Universitas Sanata Dharma

Fakultas Psikologi

Loading
HomeProfileBeritaAgendaFasilitasAkademikInfo AkademikDownloadPuskalokaKontak

Info Akademik

PPKM 2 FAKULTAS PSIKOLOGI ANGKATAN 2011

A.      LATAR BELAKANG DAN TUJUAN KEGIATAN

Mahasiswa angkatan 2011 adalah mahasiswa yang akan memasuki semester perkuliahan ke tiga. Sebelumnya, mahasiswa angkatan 2011 ini telah mendapatkan PPKM 1 yang lebih memberikan latihan pengelolaan diri atau ketrampilan intrapersonal. Sejalan dengan visi dan misi Universitas Sanata Dharma yang menekankan pada kepedulian sosial dan kekhasan Fakultas PSikologi USD yang menekankan pentingnya komunikasi, maka mahasiswa juga perlu untuk mengasah ketrampilan interpersonal.

Bentuk kegiatan berupa Live In akan dipertahankan mengingat evaluasi terhadap kegiatan ini sangat baik, terutama dalam membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman membangun relasi dan mempertajam kepekaan akan kebutuhan masyarakat. Selanjutnya, berdasarkan hasil survey PPKM 2 angkatan 2011, diperoleh banyak masukan dari mahasiswa bahwa PPKM 2 sebaiknya juga dikemas dalam sebuah aksi atau kegiatan riil, seperti  bakti sosial, kunjungan ke panti, donor darah, pentas seni, bersih lingkungan, dan lain-lain. Maka, selain untuk mengasah ketrampilan interpersonal atau berkomunikasi, melalui kegiatan PPKM 2, mahasiswa juga perlu diberi kesempatan atau ruang untuk menjalankan aspirasinya. 

Berdasarkan latar belakang atau pertimbangan di atas, maka selain dalam bentuk Live-In seperti PPKM di tahun sebelumnya, dalam PPKM 2 ini, mahasiswa juga akan melaksanakan suatu kegiatan atau proyek sesuai minat. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, PPKM 2 angkatan 2011 ditujukan untuk;

1.       Berlatih membangun relasi dan komunikasi dengan warga masyarakat

Dalam kegiatan live in, mahasiswa dituntut untuk dapat menjalin relasi dan turut berdinamika bersama warga di lokasi live-in. Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat belajar dari pengalaman membangun relasi dan berkomunikasi dengan orang lain di tengah masyarakat.

2.       Mempertajam kepekaan dan kepedulian sosial

Melalui pertemuan dengan warga dan pengamatan terhadap kehidupan riil di lokasi live-in, mahasiswa dapat melihat dan merasakan secara langsung kondisi dan permasalahan yang ada di engah masyarakat. Mahasiswa juga dapat belajar untuk menangkap kebutuhan yang ada, secara khusus pada warga di lokasi live-in.

3.       Meningkatkan ketrampilan bekerja sama dalam tim

Untuk menyusun suatu perencanaan dan melaksanakan kegiatan secara kelompok, diperlukan latihan untuk bekerja sama dalam tim. Diharapkan para mahasiswa dapat berlatih berkomunikasi dengan baik, menyampaikan dan mendengarkan pendapat teman lain, bersikap win-win, dan bersinergi dengan menyumbangkan kemampuannya masing-masing.

4.       Aktualisasi potensi, minat, atau bakat mahasiswa

Formasi kelompok-kelompok kerja didasarkan pada kesamaan minat, hobi, atau bakat mahasiswa. Kegiatan yang dipilih juga diharapkan sesuai dengan minat kelompok, misalnya kelompok mahasiswa yang berminat di bidang fotografi dapat membuat proyek pameran foto, kelompok sinematografi membuat suatu klip atau film, kelompok kegiatan sosial dapat menyelenggarakan kunjungan ke panti.

5.       Meningkatkan ketrampilan menulis

Mahasiswa diminta untuk menyusun suatu proposal dan laporan pertanggungjawaban kegiatan. Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi para mahsiswa untuk belajar membuat perencanaan dan terutama belajar menulis.

 

 

B.      Pelaksanaan Kegiatan

PPKM 2 Angkatan 2011 Fakultas Psikologi meliputi dua kegiatan, yaitu :

1.       Live In

Live in akan diselenggarakan pada tanggal 13-16 Juli 2012, berlokasi di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Mahasiswa akan tinggal bersama warga, dengan dua mahasiswa di setiap rumah, dan akan berkegiatan bersama anggota keluarga, menyesuaikan diri dengan keseharian warga.  Pengalaman sehari-hari berdinamika dengan warga akan direfleksikan setiap hari di malam hari dengan didampingi oleh para koordinator lapangan (panitia mahasiswa).

2.       Proyek Kelompok Minat

a.       Penyusunan proposal proyek

Penyusunan proposal akan diselenggarakan dalam bentuk workshop pada tanggal tanggal 9 Juli 2012. Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok sesuai dengan minat yang dimiliki, misalnya minat seni teater, fotografi, sinematografi, berkegiatan sosial, jurnalistik, dll. (satu kelompok terdiri dari 5 orang). Pada hari PPKM, dengan didampingi oleh para dosen pembimbing akademik, kelompok-kelompok ini diminta untuk menyusun suatu proposal kegiatan secara baku, mulai dari merumuskan tema, latar belakang dan sasaran kegiatan hingga menyusun rencana pelaksanaan dan perlengkapan yang diperlukan.

b.      Pelaksanaan proyek

Waktu pelaksanaan kegiatan diserahkan pada keputusan kelompok-kelompok kerja, dengan batas waktu hingga minggu ke-2 masa perkuliahan semester ganjil TA 2012/2013.

c.       Pelaporan  proyek

Pelaporan kegiatan dilakukan dengan menyusun suatu laporan pertanggungjawaban secara tertulis. Batas waktu pengumpulan LPJ ini adalah pada tanggal 7 September 2012.

Sebagai catatan, sejauh memungkinkan proyek yang diusulkan adalah proyek atau program yang dilakukan di lokasi live in (sasaran proyek adalah masyarakat di lokasi live in).

 

Dosen
Lowongan Kerja
Kemahasiswaan
Info Alumni
Beasiswa
Gallery
hal. 1  ...  5  6  7  8  
 
© 2020 - Fakultas Psikologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami  |  2 user(s) online