Berdasarkan angket yang disebar oleh Komisi C DPMF Psikologi Universitas Sanata Dharma, diperoleh hasil berupa 89 persen dari 92 mahasiswa angkatan 2017 hingga 2019 membutuhkan bantuan untuk melakukan kajian jurnal dengan workshopdalam jaringan (daring). Untuk menjawab kebutuhan mahasiswa tersebut, Divisi PSDM BEMF Psikologi Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan kegiatan Workshop Bedah Jurnal.

        Foto dokumentasi peserta

Workshop Bedah Jurnal tahun ini mengambil tema “Keep Analyzing, Keep Growing” dengan harapan agar teman-teman mahasiswa dapat mengkritisi dan menganalisis jurnal secara tepat, serta mampu mengembangkan dan memanfaatkannya dengan maksimal terkait spesialisasi ilmu. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 September 2020 yang lalu, dan diikuti oleh 60 peserta yang merupakan mahasiswa angkatan 2017 hingga 2019. Meski dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta dalam mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Antusiasme peserta juga sudah terlihat sejak pendaftaran dibuka, di mana hanya dalam kurun waktu 18 jam kuota peserta sudah langsung terpenuhi. Workshop Bedah Jurnal tahun ini turut mengundang Bu Monica Eviandaru Madyaningrum, Ph.D atau biasa yang kita kenal dengan sapaan Bu Monic sebagai pembicara.

       Foto dokumentasi peserta

Kegiatan Workshop Bedah Jurnal dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan salam pembuka dari Debora selaku Master of Ceremony (MC), kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Nitya sebagai ketua panitia dan Reva sebagai gubernur BEMF. Tak lupa juga, MC membacakan panduan teknis dan tata tertib sebelum sesi utama dimulai. Berikutnya adalah perkenalan moderator dan pembicara yang kemudian diikuti dengan sesi utama, yaitu penjelasan materi oleh Bu Monic. Dalam sesi tersebut, pembicara menjelaskan secara sistematis dan jelas mengenai cara mencari dan membedah jurnal yang tepat dengan bantuan tampilan PowerPoint. Setelah sesi penjelasan materi selesai, dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh Jovina selaku moderator acara. Selain terdapat sesi materi, terdapat pula sesi praktik atau mentoring bersama para mentor yang merupakan mahasiswa angkatan 2016. Para mentor yang terlibat adalah Belinda, Dewi, Dicki, Dinda, Erick, dan Sinta. Dalam sesi ini, para peserta dibagi menjadi enam kelompok di mana masing-masing kelompok terdiri dari sepuluh peserta dan satu mentor. Masing-masing kelompok telah diberikan satu jurnal untuk dibaca dan di-review sebelum kegiatan berlangsung. Pada sesi mentoring, para mentor bertugas untuk memberikan penjelasan kepada peserta yang kemudian dilanjutkan dengan bimbingan dalam praktik membedah jurnal. Kegiatan selesai pada pukul 12.45 WIB yang ditutup dengan pemberian doorprize untuk dua orang peserta yang beruntung dan foto virtual bersama.

      Foto dokumentasi bersama mentor

Meski beberapa peserta dan panitia sempat mengalami gangguan jaringan, hal tersebut tidak menjadi kendala yang berarti, sehingga secara keseluruhan kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir. Anggara, salah satu panitia workshop merasa bahwa kegiatan ini sudah sangat bagus dan berisi, serta juga tidak ngaret. Namun, ia sangatmenyayangkan para peserta yang kurang aktif ketika diajak diskusi oleh pembicara. Panitia lain, yaitu Tiara menyebutkan bahwa ia banyak belajar dari kepanitiaan ini dan merasa bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi kehidupan kuliahnya. Sedangkan dari pihak peserta, Shisi mengatakan bahwa kegiatan workshop ini dapat menambah pengetahuannya dalam mencari dan membaca jurnal. Peserta lain, yaitu Detta menyebutkan bahwa pembicara dalam kegiatan ini sangat menguasai bidangnya dan menyampaikan materi dengan jelas, sehingga mudah dicerna olehnya. Kedua peserta tersebut juga menyarankan agar kegiatan serupa dapat diselenggarakan lagi tahun depan karena akan sangat membantu teman-teman mahasiswa lain yang belum pernah mengikutinya.

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
hal. 1  
 
© 2020 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  5 user(s) online